Program Hamil

12 Agustus 2016

5 Tips Atasi Morning Sickness (PART 1)

Morning sickness? Siapa takut!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Memasuki masa kehamilan di minggu ke-4 atau ke -6 para ibu hamil yang kurang beruntung akan mengalami morning sickness atau Nausea and Vomiting of Pregnancy (NVP). Namun, mengapa disebut morning sickness bila Anda merasakan mual dan muntah hampir sepanjang hari? NVP merupakan masa yang wajar dalam kehamilan, rasa mual ini akan memuncak di pagi hari, maka dari itu disebut sebagai "morning sickness". Efek yang diakibatkan pastinya tidak menyenangkan, sebagian ibu hamil merasa lemas dan sangat terganggu di masa ini. Namun, jangan khawatir karena 5 tips di bawah ini siap membantu Anda untuk menghadapi morning sickness dalam 3 bulan ke depan, simak penjelasannya!

Jangan Biarkan Perut Kosong

Manfaatkan masa kehamilan Anda sebaik mungkin, salah satunya dengan memuaskan hasrat untuk ngemil. Pastikan setiap dua jam sekali Anda memiliki snack untuk dimakan, khususnya di pagi hari sebelum Anda turun dari tempat tidur dan akan memulai aktivitas. Cukup snack ringan atau buah-buahan saja, terlalu banyak makan hanya akan memperburuk rasa mual Anda.

Ganti Menu dengan Makanan Dingin

Makanan yang panas biasanya mengeluarkan aroma yang kuat, dan aroma yang kuat memicu rasa mual. Cobalah dengan makanan-makanan segar seperti salad dan yogurt.

Stay Hydrated!

Jika air mineral membuat Anda merasa mual, maka cobalah menggantinya dengan potongan buah segar seperti semangka, apel, dan jeruk. Alternatif lain yang bisa Anda coba adalah air jahe hangat yang bagus untuk meredakan rasa mual.

Peppermint

Selain jahe, peppermint bagus untuk menghilangkan rasa mual. Hirup aroma segar dari peppermint dalam sepuluh detik dan atur napas Anda sampai normal.

Rileks

Jangan biarkan morning sickness membuat Anda stres. Hormon stres hanya akan membuat keadaan semakin memburuk. Jadi, bebaskan segala pikiran dan beban Anda dengan meditasi. Gunakan aplikasi seperti Mind The Bump untuk membantu Anda dalam menjalani relaksasi.

--SR

Foto: annaturals

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait