Rupa-rupa

16 Januari 2021

5 Tips agar Tetap Fokus Bekerja saat WFH

Penting dilakukan agar pekerjaan tidak tertunda
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Work From Home atau WFH bisa membuat seseorang menjadi sangat produktif, tetapi bisa juga sebaliknya. Tanpa ruang kantor yang tepat, jadwal yang diprioritaskan, dan pengawasan di tempat, kita terlalu mudah untuk terganggu.

WFH adalah sistem yang saat ini banyak diterapkan perusaahnya karena pandemi virus corona (COVID-19). Dengan WFH, masyarakat bisa melakukan social distancing yang dipercaya mampu mematahkan mata rantai penularan virus corona.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Tidak WFH di Kala Pandemi COVID-19

Tapi bagaimana caranya agar kita bisa tetap produktif dan fokus bekerja saat WFH? Yuk kita simak tips berikut ini.

Tips agar Fokus Bekerja saat WFH

Untuk membangun produktivitas dan fokus bekerja, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.

1. Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

fokus bekerja WFH

Foto: thespruce.com

Menciptakan ruang kerja yang nyaman sangat penting jika ingin tetap fokus bekerja saat WFH. Tidak perlu menyediakan sebuah ruangan, cukup dengan meja bekerja yang rapi saja, sudah bisa menciptakan suasana nyaman.

Agar lebih menarik bisa menyusun meja seperti dekorasi meja di kantor atau bisa membuatnya lebih menarik dengan menambahkan beberapa pigura foto. Letakan sedikit tanaman juga untuk relaksasi saat bekerja. Jangan lupakan bantal duduk agar tidak pegal ya.

2. Pastikan Ruang Kerja Tetap Rapi

fokus bekerja WFH

Foto: singhhomes.com

Elemen penting berikutnya agar bisa fokus bekerja saat WFH adalah memastikan semua peralatan terorganisir dengan rapi pada tempatnya.

Baca Juga: Bahaya Mengonsumsi Frozen Food Terus Menerus saat WFH

Mulailah dengan meja. Pastikan bahwa meja sudah nyaman, dan semua yang kita butuhkan untuk bekerja mudah dijangkau. Jangan lupa tambahkan beberapa camilan ringan sedikit. Dengan menjaga ruang kerja tetap rapi, produktivitas kerja akan tetap terjaga.

3. Atur Waktu dengan Baik

fokus bekerja WFH

Foto: elizz.com

Manajemen waktu yang efektif sangat penting jika Moms ingin tetap fokus dikala WFH.

Atur dan prioritaskan tugas-tugas utama dengan membuat to-do-list. Daftar ini akan membantu kita terhindar dari menunda-nunda, atau kehilangan fokus dengan "beralih tugas”. Jangan lupa untuk selipkan waktu beristirahat sejenak secara teratur.

Perhatikan berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk setiap tugas dengan menyiapkan log aktivitas. Cara ini akan membuat kita tahu waktu yang paling produktif, sehingga dapat melakukan tugas-tugas kompleks selama hari-hari berikutnya.

4. Koordinasi Pekerjaan dengan Rekan Kerja

fokus bekerja WFH

Foto: remote.co

Untuk tetap fokus WFH di rumah, perlu melakukan komunikasi. Jika tidak, mungkin pekerjaan yang akan mulai mengendalikan kita.

Temukan waktu yang tepat untuk berkoordinasi dengan manajer dan rekan kerja. Masalah kecil seringkali dapat diatasi jika didiskusikan bersama, jadi memungkinkan kita bekerja tanpa gangguan.

Baca Juga: Tempat Kerja yang Jauh Meningkatkan Risiko Berat Badan Bayi Rendah?

Seiring waktu, kita akan menemukan tingkat interaksi yang tepat yang membangun kepercayaan manajer pada produktivitas kita, dan karenanya mencegah manajemen mikro terjadi.

5. Seimbangkan Antara Pekerjaan dan Kehidupan

fokus bekerja WFH

Foto: pinterest.com

Jika masih kehilangan fokus saat melakukan WFH, pastikan kita tidak berusaha terlalu keras. penting bagi kita untuk terus menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat. Hal ini bisa dilakukan dengan menentukan batasan yang tepat.

Dalam International Journal of Applied Engineering Research, keseimbangan kehidupan dan kerja adalah tentang menciptakan dan memelihara lingkungan kerja yang mendukung dan sehat, yang memungkinkan karyawan untuk memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan tanggung jawab pribadi. Dengan begitu akan memperkuat loyalitas dan produktivitas pekerja.

Jika waktunya bekerja, cobalah bekerja dengan seproduktif mungkin. Jangan malah bermain gadget atau melakukan hal lainnya. Selingi waktu kerja dengan istirahat yang cukup.

Jika Moms memiliki anak di rumah, pastikan Si Kecil mengerti bahwa ibunya harus bekerja dan tidak boleh diganggu. Kemudian jangan lupa untuk berolahraga sedikit sebelum bekerja.

Dengan melakukan hal-hal di atas, percayalah kita bisa fokus bekerja saat WFH.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait