Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perkembangan Anak | Dec 5, 2018

6 Cara Mengajarkan Budaya Ibu dan Ayah yang Berbeda pada Anak

Bagikan



Mengenalkan dan mengajarkan budaya kepada anak adalah hal penting. Tapi, bagaimana jika anak punya ayah dan ibu yang berasal dari dua budaya berbeda? Bagaimana cara mengenalkan dan mengajarkan budaya kepada Si Kecil?

DIkutip dari Learningliftoff.com, para peneliti dari Emory University menemukan bahwa anak akan lebih sehat secara emosional jika dikenalkan pada sejarah dan asal-usul keluarga mereka.

“Cerita tentang keluarga dan budaya mereka memberikan informasi tentang identitas mereka. Ini juga akan membantu anak untuk memahami posisi mereka di dunia,” ungkap para peneliti tersebut.

Baca Juga : Pentingnya Anak Belajar Bahasa Indonesia

Ada anak yang lahir dari kawin campur tinggal di negara asal sang ayah atau sang ibu, ataupun ayah dan ibu yang berasal dari daerah yang berbeda, mereka tidak bisa merasakan dua budaya itu sekaligus. 

Karena itu juga, penting bagi orang tua untuk mengenalkan dan mengajarkannya, agar anak-anak tidak kehilangan identitas.

Bagaimana caranya? Cari tahu yuk Moms!

1. Mulai dari Generasi Sebelumnya

Moms bisa bercerita tentang kakek-nenek, kakek-nenek buyut, paman, bibi, saudara sepupu, dan keluarga lainnya yang berada di daerah asal Moms atau Dads.

Jika ada kesempatan, Moms mungkin bisa membawa serta Si Kecil untuk mengunjungi daerah tersebut dan bertemu langsung dengan mereka. Biarkan Si Kecil merasakan sendiri budaya di sana.

2. Belajar melalui Makanan

Jika tidak memungkinkan untuk mengunjungi negara itu, Moms bisa mengajarkan anak melalui makanan khas negara sana.

Setiap daerah tentu punya makanan khas tersendiri. Moms bisa meminta resep andalan keluarga ke ibu/ibu mertua Moms untuk dimasak di rumah dan disajikan kepada Si Kecil. Ceritakan juga dari mana asal hidangan tersebut dan sejarahnya.

3. Mengunjungi Festival Budaya

Cukup banyak festival dari berbagai daerah maupun provinsi yang diselenggarakan di Indonesia. Inilah kesempatan Moms untuk mengenalkan dan mengajarkan Si Kecil pada budaya Moms/Dads.

Baca Juga : Tak Harus Mahal Kok, Ini 6 Tips Hemat Traveling Bersama Anak-Anak

4. Pertahankan Tradisi

Setiap negara maupun daerah punya tradisi tersendiri. Nah, tradisi ini bisa Moms lakukan di rumah. Ajak Si Kecil melakukan tradisi tersebut agar dia terbiasa.

5. Belajar lewat Buku dan Film

Banyak sekali buku tentang negara-negara maupun berbagai provinsi di Indonesia yang ada di pasaran. Moms bisa memilih yang paling sesuai untuk diberikan kepada Si Kecil. Film-film pun juga bisa jadi satu cara untuk mengenalkan Si Kecil pada budaya itu.

6. Mempelajari Bahasanya

Penting bagi Moms dan Dads untuk mengajarkan bahasa ibu Moms/Dads kepada Si Kecil. Selain untuk mengenalkan budaya, mengajarkan bahasa juga membuat Si Kecil punya nilai lebih karena bisa bahasa lain.

Itulah enam cara yang bisa Moms lakukan untuk mengenalkan Si Kecil pada budaya Moms/Dads. Selamat mencoba!

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.