Jalan-jalan

JALAN-JALAN
12 Maret 2020

5 Wisata Indonesia Timur yang Wajib Dikunjungi

Moms bisa jadikan sebagai destinasi liburan keluarga berikutnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Indonesia masuk sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Maka jangan heran, jika Indonesia banyak menyimpan keindahan alam yang mungkin masih belum kita ketahui.

Salah satu keindahan alam indonesia yang patut di kunjungi terletak di bagian Timur Indonesia. Saat menginjakkan kaki ke destinasi wisata Indonesia timur, kita akan dibuat terkagum-kagum dengan keindahan yang tiada duanya.

Bahkan wilayah Indonesia bagian Timur terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotis dan wajib sekali dikunjungi.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Indonesia Ini Sering Jadi Lokasi Film

Wisata Indonesia Timur yang Wajib Dikunjungi

Apa saja destinasi wisata Indonesia timur yang harus masuk dalam daftar wishlist Moms dan keluarga? Simak di bawah ini yuk.

1. Kepulauan Kei

wisata indonesia timur

Foto: instagram.com/ilhamarch

Pernahkah Moms mendengar tentang Kepulauan Kei? Kepulauan ini terletak di sebelah tenggara Kepuluan Maluku.

Untuk mencapai destinasi wisata Indonesia timur ini diperlukan waktu satu jam penerbangan dari Kota Ambon, cukup singkat bukan?

Begitu menginjakkan kaki di kepulauan ini, kita akan terpukau dengan sejumlah pantai yang indah dan unik tentunya. Sebut saja Pantai Ngurtafur dan Pantai Ohoidertawun, surga kecil yang membentang luas dengan hamparan pasir putih sejauh mata memandang.

Selain pantainya, Kepulauan Kei memiliki kumpulan pulau yang tak kalah indah, seperti Pulau Tanimbar Kei, Kuur, dan Taam.

2. Pulau Derawan

wisata indonesia timur

Foto: instagram.com/titantyra

Berbicara mengenai destinasi wisata Indonesia timur, jangan lupakan Pulau Derawan. Pulau ini banyak menjadi pembicaraan orang karena keindahan dan keeksotisannya. Bahkan Pulau Derawan terkenal sebagai spot menyelam favorit.

Para pecinta laut wajib mengunjungi destinasi wisata ini, karena terdapat banyak ikan-ikan berwarna-warni serta terumbu karang yang begitu indah. Telebih jika cuaca cerah, jarak pandang di bawah laut bisa mencapai sekitar 20 meter.

Baca Juga: Bandara Baru Jogja Diresmikan, Ini 5 Wisata Hits di Kulon Progo

Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di sini adalah berkeliling menjelajahi pantai di Pulau Derawan yang begitu bersih, dan tentunya melakukan aktivitas air yang cukup seru. Bahkan sekedar duduk-duduk saja dan memandangi birunya air laut juga seru kok.

3. Kepulauan Alor

wisata indonesia timur

Foto: instagram.com/pivabano

Destinasi wisata Indonesia timur lainnya ialah Kepulauan Alor. Kepulauan ini merupakan salah satu kabupaten yang terletak di ujung Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Untuk mencapai destinasi wisata ini, kita perlu terbang ke Kota Kupang terlebih dahulu, lalu menggunakan penerbangan perintis dari Kupang menuju Kalabahi, ibukota utama di Kepulauan Alor. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai di Kalabahi.

Namun begitu sampai, kita bisa langsung mengunjungi tempat wisatanya yang menarik, seperti spot wisata pantai dan laut. Jangan lupa mampir ke Pantai Ling Al, Pantai Pigewa, Pantai Mali, dan Taman Laut Pantar, karena menawarkan pasir putih dan spot snorkeling yang indah.

4. Labuan Bajo

wisata indonesia timur

Foto: instagram.com/pulaupadar/

Tidak suka pantai dan lebih suka aktivitas mendaki gunung atau bukit? Tenang, Labuan Bajo bisa jadi pilihan yang tepat. Labuan Bajo menawarkan banyak keindahan yang akan membuat kita ingin kembali ke tempat ini. Mulai dari wisata laut, wisata budaya, sampai melihat hewan dari zaman purbakala pun bisa.

Tidak hanya itu, Labuan Bajo juga berisikan banyak destinasi gugusan pulau cantik yang bisa menjadi pelepas penat kita setelah sibuk berkutat dengan pekerjaan sehari-hari.

Baca Juga: Mengenalkan Anak Pada Alam, Ini Dia 5 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Indonesia

Bisa mendaki Pulau Padar yang tidak terlalu tinggi, namun bosa membuat kita menikmati keindahan Labuan Bajo dari atas bukit, merasakan pengalaman bertemu komodo dan melihatnya dari dekat, berfoto ria di Pantai Pink, hingga berenang bersama manta di Manta Point.

Bahkan menikmati sunset di temani ribuan kalong juga bisa lho. Seru kan?

5. Sumba Timur

wisata indonesia timur

Foto: instagram.com/andhikabayu/

Satu lagi destinasi wisata Indonesia timur yang tidak boleh terlewatkan adalah Sumba.

Pulau ini memang keindahannya tidak tanggung-tanggung. Semua destinasi wisata hampir ada di sini, mulai dari pantai, air terjun, hingga kampung adat bisa ditemukan.

Jika ingin berburu sunset juga banyak tempat yang tersedia. Bahkan bukit-bukit indah yang instagramable bisa ditemukan dengan mudah di Sumba. Jika berkunjung ke Sumba, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Walakiri, melihat dancing trees-nya yang terkenal ya.

Wah, dari beberapa rekomendasi destinasi wisata Indonesia timur di atas, mana yang ingin dikunjungi?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait