2-3 tahun

2-3 TAHUN
3 Desember 2020

6 Aktivitas Montessori yang Menyenangkan selama Pandemi

Buat Si Kecil tetap produktif selama pandemi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms mungkin pernah mendengar tentang metode Montessori, metode pengajaran dan pembelajaran yang dikembangkan oleh dokter Italia Maria Montessori, selama kurang lebih 100 tahun.

Mengutip American Montessori Society, metode pengajaran dan pembelajaran Montessori dapat memenuhi tujuan pendidikan agar anak dapat memiliki kesadaran diri yang kuat, kemampuan untuk terhubung dengan orang lain, dan potensi untuk menjadi produktif sepanjang hidup mereka.

Pendidikan Montessori mengembangkan siswa yang mampu, bertanggung jawab, berpengetahuan luas yang memiliki rasa diri yang kuat yang mereka perlukan untuk berkembang di dunia nyata.

Bagi Moms yang ingin mengenalkan metode ini, atau yang hendak mencari aktivitas Montessori selama pandemi COVID-19, ada beberapa kegiatan menarik yang dapat dilakukan bersama Si Kecil.

Yuk, simak ide aktivitas Montessori berikut ini, Moms.

Baca Juga: 6 Aktivitas Pendukung Perkembangan Anak Usia Dini Semasa Pandemi, Yuk Ikuti!

Ide Aktivitas Montessori Selama Pandemi

Mengutip Sapientia Montessori, cara yang bagus untuk mengenali dan mengembangkan kemampuan bawaan anak untuk belajar tentang dunia di sekitar mereka adalah dengan melalui permainan yang bermakna.

Dengan membuat beberapa perubahan pada lingkungan rumah, Moms sebenarnya dapat membantu mendorong keingintahuan alami anak dan kemampuan untuk belajar selama bertahun-tahun yang akan datang.

1. Mencuci Mainan

aktivitas Montessori selama pandemi-1

Foto: Orami Photo Stock

Seringkali mainan digunakan di luar dan menjadi kotor. Ini adalah kesempatan yang tepat untuk mengatur aktivitas mencuci hingga membersihkan mainan sebagai bagian dari aktivitas Montessori selama pandemi.

Akan lebih mudah untuk memiliki bahan yang tersedia di dapur atau kamar mandi di mana seorang anak dapat dengan mudah mendapatkannya.

Anak usia tiga tahun biasanya sangat rajin mengikuti serangkaian langkah, seperti mengisi baskom dengan air, menambahkan sabun, menggosok mainan dengan sikat, mengeringkan mainan dan menuangkan air.

2. Eksperimen Mengapung dan Tenggelam

aktivitas Montessori selama pandemi-4

Foto: todaysparent.com

Mengutip Montessori Nature, eksperimen ini bagus untuk permainan mandiri. Anak-anak biasanya senang menemukan benda-benda yang bisa mereka masukkan ke dalam air untuk mengetahui apakah mereka mengapung atau tenggelam.

Baca Juga: Hindari Anak Stres di Rumah, Lakukan 5 Aktivitas Seru Ini

3. Menyortir Kancing

aktivitas Montessori selama pandemi-5

Foto: metroparent.com

Aktivitas Montessori ini sebaiknya tidak untuk dilakukan pada anak di bawah 3 tahun. Untuk melakukannya, Moms bisa memberi Si Kecil sekumpulan kancing yang berbeda ukuran atau warna dan mangkuk kecil untuk menyortirnya.

Misalnya, jika Moms memberi mereka kancing merah, biru, dan hijau, beri mereka tiga mangkuk kecil untuk menyortirnya. Semua jenis benda yang disukai anak dapat digunakan untuk menyortir!

4. Memotong Wortel

aktivitas Montessori selama pandemi-2

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Motherly, memotong wortel bisa menjadi kegiatan menarik saat pandemi.

Bahkan anak-anak yang tidak suka makan wortel suka memotongnya dan menyiapkannya untuk orang lain. Buat kesempatan ini sebagai salah satu aktivitas Montessori selama pandemi.

Akan sangat membantu jika Moms memberi anak nampan berisi peralatan yang dibutuhkan, seperti celemek, mangkuk untuk air, sikat scrub, pengupas, talenan kecil, pencacah bergelombang, dan spons atau handuk kecil untuk mengelap.

Moms bisa menunjukkan pada anak cara mencuci, mengupas, dan memotong wortel, lalu biarkan mereka mencobanya sendiri!

Baca Juga: 7 Resep Mudah Memasak Bersama Anak

5. Membuat Campuran Camilan

aktivitas Montessori selama pandemi-3

Foto: Orami Photo Stock

Untuk aktivitas Montessori ini, Moms bisa memberikan Si Kecil wadah besar berisi beberapa makanan ringan yang mereka sukai seperti buah kering, kacang, sereal, dan sebagainya.

Beri mereka sendok pengukur dan biarkan Si Kecil mengambil beberapa dari setiap item ke dalam wadah kosong yang besar dan mencampurnya.

Moms dapat menyediakan bahan-bahannya di rak yang bisa dijangkau sehingga, Si Kecil mereka bisa mendapatkan camilan sendiri.

Untuk anak yang lebih besar, Moms juga dapat menulis resep sederhana. Misalnya: 2 sendok sereal, 1 sendok kacang mede, dan lain-lain, agar kegiatan ini jadi lebih menantang.

6. Jangan Lupa Pastikan Kebutuhan Nutrisi Si Kecil Tercukupi

Tidak hanya dengan melakukan ragam aktivitas Montessori menarik, Moms juga perlu memastikan agar asupan nutrisi harian Si Kecil tercukupi. Salah satunya dengan Bebelac Gold 3 HIQ-EQ Susu Pertumbuhan.

Bebelac Gold 3 HIQ-EQ Susu Pertumbuhan memiliki kandungan minyak ikan 0,32%, Omega 3 dan Omega 6. Serta 13 vitamin dan 7 mineral, dengan kandungan zat besi, zinc, iodium, vitamin A, dan kalsium.

Bebelac Gold 3 HIQ-EQ Susu Pertumbuhan juga punya kandungan FOS:GOS 1:9 dan pati jagung yang tinggi serat pangan. Dengan minum 3 kali sehari, dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian Si Kecil.

Itu dia Moms, ragam aktivitas Montessori yang bisa dilakukan Si Kecil di saat pandemi. Yuk, dukung tumbuh kembang Si Kecil agar tetap optimal.

(ADV)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait