Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
10 Mei 2020

Yuk, Berikan 5 Permainan Anak Kekinian Ini!

Berikan mainan kekinian namun tetap edukatif ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Seiring perkembangan teknologi dan informasi, mainan yang Moms dan Dads berikan ke anak-anak kini juga mengalami perubahan.

Tidak lagi sembarangan, mainan edukasi lebih banyak dipilih untuk anak-anak karena selain asyik dimainkan oleh anak-anak, permainan jenis ini juga menyimpan fungsi edukasi yang membantu perkembangan anak menjadi lebih cerdas dan optimal.

5 Permainan Anak Kekinian

Mengikuti perkembangan zaman, mainan edukasi pun akhirnya disesuaikan dengan tren masa kini.

Sebagai generasi baru yang sejak lahir sudah terpapar kemajuan teknologi dan informasi, permainan anak juga tidak lepas dari gadget dan komputerisasi.

Walau masih ada mainan yang tak lekang oleh waktu seperti Lego, ada pula tren mainan edukasi yang belakangan populer berkat internet seperti Slime.

Lantas, apa saja permainan anak kekinian yang bisa Si Kecil mainkan?

1. Lego

5 Permainan Anak Kekinian 1.jpg

Foto: pixabay.com

Didirikan hampir 90 tahun yang lalu, Lego dikenal sebagai perusahaan mainan yang konsisten berinovasi dan mengikuti perkembangan tren di dunia. Menurut The Scots College, bermain Lego memiliki nilai edukasi yang tinggi untuk perkembangan anak.

Bermain Lego dapat melatih otot motorik halus anak-anak, mendukung kegiatan kerjasama dalam tim, meningkatkan kreativitas, dan mengembangkan intuisi anak untuk menyelesaikan masalah secara matematis.

Tak hanya itu, rutin bermain Lego pun bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi, melatih ketekunan, meningkatkan kepercayaan diri, serta mengembangkan kemampuan anak untuk melakukan perencanaan dengan baik.

Baca Juga: Puzzle, Mainan Edukatif untuk Mengasah Otak Anak

2. Slime

5 Permainan Anak Kekinian 2.jpg

Foto: pixabay.com

Permainan anak kekinian satu ini melibatkan peran Moms dan Dads sebagai orang tua untuk ikut bereksperimen, mencampurkan bahan, dan memperkenalkan sedikit ilmu fisika dan kimia.

Bukan benda padat, namun juga bukan cairan, Slime sangat menarik untuk dilihat, dipegang, dan dimain-mainkan.

Saat bermain slime, Si Kecil pun pasti memiliki banyak pertanyaan untuk Moms dan Dads. Untuk itu, ada baiknya sedikit mempersiapkan diri dengan membaca beberapa artikel tentang Slime.

3. TikTok

Permainan Anak Kekinian 3.jpg

Foto: freepik.com

Batas umur minimum untuk menggunakan aplikasi TikTok adalah 15 tahun, sehingga untuk anak-anak di bawah umur wajib didampingi Moms dan Dads. Aplikasi buatan negeri bambu ini sudah menjadi permainan anak kekinian yang wajib ada di smartphone.

Bukan rahasia lagi bahwa aplikasi ini menyediakan dan terus menambah koleksi filter wajah yang lucu-lucu dan menggemaskan untuk digunakan bersama kamera smartphone Moms dan Dads.

Tidak hanya itu, aplikasi ini merupakan jendela informasi musik dan lagu kekinian yang sedang digandrungi. Agar aman untuk anak-anak, Moms dan Dads tidak boleh lupa untuk mengatur peraturan privasi dan aplikasi agar lebih aman digunakan, ya.

Baca Juga: Tips Memilih Mainan yang Aman untuk Anak

4. Video Game

5 Permainan Anak Kekinian 4.jpg

Foto: pixabay.com

Tidak melulu buruk dan membuat kecanduan, video game yang tepat dapat membantu Moms dan Dads membimbing anak-anak belajar dan berkembang.

Bukan sembarang video game, tetapi video game edukasi, dapat mengembangkan kosakata anak, mengasah kemampuan matematis, mengembangkan sisi kreatif, dan latihan problem solving lainnya.

Contoh video game paling populer yang edukatif adalah Minecraft, SimCity, dan RocketMath.

5. Superhero dan Karakter Lainnya

5 Permainan Anak Kekinian 5.jpg

Foto: pixabay.com

Sejak dini, anak-anak akan sangat tertarik pada tokoh-tokoh fiksi yang memiliki kekuatan super, menggemaskan, atau cerita-cerita petualangan yang heroik.

Kelanjutannya, Si Kecil ingin selalu bersama dan dikelilingi oleh tokoh-tokoh kesukaannya tersebut. Moms dan Dads bisa memilih dengan bijak dari banyaknya mainan yang dirilis. Pilihlah mainan yang memberikan nilai edukasi ketika dimainkan.

Permainan anak kekinian yang berkolaborasi dengan karakter superhero atau karakter populer lainnya akan membuat anak lebih bersemangat dan tertarik untuk bermain.

Selain mainan dan merchandise, anak-anak juga akan cenderung bermain peran bersama saudara atau teman-temannya. Moms dan Dads dapat mengawasi dan membimbing anak-anak agar bermain dengan aman dan memastikan tidak ada yang cedera, serta mengajak anak-anak menerapkan nilai-nilai yang dibawa oleh cerita superhero seperti keadilan, kerjasama, empati, kerja keras, dan lain-lain.

Baca Juga: Trik Membeli Mainan Anak yang Aman dan Sesuai Dengan Usianya

Bukan cuma permainan anak-anak yang semakin kekinian, tetapi Moms dan Dads sebagai orang tua juga diajak untuk terus ikut perkembangan teknologi dan informasi. Karena kalau bukan Moms dan Dads yang membimbing buah hati tercinta, siapa lagi?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait