Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Jalan-jalan | Aug 25, 2018

5 Patung Buddha Paling Terkenal di Dunia

Bagikan


5 Patung Buddha Paling Terkenal di Dunia

Bangunan bersejarah di berbagai negara yang memiliki nilai arsitektur tinggi seringkali daya tarik tujuan wisata para turis dari berbagai negara. Tak jarang, warga lokal juga mengagumi dan ingin melihatnya secara langsung. Misalnya, patung Buddha dan bangunan khas umat Buddha dengan segala keindahan ornamen didalamnya yang menarik untuk dikunjungi.

Baca Juga : 5 Tips Super Penting Sebelum Traveling ke Luar Negeri

Seperti kita tahu, pahatan batu dan berbagai bahan lainnya didalamnya yang menjelma menjadi mahakarya seni sangat diminati wisatawan. Dan tak heran jika benda-benda yang berwujud patung menjadi objek wisata terkenal di dunia yang sering dikunjungi. Misalnya, patung Buddha berikut.

Terdapat berbagai bentuk dengan filosofi yang berbeda pula. Patung Buddha yang terkenal terdapat di beberapa vihara di sejumlah negara dan salah satunya adalah di Borobudur Indonesia.

Baca Juga : 5 Klenteng Bersejarah yang Bisa Dikunjungi di Jabodetabek

Selain Borobudur, inilah beberapa patung Buddha yang terkenal di dunia:

Borobudur

5 Patung Buddha Paling Terkenal di Dunia

Salah satu patung-patung Buddha yang terkenal di dunia rupanya berada Borobudur, Indonesia. Borobudur merupakan mahakarya dari para seniman kuno Indonesia, dimana semua patung Buddha yang berada di sini dibuat dalam posisi duduk dengan sikap tangan yang berbeda.

Sayangnya, dari 500 patung Buddha yang ada disini, 300 diantaranya telah rusak serta beberapa lainnya hilang. Sejak penemua kembali candi ini rupanya sudah banyak kolektoe gelap yang mencuri kepala patung Buddha.

Baca Juga : Ini 5 Tempat Seru untuk Menyaksikan Perayaan Imlek di Jabodetabek

Patung Buddha Zamrud

Patung Buddha Zamrud

Patung Buddha terkenal lainnya terdapat di sebuah Vihara terkenal di Bangkok, Wat Phra Kaew. Di Vihara ini terdapat patung Buddha Zamrud yang merupakan salah satu patung Buddha tertua dan paling terkenal di dunia.

Patung ini ternyata dibuat di India pada abad 43 SM, lalu pada abad ke-4M patung ini dibawa ke Sri Lanka oleh para biksu buddhis dan dibawa ke Thailand untuk dipindahkan ke Wat Phra Kaew di tahun 1779.

Buddha Agung Kamakura

5 Patung Buddha Paling Terkenal di Dunia

Dalam bahasa Jepang, Buddha Agung Kamakura biasa disebut Daibutsu Kamakura. Patung ini merupakan sebuah patung perunggu monumental dari Buddha Amitabha di Jepang.

Patung ini berdiri di atas tanah Kotokuin yang merupakan sebuah kuil buddhis aliran Tanah Suci. Tak hanya itu, patung Buddha ini juga merupakan salah satu ikon penting dalam pariwisata dan kehidupan sosial masyarakat Jepang.

Polonnaruwa

Patung Buddha Zamrud

Patung berikutnya terletak di Sri Lanka, dimana Polonnaruwa merupakan salah satu patung Buddha yang paling terkenal di dunia. Vihara batu ini dibuat oleh Parakramabahu Agung di abad 12 M.

Pada bagian tengah vihara terdapat 4 patung Buddha berukuran besar dan diantara ke-4 patung Buddha ini terdapat sebuah patung Buddha yang sedang berbaring sepanjang 14 meter bersama sebuah patung Buddha yang berdiri setinggi 7 meter.

Hussain Sagar Buddha  

Patung Buddha Zamrud

Patung Buddha yang satu ini terletak di tengah sebuah danau buatan di Hyderabad, India. Patung yang memiliki tinggi 17 meter dengan berat 320 ton ini merupakan patung monolitik terbesar di India.

Tak disangka, saat pemasangan patung Buddha pada tahun 1992, patung ini jatuh ke dalam danau dan menyebabkan kematian 8 orang pekerja. Pemerintah kemudian memperbaiki patung dan sekarang menjadi salah satu daya tarik wisatawan di kota Hyderabad.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.