Kesehatan

KESEHATAN
5 Januari 2018

5 Tips Redakan Sakit Tenggorokan

Coba tips mudah ini sebelum kunjungi dokter
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Tenggorokan terasa kering, gatal, dan panas? Mungkin Moms sedang mengalami gejala batuk, flu, atau radang. Sebelum berobat ke dokter, cobalah untuk menanggulanginya dengan cara praktis yang bisa Moms lakukan di mana saja dan tentunya dengan bahan yang sederhana. Simak 5 tips berikut ini:

Berkumur Air Garam

Tambahkan satu sendok garam ke dalam segelas air hangat, lalu berkumur selama 30 detik, sebaiknya tidak ditelan.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa berkumur air garam mampu mengurangi pembengkakan dan melancarkan lendir atau riak yang tersangkut di tenggorokan. Selain itu garam mampu membunuh bakteri dan mencegah iritasi di dalam mulut.

Banyak Minum

Perbanyak minum, boleh meminum apa saja yang less sugar, tetapi utamakan air mineral. Cairan sangat dibutuhkan untuk menjaga membran tetap lembab. Kondisi membran mukosa yang lembab mampu melindungi tenggorokan dari bakteri dan iritasi.

Alternatif minuman lain yang baik untuk tenggorokan Moms adalah teh herbal. Seduh green tea dalam secangkir air hangat dan tambahkan madu sebanyak satu sendok makan. Daun teh mengandung antioksidan yang membantu mempercepat penyembuhan.

Sop

Tidak napsu makan menjadi musuh utama ketika tenggorokan terasa sakit. Namun, tubuh Moms membutuhkan nutrisi untuk melawan penyakit. Pilihlah menu yang berkuah dan hangat, seperti sop ayam atau cream soup.

Marshmallow

Apabila tenggorokan Moms benar-benar bengkak dan sulit untuk menelan, maka marshmallow bisa menjadi alternatif makanan Moms.

Istirahat Cukup

Tubuh Moms membutuhkan stamina yang baik untuk bertahan melawan infeksi dan virus. Jadi pastikan Moms memiliki istirahat yang cukup dan berkualitas.

(SR)

Foto: Berbagai Sumber

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait