Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Kesehatan Balita | Dec 25, 2018

5 Pengaruh Sentuhan Penuh Kasih Sayang Bagi Perkembangan Balita

Bagikan


Pengaruh sentuhan bagi balita ternyata lebih dari sekedar menenangkan lho, Moms. Apalagi kalau Moms rajin memberikan sentuhan penuh kasih sayang seperti belaian lembut, pelukan, kecupan hangat, atau genggaman tangan.

Sebenarnya tidak mengherankan Moms, karena sentuhan adalah “bahasa” pertama setiap anak sejak masih dalam kandungan. Berbagai hasil studi juga sudah mengakui peran besar sentuhan bagi perkembangan balita.

Baca Juga : 4 Hal yang Membuat Anak Kecanduan Gadget

Nah, berikut adalah pengaruh sentuhan bagi balita yang perlu Moms tahu.

Mendorong Perkembangan Otak

Babytula-australia.com

Saat menerima sentuhan lembut dan penuh kasih sayang dari Moms, tubuh balita akan merespon dengan melepaskan hormon oksitosin yang membuat balita merasa aman dan nyaman. Kondisi inilah yang membantu otak balita berkembang optimal tanpa hambatan.

Dari hasil studi oleh Washington University School of Medicine juga terungkap fakta bahwa anak yang sering menerima sentuhan penuh kasih sayang memiliki ukuran hippocampus (bagian otak berkaitan dengan ingatan, kognitif, dan respon stress) 10% lebih besar ketimbang anak yang orang tuanya cuek lho, Moms.

Mendorong Pertumbuhan Fisik Optimal

Pinterest.com

Selain oksitosin, sentuhan penuh kasih sayang juga meningkatkan produksi hormon pertumbuhan lain seperti IGF-1 dan nerve growth factor (NGF) yang berperan besar dalam perkembangan balita.

Baca Juga : 3 Produk Pemicu Gangguan Kulit pada Balita yang Sering Digunakan Sehari-hari

Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Themamanotes.com

Moms ingin perkembangan balita terus lancar tanpa hambatan? Peningkatan kadar hormon oksitosin saat buah hati menerima sentuhan penuh kasih sayang juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anak sehingga tidak mudah sakit.

Selain itu, tingkat plasma hormon tiroid juga ikut menurun sehingga luka yang dialami Si Kecil bisa sembuh lebih cepat.

Mengeratkan Ikatan Orang Tua dan Anak

GNRhealth.com

Menurut Touch Research Institute Miami, pengaruh sentuhan bagi balita yang paling terasa adalah bertambah eratnya ikatan emosional antara orang tua dan anak. Moms juga pasti merasakannya, kan?

Ternyata ini bisa terjadi karena sentuhan kasih sayang dari Moms membuat tubuh balita melepaskan berbagai hormon seperti endorfin, dopamin, serotonin, enkefalin, dan tentu saja oksitosin.

Semua hormon tadi secara alami akan meredam rasa takut dan cemas, serta disaat yang bersamaan menumbuhkan perasaan cinta, aman, dan nyaman. Itulah kenapa balita yang sering menerima sentuhan penuh kasih sayang akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri, tangguh, dan penuh empati.

Mengajarkan Batasan Pribadi

Romper.com

Salah satu hal penting untuk melindungi buah hati dari bahaya pelecehan seksual adalah dengan sejak dini mengajarkannya membedakan sentuhan baik dan sentuhan tidak baik.

Sambil memeluk atau membelai buah hati, Moms bisa mencontohkan langsung kalau sentuhan baik adalah sentuhan penuh kasih sayang yang membuatnya merasa hangat, aman, nyaman, dan dicintai. Sedangkan sentuhan tidak baik adalah sentuhan yang membuatnya merasa takut, jijik, dan tidak nyaman.

Wah, jadi semakin bertambah saja alasan untuk memberikan sentuhan penuh kasih sayang untuk si buah hati yang menggemaskan ya, Moms. Jadi penasaran, apa sih bentuk sentuhan yang paling sering Moms berikan untuk Si Kecil?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.