Rupa-rupa

14 April 2019

6 Etika Silaturahmi dengan Keluarga Besar Saat Lebaran

Lebaran adalah momen untuk kumpul keluarga besar. Nah, hal yang perlu Moms perhatikan, saat kumpul keluarga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Idul Fitri, hari raya umat Muslim yang selalu dirindukan dan dinantikan setiap tahunnya. Bahkan euforianya sudah terasa sejak bulan puasa. Di sini, ada momen silaturahmi dengan keluarga besar seperti kakek-nenek, om-tante dan kerabat lainnya.

Kita dituntut untuk harus menjaga sopan santun, terutama kepada orang yang lebih tua. Terkadang karena saking bersemangatnya, kita jadi lupa menjaga ucapan atau tindakan. Nah, supaya tidak salah, berikut ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, saat bersilaturahmi.

1. Memakai Busana yang Sopan

Walaupun Moms suka memakai busana yang casual untuk penampilan sehari-hari, nggak ada salahnya untuk memakai busana yang lebih tertutup ketika bertemu dengan keluarga besar. Ingat, sopan santun adalah hal yang selalu dijunjung tinggi oleh para orang tua.

Biasanya ketika Lebaran, ada satu busana khusus yang dipilih untuk dipakai berbarengan atau bisa saja baju dengan warna tertentu. Jika sudah begitu, harus diikuti ya Moms untuk menunjukkan rasa hormat kita.

Baca Juga: 7 Sopan Santun yang Perlu Dikuasai Anak


2. Mencicipi Hidangan yang Ada

lebaran2

Foto: en.yeejo.rw

Sudah menjadi rahasia umum, kumpul keluarga di saat Lebaran, pasti dibarengin juga dengan aneka makanan lezat sebagai konsumsinya. Moms, harus mencicipi seperlunya untuk menghormati tuan rumah ya. Jangan makan terlalu banyak, tapi fokuslah pada obrolannya.

Ingat untuk memberikan pujian sedikit atas hidangan yang disajikan. Meskipun hidangannya terlihat tidak mewah. Tapi pujian yang kita berikan, kan menjadi apresiasi bagi tuan rumah.


3. Jangan Mengungkit Masa Lalu

Moms, dalam berbicara pun harus berhati-hati ya. Hindari topik obrolan yang memiliki pengaruh sensitif. Misalnya saja membicarakan masa lalu. Bagi sebagian orang, masa lalu adalah hal yang ingin dilupakan dan tidak ingin diungkit-ungkit lagi.

Membawa masa lalu dalam sebuah obrolan, dijamin akan merusak suasana. Tetapi bercanda atau sedikit menyinggung masa lalu yang membahagiakan boleh ya Moms. Misalnya bagaimana dekatnya Moms dengan orang tersebut di masa lalu, atau masa-masa ketika masih kecil dan main bersama.


4. Jangan Sibuk Sendiri

lebaran1

Foto: blogs.blackberry.com

Namanya juga momen silaturahmi. Di sini Moms dituntut untuk bisa berbaur bersama keluarga besar dan turut serta dalam berbagai obrolan. Jangan malah sibuk update dengan gadget sendiri. Update boleh untuk Moms yang mungkin memiliki media sosial, tapi seperlunya saja.

Setelah itu, perbanyaknya membuka bahan obrolan dengan keluarga yang lain. Hal ini juga bisa membantu kita memperat tali persaudaraan antar saudara, loh.

Baca Juga: 5 Inspirasi Baju Kembaran Keluarga Saat Lebaran yang Bisa Kita Tiru


5. Pamer

Ajang bertemunya keluarga besar, seringkali disalah artikan sebagai ajang saling pamer. Moms menggunakan tas, sepatu dan perhiasan termahal, si kecil juga dipakaikan busana dan sepatu yang mahal. Pokoknya semua serba mahal.

Sudah begitu, saat berbicara dengan keluarga yang lain, mungkin Moms akan dengan tidak sengaja memamerkan perhiasan dan aksesoris yang digunakan. Hindari ya Moms, karena hal itu dapat membuat sebagian orang kesal dan terkesan sombong. Pakailah busana dan aksesoris seperlunya.


6. Ucapkan Terima Kasih

Jangan lupa mengucapkan terima kasih dipenghujung acara karena sudah diterima dengan baik oleh keluarga besar. Ucapkan terima kasih untuk hidangannya, untuk waktu yang sudah disediakan dan untuk berbagai hal menyenangkan.

Karena terkadang, terima kasih adalah satu hal yang akan kita lupakan saat telah menerima sesuatu perlakuan yang baik. Padahal terima kasih begitu mudah untuk diucapkan.

Hal-hal di atas sangat penting loh Moms untuk membuat momen silaturahmi antar keluarga menjadi menyenangkan. Jangan mensia-siakan momen ini, karena hanya bisa terjadi satu kali dalam satu tahun.

(AWD)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait