Tren

TREN
15 Januari 2021

5 Tanaman yang Bisa Hidup Tanpa Sinar Matahari

Tanaman hias ini tidak butuh perawatan yang susah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mempercantik hiasan di dalam rumah, adalah kegemaran hampir semua wanita. Apalagi dikala bosan hanya mengurus anak di rumah, mendekorasi rumah agar terlihat semakin indah adalah pilihan tepat.

Mempercantik interior rumah kini banyak dilakukan dengan cara memasukkan tanaman ke dalam ruangan. Sebetulnya, metode menyegarkan suasana ruangan seperti ini bukan hal yang baru.

Jika Moms ingin mendekorasi rumah dengan tampilan yang sejuk, segar, dan asri untuk bagian dalam rumah, tanaman hijau atau tanaman hias, bisa menjadi solusi yang tepat.

Tidak semua tanaman harus mendapatkan sinar matahari untuk bisa tumbuh subur, jadi menggunakan tanaman hias untuk di hiasan dalam rumah juga bisa Moms.

Tanaman ini biasa dikenal dengan tanaman hias indoor, yaitu tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari.

Tanaman hias indoor ini biasa berukuran mini, bentuknya lucu, dan tidak membutuhkan tempat besar.

Tanaman yang Bisa Hidup Tanpa Sinar Matahari

Apa saja jenis tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari tersebut? Berikut daftarnya.

1. Bunga Anthurium

tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari

Tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari yang pertama adalah bunga anthurium. Jenis bunga ini memiliki bentuk daun yang unik, bervariasi dan tentunya indah.

Tanaman hias indoor satu ini memiliki ciri daunnya berwarna hijau pekat, lalu bunganya berwarna merah terang dan ada juga yang berwarna putih.

Sangat cantik bukan Moms, sebagai tanaman hias indoor?

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Sedang Tren dan Bisa Ditanam di Rumah

2. Dragon Tree

tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari

Dragon tree juga masuk dalam kategori tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari.

Tanaman ini cocok lho di tempatkan di dalam rumah-rumah kita. Apalagi untuk Moms yang ingin mempercantik rumah mungilnya.

Merawat tanaman ini tidak terlalu sulit, karena mereka dapat hidup di tempat gelap sekalipun dengan baik.

3. Soleiroli

tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari

Jenis tanaman ini memiliki ciri daunnya empuk, bentuknya yang kecil, serta menggantung di pot yang membuat penampilannya sangat cantik. Tanaman ini bernama soleiroli.

Jika tanaman lain biasanya akan tumbuh subur di tempat yang memiliki paparan sinar matahari banyak, tanaman hias indoor ini justru bisa hidup dengan baik jika kita tempatkan jauh dari sinar matahari langsung. Ajaibkan!

Merawat tanaman ini sangat mudah, cukup dengan menyemprotnya dengan air secara rutin.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Sedang Tren dan Bisa Ditanam di Rumah

4. Aloe Vera atau Lidah Buaya

tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari

Alove vera menjadi tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari selanjutnya. Manfaatnya yang beragam dan sangat banyak, baik itu untuk kesehatan dan kecantikan sudah tidak diragukan lagi.

Selain itu, aloe vera ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias juga lho. Bayangkan, Moms bisa mendapatkan banyak kegunaan dari tanaman hias indoor satu ini.

Memang kebanyakan tanaman ini bentuknya besar, namun sebagai tanaman hias, Moms bisa menaruhnya dalam pot kecil yang efisien.

5. Calathea

tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari

Tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari selanjutnya adalah calathea.

Tanaman ini memiliki penampilan yang unik. Permukaan daunnya memiliki corak garis putih, mirip seperti cerukan.

Selain itu, jika meletakkannya di bagian rumah yang gelap, juga tidak mengapa, karena jenis tanaman ini memang menyukai area yang gelap.

Justru, jika kamu menempatkannya di dekat sumber cahaya matahari, tanaman ini bisa cepat layu dan mati.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Aloe Vera

6. Lidah Mertua

Tanaman hias dalam ruangan - lidah mertua.jpg

Tanaman lidah mertua sering dikenal dengan sebutan Sansevieria. Bentuk daunnya memanjang dan runcing dengan tekstur yang tebal dan keras.

Tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari ini ada yang berwarna hijau muda dengan pinggiran berwarna kuning, ada pula yang berwarna hijau tua.

Lidah mertua dipercaya sebagai tanaman hias dalam ruangan yang banyak manfaat. Selain menghasilkan banyak oksigen, lidah mertua juga efektif menyerap karbon monoksida dan karbon dioksida di dalam ruangan.

7. Sirih Gading

Tanaman hias dalam ruangan - sirih gading.jpg

Sirih gading termasuk tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari dan sebagai tanaman hias yang sangat mudah dirawat. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik saat ditanam melalui media tanah atau air.

Bentuknya menjuntai, membuat tanaman ini sangat bagus jika diletakkan pada rak atau ambalan dinding. Tanaman ini sangat baik untuk menyerap racun di udara, lho Moms!

8. Lili Paris (Spider Plant)

Tanaman hias dalam ruangan - lili paris.jpg

Tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari satu ini bentuknya unik. Lili paris punya banyak daun dan bisa menyerap polutan. Tanaman hias ini cocok digantung atau diletakkan di sudut meja.

Perawatannya mudah, Moms tidak perlu menyiramnya setiap hari, cukup dua atau tiga hari sekali saja. Tetapi Moms harus pastikan kalau tanahnya tidak terlalu basah, supaya akarnya tidak cepat busuk.

9. Monstera

Tanaman hias dalam ruangan - monstera.jpg

Bagi Moms penyuka tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari, monstera pasti sudah tidak asing lagi. Apalagi monstera ini termasuk tanaman kekinian saat ini. Walaupun termasuk tanaman tropis, tapi monstera ternyata cukup tahan banting juga nih.

Monstera cocok di simpan di dalam ruangan, karena tidak terlalu bergantung pada sinar matahari langsung dan tahan pada ruangan AC.

10. Bromeliad

Tanaman hias dalam ruangan - bromeliad.jpg

Tamanan bernama bromeliad ini ternyata mampu menghilangkan lebih dari 80% dari enam senyawa organik yang berbahaya lho, Moms!

Untuk memaksimalkan manfaatnya sebagai penyerap polutan, Moms bisa memerhatikan ukurannya dibandingkan dengan ukuran ruangan. Semakin besar ruangan, sebaiknya bromeliad yang ditaruh juga harus semakin banyak atau ukurannya semakin besar.

“Bromeliad berasal dari family bromeliaceae. Tanaman ini dapat bertahan lama dengan selalu menghasilkan tunas samping yang akan menggantikan tanaman aslinya. Bromeliad dapat disimpan pada suhu 70 derajat F (sekitar 21 derajat Celsius), yang membuatnya ramah di dalam rumah," jelas Sharon Nejman, Senior Horticulturist di Chicago Botanic Garden.

Nah sekarang Moms sudah tahu kan, apa saja jenis tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari. Yuk coba di rumah Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait