Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Nutrisi Anak | Sep 19, 2018

5 Strategi Jitu Agar Anak Mau Makan Sayur

Bagikan


Apa Moms sedang pusing memikirkan cara agar anak mau makan sayur? Menurut The Centre for Advanced Sensory Science di Deakin University, ketidaksukaan anak pada sayur ternyata adalah bagian dari respon perlindungan dirinya.

Sebelum mencap anak sebagai picky eater, Moms harus tahu kalau indera perasa balita yang sangat sensitif ternyata mengenali rasa pahit dalam sayur sebagai zat kimia yang dapat membahayakan tubuhnya. Karena itulah, membuat anak makan sayur tidak cukup hanya dirayu dan dipaksa.

Yuk Moms, coba dulu beberapa strategi jitu berikut agar Si Kecil mau makan sayur!

Mulai dengan Sayuran Manis

Foto: beyondorganicbaby.com

Setiap anak ternyata memiliki tingkat sensitivitas indera perasa yang berbeda, sehingga yang pahit menurut Si Kecil belum tentu pahit menurut balita lain.

Nah, salah satu cara agar anak mau makan sayur adalah dengan mulai memberikan sayuran yang memiliki rasa manis alami, seperti wortel, jagung, labu, atau edamame.

Bila responnya baik, di waktu selanjutnya Moms bisa menambahkan variasi sayur lain seperti buncis, bayam, atau kembang kol. Lakukan terus secara perlahan dan bertahap untuk membiasakan lidahnya dengan rasa sayuran.

“Bermain” dengan Makanan

Foto: nestlenutrition-institute.org

Moms pasti tahu kan, kalau permainan selalu bisa membuat balita melakukan sesuatu dengan lebih mudah dan senang? Nah, untuk mengenalkan jenis sayuran baru pada Si Kecil, Moms juga bisa mengajaknya melakukan permainan cita rasa.

Dalam permainan ini Moms meminta balita mencicipi satu jenis sayuran sambil menutup mata. Di gigitan pertama, minta ia untuk merasakan manisnya sayuran. Di gigitan kedua, minta Si Kecil untuk mencari rasa asam dan asin di dalamnya.

Menjelajahi cita rasa sayuran seutuhnya seperti ini akan membantunya lebih menikmati makan sayur. Sebagai langkah lanjutan, Moms juga bisa mengenalkan berbagai tekstur sayuran yang berbeda, seperti mentah, direbus, atau dipanggang.

Baca Juga: Moms, Ini Porsi Ideal Sayur dan Buah untuk Balita

Menanam Sayuran Sendiri

Foto: eatarainbowgames.com

Membuat anak tahu darimana datangnya sayuran juga bisa menjadi cara agar anak mau makan sayur lho, Moms. Selain dengan mengajaknya berbelanja dan memilih aneka sayur di pasar, Moms juga bisa mengajaknya menanam sayuran sendiri.

Di rumah, Moms dan Si Kecil bisa menanam sayuran sederhana seperti tomat ceri, selada, atau baby carrot.

Bila tidak bisa menanam di rumah, Moms juga bisa mengajaknya mengunjungi tempat wisata edukasi dimana ia bisa belajar bertani dan berkebun.

Ajak Anak Memasak

Foto: eatingwell.com

Tahukah Moms, anak akan lebih mudah diajak mencoba sesuatu bila mereka memiliki keterlibatan didalamnya. Jadi, sesekali ajak buah hati untuk membantu Moms dalam proses memasak, mulai dari memilih dan mencuci sayuran hingga menatanya di piring.

Cobalah resep dan penyajian kreatif dengan bentuk lucu serta warna menarik yang akan disukai Si Kecil. Sebagai contoh, Moms bisa membuat pizza dengan topping sayuran, bento sayuran, atau kue berbahan dasar sayur.

Saat memasak, jangan lupa jelaskan juga manfaat dari setiap sayuran yang digunakan ya, Moms.

Baca Juga: Risiko Bagi Anak yang Tidak Doyan Makan Sayur

Sembunyikan dalam Makanan

Foto: mysouthernhealth.com

Ini dia Moms, strategi pamungkas untuk mengakrabkan buah hati dengan kelezatan rasa sayuran. Hal yang perlu Moms lakukan adalah “menyelipkan” sayuran saat membuat makanan kesukaannya, seperti nugget ayam wortel, smoothie blueberry dan bayam, atau bahkan brownies zucchini.

Triknya bukanlah memaksa anak makan sayur, tapi mendorongnya untuk menikmati aneka jenis sayur dengan cara yang menyenangkan. Jadi, strategi mana yang akan Moms coba lebih dulu?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.