Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

5 Pengobatan Alami untuk Sembelit Bagi Ibu Hamil

Bagikan


Saat hamil kerap ada saja gangguan yang dialami oleh Moms, yang sebenarnya wajar karena tubuh sedang beradaptasi dengan hal yang baru yaitu janin yang sedang tumbuh dan berkembang. Meski terbilang wajar, ada beberapa hal yang tak jarang menggangu aktivitas Moms seperti sembelit.

Pada ibu hamil, sembelit termasuk hal yang sering terjadi. Di mana hal ini terjadi karena perubahan kehamilan yang cepat yang lalu membuat gerakan usus menjadi lambat sehingga Moms tak bisa atau sulit buang air besar. Dalam mengatasinya, sebaiknya gunakanlah cara-cara yang alami seperti:

Konsumsi Serat

Saat sembelit, Moms dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang tentunya tak membahayakan namun tetap mengandung serat, seperti buah-buahan dan sayur. Moms dapat mengkonsumsi sayur bayam, wortel, mangga, pepaya,juga tomat, karena memiliki banyak serat.

Minum Air Putih

Khasiat air putih memang sangat banyak, air putih sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya untuk membuat tubuh terhindar dari dehidrasi. Seorang ibu hamil diharuskan minum air putih sebanyak 8 gelas tiap harinya. Cairan tubuh yang cukup akan menjadikan feses lebih lunak sehingga mudah untuk buang air besar dan mengurangi risiko sembelit.

Baca juga: 6 Perawatan Kecantikan Saat Hamil yang Aman Untuk Janin

Olahraga

Dengan olahraga yang cukup dan dilakukan secara rutin, tak hanya akan bermanfaat bagi kesehatan Moms dan janin. Lebih jauh, olahraga dapat mencegah terjadinya sembelit susah buang air besar.

Terdapat banyak sekali jenis olahraga yang cocok dilakukan oleh ibu hamil, seperti seperti, berenang, jalan santai, dan lain-lain. Selain itu, senam kagel juga bisa dilakukan, di mana senam kagel adalah jenis olahraga yang memudahkan rektum dalam mendorong feses sehingga sembelit dapat teratasi.

Suplemen

Saat hamil, dokter memang menganjurkan ibu hamil menkonsumsi suplemen yang mudah larut sehingga menghindari kejadian yang tidak diinginkan di kemudian hari. Salah satu suplemen yang tidak dibenarkan untuk digunakan oleh ibu hamil yang sedang mengandung adalah penggunaan antasida. Hal ini dikarenakan karena suplemen dengan jenis ini mengandung alumunium yang dapat mempersulit dalam buang air besar.

Baca juga: Mengatasi Heartburn dan 3 Manfaat Lain Madu untuk Kesehatan Ibu Hamil

Aromaterapi

Aromaterapi bisa jadi hanya terkenal sebagai aroma saja, namun ternyata juga bisa mengatasi sembelit pada ibu hamil. Aromaterapi dengan aroma seperti jeruk manis, jeruk nipis, lemon, dan anggur bisa digunakan secara bersamaan.

Caranya mudah, cukup dengan mencampur semua minyak tersebut kemudian panggang sebentar dan campurkan dengan air untuk mandi. Moms juga bisa menggunakan air untuk mandi tapi bukan untuk berendam. Pijatan lembut pada semua bagian tubuh bisa membuat sembelit ibu hamil sembuh.

Coba cara-car ini agar buang air besar jadi lebih lancar ya, Moms!

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.