Tren

TREN
5 Juni 2017

5 Takjil Ini Bisa Jadi Bisnis Dadakan di Bulan Ramadhan

Bisa tambah pemasukan di bulan puasa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Bulan puasa memang bulan penuh berkah, khususnya bagi pedagang takjil. Banyak keluarga yang tidak sempat untuk membuat menu berbuka puasa sendiri di rumah sehingga bergantung pada takjil yang dijual di pasar. Mama bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuka bisnis takjil loh!

Selain dapat berkontribusi untuk menambah pemasukan dalam keluarga, Mama juga sekaligus bisa menambah keterampilan di dunia bisnis, terutama di industri kuliner.

Tidak perlu repot-repot membuat menu yang luar biasa sulit, yang penting enak dan sesuai dengan selera banyak orang. Kira-kira apa saja takjil yang bisa dijadikan sebagai menu andalan bisnis Mama?

Kolak Pisang

kolak pisang
youtube.com

Menu yang satu ini sepertinya wajib ada di daftar jualan. Selain karena rasa manisnya dicari oleh orang banyak, kolak pisang juga tidak terlalu berat untuk perut yang sudah berjam-jam tidak makan dan minum.

Cara pembuatannya cukup mudah, dengan campuran pisang serta kuah kental yang terbuat dari santan dan gula merah. Tidak hanya pisang, bahan-bahan utama pada kolak bisa divariasikan. Misalnya saja, kolak singkong, kolak ubi, kolak biji salak sampai dengan kolak durian.

Es Shanghai

5 takjil untuk bisnis dadakan es shanghai
qudapan.blogspot.co.id

Setelah berpuasa, segelas Es Shanghai yang segar sepertinya pas untuk menyegarkan tubuh. Meskipun penampilannya hampir mirip dengan Es Teler, es yang satu ini cocok untuk mereka yang tidak terlalu suka dengan makanan manis.

Es Shanghai memang lebih mengutamakan porsi serat yang ada dalam buah sehingga sesuai untuk mereka yang sedang menjalankan program diet atau mereka yang menderita diabetes.

Tempe Mendoan Goreng

tempe mendoan
hertiarcfood.blogspot.co.id

Kalau pembeli sedang bosan dengan makanan manis, tidak ada salahnya Mama menjual makanan-makanan goreng yang familiar di lidah pembeli, misalnya saja seperti tempe mendoan goreng ini. Makanan khas Purwokerto ini akan lebih nikmat jika digabung dengan cabai rawit dan sambal yang dapat memikat lidah.

Baca Juga : 10 Sambal Pemikat Lidah, Mana Favorit Anda?

Puding Kurma

5 takjil untuk bisnis dadakan 4 (1)
resep-asyik.blogspot.co.id

Buah kurma selalu menjadi sorotan di bulan puasa sehingga kurang komplit rasanya jika tidak ada menu berbahan dasar kurma di dagangan Mama. Puding kurma bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik, apalagi menu ini tidak begitu banyak yang menjualnya.

Puding akan terasa nikmat jika disajikan secara dingin. Mama juga bisa mencampurnya dengan susu atau cokelat. Sesuaikan saja dengan bahan yang ada ya, Ma!

Baca Juga : Inspirasi Menu Buka Puasa : Brownies Kurma

Bubur Delima

5 takjil untuk bisnis dadakan 5
bintang.com

Warnanya yang merah sudah pasti dapat membangkitkan selera makan pembeli! Buah delima di sini sebenarnya adalah butiran-butiran kecil yang dibuat dari tepung bengkoang. Kalau Mama malas membuat, butiran ini juga bisa ditemukan di pasar dekat rumah.

Butiran delima biasanya terdiri dari dua warna, yaitu merah dan putih, namun sebaiknya pilih warna merah agar bisa dengan mudah menarik perhatian pembeli. Fokus saja untuk membuat kuah santan yang lezat dengan campuran tepung maizena, gula, garam, dan daun pandan.


Masih ada beraneka macam menu lainnya yang bisa Mama jadikan bisnis takjil di bulan Ramadhan, misalnya saja bubur kacang hijau, sop buah segar, dan lainnya. Apakah Mama memiliki inovasi takjil sendiri yang mungkin akan laris jika dijual di bulan puasa?

(DAN)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait