Selebriti

SELEBRITI
21 September 2017

5 Pelajaran Bagi Orang Tua dari Film Home Alone

Ternyata film yang identik dengan liburan ini punya beberapa pesan positif untuk Mama dan suami
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Mengajarkan anak tentang kebaikan tak melulu harus dengan omongan. Bisa-bisa orang tua dibuat kesal karena sang anak tak mau mendengarkan. Ada kalanya, tayangan film bisa jadi cara yang lebih baik untuk mengajarkan anak tentang nilai kebaikan. Tak cuma untuk anak, orang tua juga bisa belajar bagaimana cara mendidik anak lewat tontonan yang menghibur ini.

Baca juga: Belajar dari Karakter Film Kartun

Salah satu film lawas yang bisa dijadikan referensi para orang tua dalam mendidik anak adalah Home Alone. Meski dianggap sudah usang, nyatanya film ini masih banyak peminatnya. Film inipun masih sering diputar di musim liburan. Lalu, pelajaran apa saja yang bisa diambil oleh orang tua dari film Home Alone?

  1. Anak Kecil Lebih Pintar dari yang Diperkirakan

Yang harus dipahami oleh orang tua, anak kecil itu lebih pintar dari yang diperkirakan. Film Home Alone menunjukkan saat di rumah sendiri, Kevin bisa mencukupi diri dengan memanfaatkan apapun yang ada di rumah. Karenanya, untuk para orang tua, jangan heran jika lemari pendingin di dapur tiba-tiba kosong. Bisa jadi sang anak sudah melakukan usaha untuk survive.

  1. Selalu Cari Jalan Keluar

Sebagai orang paling berkuasa di rumah, orang tua selalu dituntut untuk mencari solusi nyata atas masalah yang terjadi dalam rumah. Berbeda dengan ibu Kevin yang cenderung ragu dan pelupa.

  1. Anak Juga Butuh Waktu untuk Sendiri

Yang mungkin tidak disadari oleh para orang tua adalah kebutuhan psikologis anak. Pada saat tertentu, anak juga butuh waktu sendiri atau me time. Sayangnya, orang tua belum bisa membaca keadaan seperti ini sehingga sang anak jadi ngambek. Oleh karena itu, kepekaan orang tua dalam membaca situasi juga sangat diperlukan.

  1. Bersosialisasi dengan Tetangga

Film Home Alone seolah jadi sindiran karena kurangnya sosialisasi pada tetangga. Sebagai orang yang paling dekat dengan rumah, ada baiknya orang tua membuka hubungan dengan sekitar. Ada banyak manfaat dari terbukanya hubungan dengan tetangga. Salah satunya bisa menitipkan kunci rumah atau bahkan menitipkan anak jika perlu.

  1. Selalu Ada Kesempatan untuk Meminta Maaf

Home Alone juga mengajarkan pada orang tua bahwa terkadang meminta maaf pada anak juga diperlukan guna memperbaiki hubungan keluarga. Ini terlihat saat ibu Kevin pulang lalu meminta maaf pada Kevin setelah lupa mengajaknya. Memang diperlukan sikap besar hati dari orang tua, tapi ini diperlukan agar suasana rumah tangga tetap harmonis.

Dari semua pelajaran yang bisa diambil, semua kembali kepada Mama dan suami, apakah mau sedikit menurunkan ego atau tidak. Pastinya, rumah tangga harmonis yang menjadi idaman tiap orang akan terjalin manakala hubungan tiap anggota keluarga terjalin dengan baik.

(RIA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait