Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Bayi | Mar 26, 2018

5 Penyakit yang Sering Dialami Bayi dalam 1 Tahun Pertama Kehidupannya

Bagikan


5 Penyakit yang Sering Dialami Bayi dalam 1 Tahun Pertama Kehidupannya

Tubuh Si Kecil terutama pada tahun pertama kelahirannya memang masih amat sensitif dan lemah.

Tak jarang mereka terserang berbagai macam penyakit yang terpapar dari udara, debu, penularan orang lain hingga makanan.

Baca Juga : Perlukah Bayi Diolesi Minyak Telon? Ternyata Banyak Manfaatnya Lho

Supaya tak panik, yuk, Moms mari kita sama-sama belajar mengenali penyakit apa saja yang kerap dialami Si Kecil dalam satu tahun pertama dan cara mengatasinya:

1. Batuk Pilek

Batuk dan pilek mungkin saja terjadi pada bayi baru lahir dimana penyebabnya adalah virus dari kelompok RNA (asam ribonukleat).

Gejala yang biasa muncul pada bayi jika mengalami batuk pilek adalah batuk dan hidung mengeluarkan cairan bening yang disertai demam.

Biasanya batuk pilek yang dialami bayi terjadi antara 2-3 hari. Namun, bila batuk pilek terjadi lebih dari 1 minggu, bisa biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri lanjutan.

Atasi hal ini dengan memberikan ASI dan hindari penggunaan botol. Sebab, gerakan bayi mengisap payudara akan menutup saluran eustachius yang menghubungkan hidung dengan telinga.

Kondisi ini akan memperkecil risiko terjadinya infeksi telinga oleh bakteri yang ada di hidung dan tenggorokan.

Ingatlah Moms, jangan asal memberi obat antibiotik, karena sebenarnya batuk pilek disebabkan oleh virus.

Konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter untuk tahu apakah ada bakteri yang menginfeksi bayi Moms.

Baca Juga : Sedang Musim Sakit, Ini Cara Mengobati Flu Pada Anak

2. Sesak Napas

Salah satu hal yang kerap dialami Si Kecil adalah sesak napas yang disebabkan oleh alergi atau infeksi yang menyebabkan peradangan paru-paru.

Tak hanya itu, sesak napas juga dapat terjadi karena adanya produksi lender yang berlebihan maupun kelenjar di belakang hidung.

Sesak napas ini ditandai dengan napas mereka yang mulai terlihat berat atau berbunyi dan disertai batuk.

Bila sesak napas ini terjadi akibat sumbatan lendir maka keluarkanlah dengan penguapan, menepuk punggung atau sedot dengan alat khusus.

Namun, jika cara tersebut tak meredakan sesak napasnya, maka segeralah bawa Si Kecil ke dokter, untuk mengetahui penyebabnya secara pasti. Waspada saat wajah Si Kecil terlihat kebiruan karena hal itu menandakan bahwa ia kekurangan oksigen.

Baca Juga : Anak Batuk Pilek, Jangan Asal Inhalasi Pakai Nebulizer!

3. Ruam

Ruam termasuk salah satu penyakit yang kerap terjadi pada Si Kecil, terutama ruam popok yang membuat kulitnya iritasi. Biasanya iritasi ini disebabkan oleh pemakaian popok yang tidak benar atau alergi terhadap popok.

Daerah bokong bayinya yang terus tertutup popok akan menjadi lembab dan menimbulkan masalah. akibatnya terjadi gesekan antara kulit lembut mereka dengan popok dan mulailah timbul ruam pada kulit.

Kondisi ini memerlukan penanganan cepat sebelum Si Kecil menjadi rewel dan ruam dapat melebar hingga lipatan paha, perut dan kemaluan bayi.

Penangangan tersebut dapat dilakukan dengan alirkan air ke arah bokongnya dan jangan menggosok kulitnya yang kemerahan, gunakan krim khusus yang mengandung zinc atau langsung konsultasikan pada dokter.

Baca Juga : Ini Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Ruam Popok Bayi

4. Penyakit Kuning

Sakit kuning atau jaudince biasanya akan membuat kulit dan mata Si Kecil menjadi kuning, penyakit ini sebetulnya tak berbahaya, namun Moms tetap perlu bahaya bila hal ini terjadi dalam waktu yang lama.

Penyebab penyakit kuning adalah meningkatnya zat bilirubin, yakni pigmen kuning yang dihasilkan oleh pemecahan hemoglobin di hati, dalam darah. Dimana Kondisi tersebut bisa disebabkan karena kurangnya asupan ASI, gangguan fungsi hati, atau kekurangan enzim G6PD.

5. Sembelit

Sembelit juga dapat terjadi pada Si Kecil, dimana biasanya terjadi karena Si Kecil kekurangan cairan atau akibat perubahan makanan dan dimulainya pemberian makanan padat pertama.

Baca Juga : Makanan Ini Justru Sebabkan Bayi Sembelit

Waspada jika sembelit masih terjadi sampai lebih dari satu bulan. Bila Si Kecil mengalami sembelit maka atasi dengan: memberikan cairan yang cukup, berikan ASI dang anti susu formula dengan susu formula nabati, pijat perut dengan lembut dan jangan memberikan obat pencahat.

Konsultasikanlah dengan dokter untuk mengatasinya dengan cara yang aman.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.