Rupa-rupa

RUPA-RUPA
15 Januari 2021

5 Tanaman Hias yang Bisa Mengatasi Insomnia Pada Anak

Letakkan di kamar tidur untuk bantu anak tidur lebih berkualitas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menurut National Sleep Foundation, insomnia adalah kondisi dimana seseorang sulit untuk tertidur, tetap tertidur, maupun bangun terlalu awal dari seharusnya meski ada kesempatan untuk tidur dengan normal.

Diketahui ada dua tipe insomnia berdasarkan durasinya, yaitu insomnia akut yang terjadi sewaktu-waktu karena situasi tertentu dan insomnia kronis yang berlangsung setidaknya tiga malam dalam seminggu dan berlangsung selama tiga bulan berturut-turut.

Durasi dan kualitas tidur yang tidak baik karena insomnia pada anak dapat mengakibatkan dampak negatif seperti rewel, perubahan mood, hiperaktivitas, berkurangnya konsentrasi, serta masalah pada daya ingat.

Nah, sudah tahu belum Moms, kalau kita bisa memanfaatkan tanaman hias untuk bantu insomnia pada anak?

Tidak sekadar cantik dipandang, rupanya ada berbagai jenis tanaman hias yang berfungsi menenangkan, membuat tidur lebih nyenyak, sekaligus membersihkan udara dalam kamar.

Tanaman Hias untuk Mengatasi Insomnia pada Anak

Sebagaimana dijelaskan oleh artikel yang dilansir oleh Journal of Clinical Sleep Medicine, inilah beberapa jenis tanaman hias untuk bantu insomnia pada anak yang bisa Moms letakkan di kamar tidur Si Kecil.

1. Lidah Buaya

5 Tanaman Hias yang Bisa Mengatasi Insomnia Pada Anak 01.jpg

Foto: interflora.co.uk

Seperti dikutip dari livescience.com, polusi udara dan kehadiran partikel mikro berbahaya di dalam ruangan ternyata bisa mengurangi kualitas dan durasi tidur anak.

Nah, tanaman hias lidah buaya bisa menghasilkan oksigen serta membersihkan udara di dalam ruangan dari zat berbahaya seperti benzene dan formaldehida sehingga Si Kecil bisa tidur dengan lebih berkualitas.

Baca Juga: Penyebab Insomnia karena Faktor Psikologis dan Cara Mengatasinya

2. Lavender

5 Tanaman Hias yang Bisa Mengatasi Insomnia Pada Anak 02.jpeg

Foto: bobvila.com

Meski lebih dikenal bisa mengusir nyamuk, tanaman cantik berbunga ungu ini rupanya juga termasuk salah satu tanaman hias untuk bantu insomnia pada anak lho, Moms.

Berbagai studi ilmiah sudah membuktikan kalau lavender memiliki efek menurunkan detak jantung, tekanan darah, serta stress dan kecemasan, sehingga anak merasa lebih santai dan mudah tidur.

Tanaman hias ini paling baik diletakkan di dekat jendela kamar tidur agar terkena sinar dan hangatnya matahari.

3. Rosemary

5 Tanaman Hias yang Bisa Mengatasi Insomnia Pada Anak 03.jpg

Foto: etsy.com

Meski lebih dikenal sebagai tanaman rempah, rosemary sebenarnya bisa juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias untuk bantu insomnia pada anak.

Menurut The Journal of Plant Medicines, berbagai penelitian telah membuktikan kalau aroma dari tanaman rosemary dapat meredakan stress dan kecemasan, meningkatkan mood daya ingat, serta meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Insomnia pada Anak

4. Peace Lily

5 Tanaman Hias yang Bisa Mengatasi Insomnia Pada Anak 04.jpeg

Foto: leonandgeorge.com

Tanaman cantik yang memiliki nama latin Spathipyllum ini pernah dinobatkan oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA)sebagai salah satu tanaman terbaik untuk membersihkan udara di dalam ruangan.

Selain itu, meletakkan tanaman hias peace lily di kamar tidur anak dapat meningkatkan kelembaban udara, sehingga mengurangi resiko penyebaran virus penyebab demam dan gangguan pernapasan serta membuat Si Kecil jadi lebih mudah bernapas saat tidur.

5. Valerian

5 Tanaman Hias yang Bisa Mengatasi Insomnia Pada Anak 05.jpg

Foto: practicalselfreliance.com

Bukan hanya bunganya yang cantik dipandang, akar tanaman valerian juga sudah sejak lama dimanfaatkan untuk membantu mengatasi berbagai masalah tidur, dengan cara membuat otot dan sistem saraf pusat lebih rileks.

Namun hanya dengan diletakkan di kamar tidur saja, wangi dari bunga valeria sudah bisa membantu Si Kecil cepat mengantuk dan tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: Susah Tidur? Simak 5 Tips untuk Mengatasi Insomnia

Asyiknya lagi, semua tanaman hias untuk bantu insomnia pada anak di atas relatif sangat mudah untuk dirawat. Jadi, apa Moms tertarik menaruh salah satunya di kamar tidur Si Kecil?

Artikel Terkait