Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Rupa-rupa | Mar 18, 2018

6 Karakter Orang Tua Masa Kini, Yang Manakah Moms?

Bagikan




Setiap ibu menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Namun, bukan berarti setiap ibu memiliki karakter pengasuhan yang sama. Perbedaan sifat, lingkungan, maupun referensi pengasuhan membuat setiap orang tua memiliki karakter tersendiri.

Lalu, yang mana tipe karakter Moms saat mengasuh Si Kecil?

1. Orang Tua Helikopter

Apakah Moms tipe orang tua yang selalu mengikuti Si Kecil kemanapun ia berada? Atau Moms selalu membatasi gerak-gerik dan kegiatan anak? Berarti Moms adalah tipe Orang Tua Helikopter.

Sang Orang Tua Helikopter selalu 'melayang' di dekat anaknya. Mereka selalu mengelola hubungan anak-anak mereka dan tidak membiarkan Si Kecil mengambil keputusan sendiri.

Orang Tua Helikopter percaya semua yang ia lakukan demi kebaikan anak-anak. Namun, hal ini bisa berdampak buruk bagi SI Kecil. Ia tidak akan pernah bisa mengambil keputusan sendiri dan memiliki kecenderungan untuk mencoba sesuatu yang baru, bahkan bisa saya ia mengalami depresi.

2. Orang Tua Kompetitif

orang tua kompetitif

Setiap orang tua selalu menganggap anaknya yang terbaik, namun bukan berarti Moms menjadi sangat kompetitif dalam segala hal yang berhubungan dengan pengasuhan Si Kecil, karena membesarkan anak bukannya sebuah kompetisi.

Namun pada kenyataannya, selalu ada tipe orang tua kompetitif di sekitar kita, atau jangan-jangan Moms sendiri yang termasuk dalam kategori ini?

Jika ada seorang ibu yang mengatakan anaknya sudah bisa jalan di usia 10 bulan, lalu Moms tak mau kalah membanggakan anak Moms sudah bisa berjalan di usia 8 bulan, atau Moms mengumbar kemampuan Si Kecil yang baru 6 bulan namun sudah bisa makan makanan padat disaat anak sebayanya baru bisa memakan bubur saring, bisa jadi Moms adalah Orang Tua Kompetitif.

3. Orang tua Smartphone

Seperti namanya, orang tua tipe ini tak bisa lepas dari smartphone. Mereka tak pernah menatap langsung sang anak, tapi melalui layar smartphonenya.

Tipe Moms satu ini 'melepas' anaknya bermain, namun ia selalu siap merekam maupun memfoto kegiatan anaknya lalu menguploadnya si sosial media untuk menunjukkan betapa bangganya ia dengan anaknya, atau mungkin hanya sekedar ingin mendapatkan likes dari para followersnya.

Padahal, tidak semua momen berharga Si Kecil bisa terekam di smartphone. Ada baiknya bagi orang tua tipe ini untuk membatasi frekuensi pemakaian smartphone saat bersama anaknya, dan memerhatikan secara langsung bagaimana perkembangan dan tingkah laku menggemaskan Si Kecil.

Baca Juga : 4 Kesalahan Mendidik Anak yang Sering Dilakukan Orang Tua

4. Orang Tua Pengeluh

Tidak ada orang tua yang bebas masalah sama sekali. Namun, orang tua pengeluh selalu merasa permasalahannya paling berat diantara orang tua lainnya.

Tipe Moms satu ini selalu merasa punya masalah, entah dalam mengasuh Si Kecil, masalah dengan suaminya, atau hanya sekedar rumah yang selalu berantakan. Namun Orang Tua Pengeluh tidak berusaha sama sekali mencari solusi akan permasalahan mereka.

Jika Moms tipe orang tua seperti ini, cobalah menerima kenyataan bahwa dalam mengasuh anak, pasti akan ada tantangannya. Namun, jika Moms berusaha mencari solusinya, bisa dengan bertukar pikiran dengan pasangan maupun orang tua lain, ataupun berkonsultasi dengan ahli.

5. Orang Tua Sempurna

tipe tipe orang tua, orang tua sempurna

Orang tua tipe ini seperti keluar dari buku cerita maupun film. Tipe orang tua satu ini selalu berdandan sempurna tanpa cela, dengan rambut tertata rapi dan make up yang flawless.

Anak-anaknya pun selalu tampil bersih dan rapi, bersikap baik dan tidak pernah menangis ataupun tak pernah lari-lari ataupun menganggu orang dewasa.
Setiap melihat Moms tipe ini, Moms lain pasti iri dan bertanya-tanya, bagaimana caranya bisa menjadi Orang Tua Sempurna?

6. Orang Tua Menyenangkan

Tipe orang tua seperti ini adalah gambaran ideal. Orang tua tipe ini selalu mendorong anak-anak mereka untuk mencoba hal yang baru, membiarkan buah hatinya untuk bereksplorasi, dan mempersiapkan anaknya untuk dapat tumbuh menjadi pribadi yang mandiri.

Meskipun begitu, bukan berarti orang tua ini melepaskan tanggung jawab mereka. Orang Tua Menyenangkan tetap memantau kegiatan anak-anak mereka, dan menjadi pembimbing yang baik, namun tidak mengekang. Orang tua ini juga bisa tegas pada anak-anak saat diperlukan.

Jadi, tipe orang tua nomer berapa Moms saat ini?

(CAR)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.