Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Health | Jul 25, 2018

5 Penyakit Ini Dapat Dideteksi Melalui Tangan

Bagikan



Tahukah Moms bahwa sebenarnya ada beberapa penyakit yang dapat dideteksi dengan mudah melalui tangan, lho.

Penyakit seperti apa dan bagaimana cara mendeteksinya ya? Mari simak ulasannya berikut:

Tangan Gemetar

Tangan yang bergetar memang suatu hal sederhana yang banyak terjadi, seperti terlalu banyak kafein yang merupakan kandungan kopi, atau bisa juga terjadi karena efek samping obat tertentu seperti obat asma atau antidepresan.

Bila Moms mengalami hal seperti demikian, sebaiknya tak diabaikan. Tangan yang bergetar dapat diindikasikan sebagai gejala penyakit Parkinson.

Penyakit Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Maka segeralah periksakan kondisi Moms bila mengalami gejala tersebut.

Warna Kuku

Sebuah penelitian di India menemukan bahwa 100 pasien dengan penyakit ginjal kronis memiliki warna kuku yang berbeda.

Bagian bawah kuku berwarna putih sedangkan bagian atasnya berwarna cokelat. Kondisi kuku tersebut mungkin saja disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi hormon tertentu dan anemia kronis.

Segera temui dokter jika Moms memperhatikan kuku setengah dan setengah garis vertikal di bawah kuku. Karena selain penyakit ginjal, hal ini dapat pula diindikasikan sebagai kanker kulit. Jangan sampai Moms tak menyadari tanda-tanda lain dari kanker kulit yang tak terlihat pada kulit.

Baca Juga : Nyeri Pergelangan Tangan, Ini 4 Cara Mengatasinya

Kekuatan Genggaman

Saat seseorang memiliki daya genggam yang lemah pada tangan, maka seseorang tersebut memiliki risiko serangan jantung atau stroke yang lebih tinggi dan kemungkinan bertahan lebih rendah.

Para peneliti mengatakan bahwa kekuatan pegangan adalah penanda kekuatan dan kebugaran otot secara keseluruhan sehingga mereka merekomendasikan latihan kekuatan seluruh tubuh dan latihan aerobik untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Telapak Tangan Berkeringat

Tangan yang terlalu lembap atau basah bisa jadi gejala menopause, kondisi tiroid, serta hiperhidrosis, di mana kelenjar keringat terlalu banyak menyebabkan keringat lebih banyak dari yang diperlukan.

Kebanyakan orang dengan kondisi berkeringat hanya pada satu atau dua bagian tubuh, seperti ketiak, telapak tangan, atau kaki. Pada kondisi tersebut, dokter mungkin meresepkan antiperspirant yang kuat untuk mengurangi produksi keringat.

Sidik Jari

Hasil riset di Inggris telah melakukan riset pada 139 sidik jari, menemukan bahwa orang dengan pola whorl atau spiral pada satu atau beberapa jari lebih cenderung memiliki tekanan darah tinggi dibandingkan orang dengan lengkungan.

Semakin banyak jari dengan pola spiral yang dimiliki seseorang, maka semakin tinggi tekanan darahnya. Ujung jari merupakan penanda masalah perkembangan janin selama tahap kehamilan tertentu, yang dapat mempengaruhi tekanan darah di kemudian hari.

Itulah tadi beberapa gejala ringan yang dapat ditunjukkan oleh tangan Moms. ingat ya, sesederhana apapun gejalanya, jangan disepelekan. Karena bisa jadi, itu merupakan gejala kecil dari penyakit yang berbahaya.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.