Keluarga

20 Juli 2020

5 Tanda Pasangan Suami Istri Tidak Lagi Saling Cinta

Moms merasakan hal-hal di bawah ini? Perhatikan, bisa jadi itu tanda sudah tidak mencintai Dads lagi!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Dina Vionetta

Tanda pasangan suami istri tidak saling cinta ini mungkin menyedihkan, tapi perlu Moms dan Dads ketahui.

Pada awal masa hubungan atau pernikahan, Moms dan Dads mungkin dipenuhi rasa cinta dan romantisme. Ada bunga setiap minggu, masih berhubungan seks dua hari sekali, makan malam berdua, masih punya me time yang seimbang, dan hal-hal intim lainnya.

Namun, nyatanya rutinitas dalam pernikahan sangat bisa berubah, apalagi jika Moms dan Dads sudah memiliki anak-anak. Apabila tidak dipelihara dengan baik, rasa cinta dalam pernikahan bisa memudar seiring waktu.

Nah, untuk memastikan hal tersebut, simak di bawah ini tanda-tanda pasangan tidak saling cinta lagi. Apakah Moms dan Dads merasakannya?

Tanda Pasangan Suami Istri Tidak Lagi Saling Cinta

1. Kurang Tertarik Menghabiskan Waktu Bersama

5 Tanda Moms and Dads Tak Lagi Saling Jatuh Cinta 2.jpg

Sebelumnya, ada hal yang harus Moms ketahui dulu, yakni tidak lagi saling jatuh cinta berbeda dengan tidak berbahagia dalam hubungan.

Menurut Jane Greer, Ph.D., terapis keluarga dan pernikahan dari American Psychological Associations, ketidakbahagiaan timbul karena pasangan tidak memenuhi kebutuhan Moms atau karena adanya sesuatu yang tidak terselesaikan atau mengecewakan.

Ketidakbahagiaan dalam hubungan bisa diperbaiki seiring waktu dengan tenaga dan komunikasi. Tetapi, tidak saling cinta lagi melibatkan perasaan seperti lebih pada rasa membosankan.

“Anda tidak tertarik menghabiskan waktu dengan pasangan atau menyelesaikan konflik, dan ketika bersama mereka, Anda tidak bersemangat. Sederhananya, sensasi cinta telah hilang,” jelas Greer.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Gairah Bercinta

2. Keintiman Berkurang

5 Tanda Moms and Dads Tak Lagi Saling Jatuh Cinta 3.jpg

Selain tidak mau lagi menghabiskan waktu bersama, tanda pasangan tidak saling cinta lainnya ialah keintiman yang berkurang.

“Mulai dari berpelukan hingga bercinta, keintiman fisik ialah metode komunikasi yang kuat,” kata Amica Graber, pakar hubungan untuk situs pengecekan latar belakang TruthFinder.

Memang komunikasi merupakan fondasi terkuat dari hubungan yang sehat, tetapi menurut Graber, seringkali pasangan bisa lupa bahwa komunikasi fisik bisa lebih kuat daripada komunikasi verbal.

“Jadi, jika pasangan Anda meniadakan komunikasi fisik, itu berarti ada sesuatu yang tidak seimbang dalam hubungan,” jelasnya.

3. Pasangan Sudah Bukan Orang Spesial

5 Tanda Moms and Dads Tak Lagi Saling Jatuh Cinta 4.jpg

Saat Moms sudah mulai merasa pasangan bukan lagi orang spesial atau istimewa buat Moms, itu berarti Moms sudah mulai mengabaikan hubungan tersebut.

Pasangan yang saling jatuh cinta akan bersikap saling menghargai dan merasa sangat beruntung sudah saling menemukan.

Ketika jatuh cinta, Moms akan merasa pasangan bukan hanya ‘ikan di laut’ yang bisa ditangkap begitu saja, karena Moms merasa orang tersebut sangat spesial dan tidak ada duanya.

Baca Juga: Mengapa Pasangan Berubah Sikap?

4. Pasangan Mulai Terasa Seperti Beban

5 Tanda Moms and Dads Tak Lagi Saling Jatuh Cinta 5.jpg

Salah satu tanda pasangan tidak saling cinta lagi yang paling terasa ialah Moms mulai merasa pasangan sudah tidak lagi menarik dan menghabiskan waktu bersamanya ialah beban.

Saat pasangan saling jatuh cinta, mereka pasti cenderung mau menghabiskan waktu bersama dan selalu bercerita tentang kesehariannya.

Berbeda ketika pasangan sudah tidak lagi jatuh cinta, mereka merasa lebih asyik dengan dunianya sendiri.

“Anda tidak bisa jadi diri Anda yang sebenarnya ketika bersama mereka, karena Anda harus berpura-pura senang ketika menghabiskan waktu bersama mereka padahal Anda sedang tidak ingin. Jadi, sulit rasanya untuk berada di sekitar mereka,” ungkap Greer.

5. Berhenti Membicarakan Masa Depan

5 Tanda Moms and Dads Tak Lagi Saling Jatuh Cinta 1.jpg

Mungkin dulu pasangan Moms terbiasa membuat rencana liburan weekend yang menyenangkan, atau bersemangat sekali membicarakan masa depan. Tetapi, Moms bisa melihat tanda pasangan tidak saling cinta lagi ialah ketika ia berhenti membicarakan hal-hal terkait masa depan.

“Ketika pasangan Anda mulai hilang cintanya pada Anda, mereka mungkin mulai membuat rencana masa depan yang tidak melibatkan Anda. Jika Anda mencoba mendiskusikan masa depan dengannya, mereka mungkin akan terlihat tidak nyaman atau menghindari topik itu sama sekali,” ujar Kelli Tellier, seorang pakar kencan dan hubungan.

Baca Juga: Mencegah Perceraian dengan 6 Kebiasaan Mudah dan Sederhana Ini

Moms, itulah tanda-tanda pasangan tidak saling cinta lagi. Apakah Moms dan Dads merasakan hal-hal di atas? Jika iya, segera komunikasikan dan cari jalan keluarnya, ya.

Jika perlu, jangan merasa sungkan untuk pergi ke terapis hubungan demi selamatnya hubungan. Mudah-mudahan, api cinta Moms dan Dads bisa kembali dinyalakan!

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar hubungan pernikahan, Moms bisa bergabung dengan komunitas dan mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait