Di atas 5 tahun

28 September 2017

5 Tips Membesarkan Anak Kembar Tiga

Kembar bukan berarti sama persis lho Ma. Kepribadian mereka pun berbeda-beda.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Dikaruniai anak kembar tiga, empat, atau lebih merupakan sebuah kebanggaan dan tantangan tersendiri. Salah satu tantangan terbesar dari memiliki anak kembar tiga atau lebih adalah memperlakukan dan mengasuh anak-anak Mama dengan adil dan penuh perhatian.

Hal tersebut banyak dikeluhkan oleh para orangtua yang membesarkan anak kembar tiga atau empat. Untuk menjawab tantangan tersebut, simak lima tips andalan yang bisa Mama terapkan berikut ini.

1. Jangan memilih baju kembar

anak kembar tiga

Punya anak kembar tiga atau lebih memang lucu dan membanggakan. Akan tetapi, ingatlah bahwa setiap anak pasti memiliki gaya dan kesukaannya masing-masing. Maka, hindari baju kembar tiga atau empat, apalagi kalau mereka sudah cukup besar untuk memilih pakaiannya masing-masing.

Dengan membiarkan anak tampil dengan gaya masing-masing yang khas, mereka akan jadi lebih percaya diri sebagai seorang anak, bukan hanya sebagai anggota kembar tiga atau lebih.

Pusing karena harus mengeluarkan uang banyak untuk membelikan tiga baju sekaligus? Orami punya solusinya nih Moms, ada promo Lebaran yang menghadirkan diskon hingga 70% untuk baju Si Kecil. Tunggu apalagi, yuk segera berbelanja!

2. Usahakan supaya tidak sekelas di sekolah

Seorang ahli psikologi anak dari California State University yang mempelajari dinamika anak kembar, Nancy Seagal, menyarankan supaya anak kembar dipisah di kelasnya masing-masing. Dengan begitu, anak jadi lebih mudah bergaul dan mengekspresikan dirinya. Mereka tak akan diperlakukan seolah-olah mereka satu paket, melainkan seseorang yang unik dan khas.

3. Jadwalkan waktu berkualitas sendiri-sendiri

mama berbelanja dengan anak

Penting bagi Mama untuk meluangkan waktu bersama masing-masing anak, tanpa kehadiran yang lain. Ini akan menguatkan ikatan batin Mama dengan anak-anak. Selain itu, anak juga jadi punya waktu di mana mereka merasa spesial, didengarkan, dan dihargai.

Mama bisa meminta salah satu anak untuk menemani Mama belanja, sementara dua anak lainnya bermain bersama Papa di rumah. Ingat, usahakan untuk fokus bicara soal dirinya ketika Mama sedang berdua saja dengannya, jangan malah membicarakan kakak atau adik kembarnya.

4. Memisahkan perayaan ulang tahun

pesta ulang tahun anak

Tak seperti anak-anak lain yang punya hari spesial untuknya, anak kembar tiga atau lebih harus membagi segala-galanya bersama. Untuk mewujudkan hari spesial ini, Mama bisa memisahkan perayaan ulang tahun anak sendiri-sendiri.

Misal, si sulung kebagian jadwal pagi hari. Kemudian disusul oleh si tengah di siang atau sore hari. Malamnya, giliran si bungsu yang merayakan ulang tahunnya. Mengganti hari juga bisa dicoba supaya anak punya kesempatan mengundang teman-temannya sendiri.

Baca Juga : Ini Cara Mengarahkan Bakat dan Minat Anak Untuk Meraih Cita-Cita

5. Mendukung minat dan bakat masing-masing anak

anak main bola

Tiga anak kembar bukan berarti tiga minat yang sama. Anak-anak mungkin akan menunjukkan bakat di bidang yang berbeda. Maka, penting bagi Mama untuk menggali potensi masing-masing anak dan mendukungnya mengembangkan potensi tersebut.

Memang, ini berarti Mama dan Papa akan jadi lebih sibuk mengantarkan dan membantu anak dalam bidangnya masing-masing. Namun, dengan pembagian tugas dan penjadwalan yang tepat, masing-masing anak akan mendapat kesempatan yang adil untuk menjalani hobi dan minatnya.

Apakah Mama juga punya anak kembar tiga? Ceritakan dong, pengalaman Mama membesarkan anak kembar tiga atau lebih di bagian komentar!

(IA)

Foto : Shutterstock

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait