Program Hamil

16 April 2019

6 Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan, Adakah Salah Satunya Moms Alami?

Tebak-tebakan jenis kelamin bayi memang selalu menarik. Lalu, apakah benar ini gejala hamil anak perempuan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Jenis kelamin bayi umumnya baru bisa dilihat melalui hasil USG pada minggu ke-20 kehamilan.

Tapi, banyak Moms yang penasaran dengan jenis kelamin calon bayinya jauh sebelum itu, hingga muncullah berbagai asumsi dan dugaan yang mengaitkan kondisi tertentu kehamilan dengan jenis kelamin bayi.

Tak selalu benar, tapi kadang juga tak selalu salah. Karena kemungkinannya memang fifty-fifty. Dan, inilah 6 kondisi kehamilan yang diyakini merupakan gejala kalau Moms hamil anak perempuan.

Baca Juga : 4 Penyebab Banyak Perempuan Tak Sadar Tanda Kehamilan

1. Morning Sickness yang Parah

hamil anak perempuan, benarkah ini gejalanya 1
Foto: Pixabay

Banyak Moms berpikir bahwa mual yang parah di pagi hari adalah tanda ia hamil anak perempuan.

Bahkan, dilansir dari medicalnewstoday.com, hasil penelitian menunjukkan bahwa sakit selama hamil dapat dikaitkan dengan jenis kelamin bayi tertentu.

Sebuah studi tahun 2017, sebagaimana dikutip dari medicalnewstoday.com, menemukan bahwa wanita yang hamil anak perempuan lebih rentan mengalami peradangan akibat sistem kekebalan tubuhnya mudah terpapar bakteri dibandingkan wanita yang hamil anak laki-laki.

Hal ini mengakibatkan wanita yang hamil anak perempuan akan merasa lebih tidak sehat daripada wanita yang hamil anak laki-laki.

Tapi, tak bisa sepenuhnya dipercaya juga, karena para peneliti pun meyakini bahwa masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memelajari hubungan ini.

2. Perubahan Suasana Hati yang Ekstrem

Perubahan hormon selama kehamilan seringkali dapat menyebabkan perubahan suasana hati.

Beberapa orang meyakini bahwa wanita yang hamil anak perempuan memiliki kadar estrogen yang lebih tinggi dan menjadi lebih moody saat hamil.

Namun, penelitian tidak mendukung teori ini. Faktanya, tingkat hormon estrogen akan naik selama kehamilan dan turun drastis setelah melahirkan, terlepas dari apakah Moms mengandung bayi laki-laki atau perempuan.

Baca Juga : Gejala Hamil yang Mengganggu, Tapi Merupakan Pertanda Kehamilan Sehat

3. Posisi Janin Lebih Tinggi Di Dalam Rahim

hamil anak perempuan, benarkah ini gejalanya 2
Foto: babycentre.co.uk

Jika posisi janin lebih tinggi di dalam rahim, maka ada kemungkinan Moms hamil anak perempuan.

Padahal faktanya, posisi kehamilan tergantung kepada kondisi bentuk tubuh, penambahan berat badan, posisi bayi di dalam perut, hingga otot perut.

4. Mengidam Makanan atau Minuman Manis

Katanya, mengidam sesuatu yang manis mengindikasikan Moms hamil anak perempuan. Sedangkan jika Moms mengidam makanan yang asin, pertanda hamil anak laki-laki.

Sekali lagi, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa mengidam jenis makanan tertentu selama kehamilan dapat menunjukkan jenis kelamin bayi.

5. Kulit Berminyak dan Rambut Kusam

hamil anak perempuan, benarkah ini gejalanya 3
Foto: parenting.firstcry.com

Beberapa orang percaya bahwa memiliki kulit berminyak dan rambut kusam saat hamil menunjukkan bahwa Moms hamil anak perempuan. Tapi, tentu saja asumsi ini tidak berbasis ilmiah.

Perubahan dalam produksi minyak atau penampilan rambut selama kehamilan, mungkin berhubungan dengan perubahan hormon atau perubahan dalam diet.

Baca Juga : Catat, Ini 3 Camilan yang Tepat untuk Mengatasi Morning Sickness

6. Detak jantung bayi yang cepat

Beberapa orang percaya bahwa jika jantung bayi berdetak cepat, kemungkinan besar itu adalah bayi perempuan.

Namun, para peneliti membantah mitos ini beberapa dekade lalu dalam sebuah penelitian yang tidak menemukan perbedaan signifikan antara denyut jantung pada janin laki-laki dan perempuan.

Bagaimana, Moms, apakah ada di antara gejala-gejala hamil anak perempuan di atas yang dialami oleh Moms dan terbukti kebenarannya?

(VAN/CAR)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait