Karier & Keuangan

18 Januari 2021

5 Pilihan Pekerjaan untuk Full-Time Moms di Rumah

Untuk para full time Moms di rumah, ini dia beberapa ide pekerjaan yang bisa Moms coba tanpa meninggalkan anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Setelah menikah, tidak jarang perempuan memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya lantaran ada tanggung jawab baru, yaitu mengurus suami dan anak kelak. Hal ini bisa jadi keputusan yang bagus, bisa juga tidak.

Tidak jarang juga perempuan yang mungkin memutuskan keluar dari pekerjaannya yang sudah tinggi jabatannya, sudah memiliki rencana lain untuk masa depannya dan keluarga.

Apalagi Moms termasuk seorang workaholic atau perempuan karir, pasti ada tujuan lain yang ingin Moms capai setelahnya. Misalnya saja membuka sebuah usaha rumahan atau entrepreneurship dalam mengisi waktu luang sambil mengurus rumah tangga.

Nah, untuk Moms cerdas yang akhirnya memutuskan untuk bekerja sebagai full-time Moms atau ibu rumah tangga, ada beberapa pekerjaan yang mungkin bisa membantu Moms. Simak, yuk.

Baca Juga: 4 Sociopreneur Indonesia yang Menginspirasi

1. Berbisnis Online

ibu1

Foto: redefiningmom.com

Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa berjualan online bisa mendatangkan penghasilan puluhan bahkan ratusan juta perbulan. Wow, nilai yang sangat fantastis bila dibandingkan dengan gaji kita bekerja di perusahaan.

Meskipun sudah menjadi ibu rumah tangga, bukan berarti kita tidak bisa berkarir dan menghasilkan uang. Moms bisa coba dengan berjualan barang yang sedang ramai di pasaran misalnya berjualan hijab.

Atau mungkin menjual barang dari hobi Moms, misalnya berjualan kalung atau gelang buatan tangan. Hasil yang didapatkan jika Moms konsisten, akan menghasilkan nilai yang mengejutkan.

Baca Juga: 3 Cara Menjadi Ibu yang Bahagia, Bisa Ditiru!


2. Nge-blog

ibu2

Foto: appen.com

Moms suka bercerita, atau dulunya merupakan seorang penulis? Ngeblog juga bisa mendatangkan penghasilan lho, Moms.

Moms bisa mulai dengan menceritakan kegiatan sehari-hari Moms sebagai ibu rumah tangga, lalu memberikan tips-tips rumah tangga, resep masakan, hingga rekomendasi produk untuk Si Kecil misalnya.

Jika Moms konsisten dalam menulis, dijamin akan membawa penghasilan. Moms pun tidak perlu setiap hari menulis. Menulislah di waktu kosong, atau tetapkan misalnya satu minggu sekali atau satu minggu dua kali.


3. Menjadi Seorang Novelis

ibu3

Foto: hongkongmoms.com.hk

Menjadi seorang novelis juga mungkin lho untuk Moms yang hobi menulis. Jika Moms sudah menekuni dunia tulis menulis sejak dulu dan berimpian untuk menerbitkan sebuah novel, pasti akan bisa terwujud jika Moms berusaha terus.

Menjadi novelis berbeda dengan seorang blogger. Seorang novelis bisa mendapatkan penghasilan jangka panjang untuk sebuah novel yang diterbitkan, dari royalti yang diberikan si penerbit. Penghasilan ini dinamakan income pasif.


4. Menjadi Freelancer

Sekarang menjadi seorang freelancer tidak lagi sesulit dulu. Jika ada beberapa kerabat atau teman yang mengetahui keahlian kita, bukan tidak mungkin pintu rejeki juga akan datang melalui orang-orang di sekitar kita.

Pekerjaan freelance seperti ini, cocok untuk Moms yang tidak suka rutin atau konsisten menulis blog, sehingga pekerjaan Moms hanya berdasarkan project saja.

Baca Juga: 5 Mitos Bekerja di Rumah, Percaya atau Tidak?

5. Bergabung dalam Ibusibuk Orami

Ibusibuk Orami merupakan program yang Orami tawarkan kepada full-time Moms, yang ingin menghasilkan uang di waktu luangnya. Cara sangat mudah, Moms hanya perlu mendaftar dan mengisi data diri Ibusibuk di sini.

Keuntungan yang Moms dapatkan sangat beragam, mulai dari harga yang pastinya lebih murah, keuntungan hingga 30 persen per item, tidak memerlukan modal, tidak ada target penjualan, hingga loyalty reward. Banyak banget kan, Moms.

Program terbaru dari Orami ini sangat membantu para Moms yang kebingungan mencari pekerjaan sampingan yang mudah dan tidak merepotkan. Moms hanya perlu menawarkan produk melalui aplikasi, lalu beli di Orami, kurir pun akan segera mengirimkannya.

Sangat mudah kan Moms. Jadi tunggu apa lagi?

Sederet cara-cara di atas, bisa Moms lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, sehingga tidak hanya bergantung pada suami. Menjadi ibu cerdas itu penting. Jadi apakah Moms termasuk salah satu ibu cerdas?

(AWD/AND)

banneribusibuk

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait