Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Masalah Tidur Bayi | Nov 25, 2018

5 Trik Mudah Atur Pola Tidur Bayi Baru Lahir Tanpa Perlu Begadang

Bagikan


Selama beberapa minggu pertama, bayi baru lahir punya waktu tidur dengan rentang yang cukup lama, yaitu 17-18 jam per hari.

Beberapa bayi baru lahir ada yang bisa tidur sepanjang malam hingga usianya 6 minggu. Meski begitu, di minggu pertama kehidupannya, pola tidur bayi tak pernah melebihi durasi 3-4 jam setiap kali tidur.

Kemudian, perlahan-lahan durasi waktu tidur tersebut berkurang menjadi 15 jam per hari hingga 3 bulan pertama sejak ia lahir. Namun, sebagian besar pola tidur bayi semacam ini baru dicapai saat bayi berusia 5-6 bulan.

Untuk membantu bayi memiliki pola tidur yang teratur, akan sangat baik jika Moms melatih kebiasaan tidurnya sejak dini. Selain ia tak perlu terbangun di tengah malam, Moms juga bisa beristirahat lebih baik alias tidak begadang.

Nah, berikut adalah caranya:

Hindari Menyusui Saat Jam Tidur Malam

Biasakan tidak menyusui Si Kecil saat jam tidur malam. Sebagai gantinya, susui bayi menjelang tidur. Hal ini tak hanya membantu bayi lebih cepat terlelap, tapi juga membuatnya terbiasa dengan pola tersebut.

Mungkin Moms sering menyusui bayi tepat saat jam tidurnya sehingga pola tidur bayi jadi tidak teratur. Perlahan, Moms bisa mulai mengurangi kebiasaan tersebut untuk mengubah pola tidur bayi.

Untuk bayi yang mengonsumsi susu formula, Moms bisa menyiasatinya dengan mengurangi jumlah pemberian susu pada Si Kecil. Seperti memberikan hanya ½ - 1 botol susu formula menjelang tidur malam.

Baca Juga: Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur

Kenalkan Perbedaan Siang dan Malam

Matikan lampu saat malam hari, dengan begitu Si Kecil bisa mengenal perbedaan antara siang dan malam. Perlahan bayi akan mulai menyesuaikan diri, kapan waktu tidur dan juga sebaliknya.

Selain itu, bedakan tempat tidur bayi saat tidur siang dan tidur malam. Seperti menidurkan bayi di kereta dorong saat siang hari dan baru menempatkannya di dalam boks pada waktu tidur malam.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi

Jangan Biasakan Bayi Bermain Saat Jam Tidur

Saat bayi sedang dalam mengembangkan hal baru seperti belajar merangkak, ia pasti akan sangat bersemangat untuk mempraktekkan kemampuannya tersebut.

Tak jarang, ia tidur lebih larut karena ingin bermain sambil menunjukkan kemampuan barunya itu. Lebih baik Moms biasakan pada Si Kecil bahwa malam hari bukanlah waktunya untuk bermain atau berlatih.

Patuhi Jadwal Tidur

Terapkan jadwal tidur yang konsisten. Jika menjelang jam tidur, bayi masih sibuk bermain, stimulasi dengan memberikan ASI atau nyanyian untuk mempercepat waktu tidurnya.

Kamar dengan suasana yang nyaman dan agak temaram biasanya bisa membantu mempercepat waktu tidur Si Kecil.

Baca Juga: 5 Kesalahan Orang Tua Terhadap Buah Hati

Perbanyak Aktivitas Siang Hari

Saat siang hari, perbanyak aktifitas yang melibatkan Si Kecil. Seperti mengajaknya berbicara, bermain, bernyanyi atau melatih kemampuan barunya di sela waktu tidur siang. Ini akan membantu menstimulasi waktu tidur malam yang lebih panjang.

Namun, perlu Moms ingat untuk tidak mengurangi waktu tidur siang Si Kecil secara drastis. Lakukan secara bertahap, ya.

Itulah 5 cara mengatur pola tidur bayi agar tidak begadang dan memiliki waktu istirahat yang cukup. Sebab tidur yang cukup diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil agar semakin optimal.

Baca Juga: Normalkah Anak Tidur Mendengkur?

Apakah Moms punya pengalaman serupa terkait waktu tidur Si Kecil? Yuk, ceritakan di kolom komentar...

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.