Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
3 Juni 2020

6 Kebiasaan Sehat yang Bisa Diajarkan Pada Anak Sejak Dini

Agar tertanam dalam benak, kebiasaan baik haruslah diajarkan sejak dini. Berikut hal-hal yang harus diajarkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Merawat anak merupakan tugas yang sangat mulia. Melihat Si Kecil bisa tumbuh dewasa merupakan impian bagi Moms and Dads. Dilansir dari Scripps, anak akan tumbuh melihat contoh dari orang tua.

Untuk itu, Moms bisa membantu Si Kecil agar bisa tumbuh dengan memiliki kebiasaan baik yang menyehatkan. Dengan memberikan contoh kebiasaan sehat bagi anak sejak dini, Si Kecil akan lebih cepat memahami dan terbiasa dengan rutinitas tersebut.

Membentuk Kebiasaan Sehat Bagi Anak Sejak Dini

Membentuk kebiasaan seseorang merupakan tugas yang tidak mudah. Dibutuhkan konsistensi dan komitmen luar biasa agar suatu kegiatan bisa menjadi sebuah kebiasaan.

Nah, di bawah ini Moms bisa menemukan 6 kebiasaan sehat bagi anak sejak dini yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, simak!

1. Tidak Melewatkan Sarapan

Membentuk Kebiasaan Sehat Bagi Anak Sejak Dini 1.jpg

Foto: Freepik.com

Sarapan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh siapa saja termasuk anak-anak. Asupan nutrisinya akan sangat terpenuhi apabila dimulai dengan sarapan yang bergizi.

Selain itu, sarapan juga akan memberikan energi positif seharian penuh pada Si Kecil. Membiasakan anak untuk sarapan bersama di meja makan juga akan membentuk kebiasaan di alam bawah sadarnya agar ia mau makan teratur.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Sebutir Telur Untuk Sarapan Anak Setiap Hari

2. Mencuci Tangan

Membentuk Kebiasaan Sehat Bagi Anak Sejak Dini 2.jpg

Foto: Freepik.com

Baik orang dewasa maupun anak-anak, tangan merupakan sarang kuman dan virus karena aktivitas apapun dilakukan dengan tangan. Oleh karena itu, Moms harus menciptakan kebiasaan untuk selalu mencuci tangan.

Pastikan Si Kecil mencuci tangan dengan metode yang benar dan berdurasi selama 20 detik. Cuci tangan bisa dilakukan setelah melakukan aktivitas di luar rumah, memegang tempat sampah, memegang benda kotor, serta sebelum dan sesudah makan.

3. Membuang Sampah pada Tempatnya

Membentuk Kebiasaan Sehat Bagi Anak Sejak Dini 3.jpg

Foto: Freepik.com

Salah satu kebiasaan sehat lainnya yang harus Moms ajarkan pada Si Kecil adalah membuang sampah pada tempatnya. Hal ini tentu harus dimulai dari diri Moms sendiri.

Sebagai contoh, selalu buang sisa camilan atau sampah hasil bermainnya di tempat sampah. Dengan melihat Moms melakukan hal ini, anak tentu akan mengikutinya. Bila perlu, sediakan tempat sampah kecil agar ia bisa membuang sampahnya sendiri.

Baca Juga: Ajari Anak Membuang Sampah Pada Tempatnya Dengan 4 Cara Mudah Ini

4. Bermain di Luar Rumah

Membentuk Kebiasaan Sehat Bagi Anak Sejak Dini 4.jpg

Foto: Pexels.com

Kebiasaan sehat bagi anak sejak dini yang bisa Moms tunjukkan pada Si Kecil adalah dengan membiarkannya bermain di luar rumah. Jangan membiasakan Si Kecil bermain gadget karena akan berdampak buruk terhadap perkembangan motoriknya.

Si Kecil juga bisa menjadi malas untuk bermain keluar karena dampak gadget yang berlebihan. Apabila mau bermain gadget, Moms perlu menerapkan aturan dan waktu bermain agar tidak keterusan.

5. Membaca Buku

Membentuk Kebiasaan Sehat Bagi Anak Sejak Dini 5.jpeg

Foto: Pexels.com

Salah satu kebiasaan sehat bagi anak sejak dini yang saat ini mulai pudar ialah membaca buku. Padahal, ada banyak sekali manfaat dari membaca buku, Moms. Misalnya menambah wawasan, melatih memori otak, meningkatkan konsentrasi, dan menambah kosa kata baru.

Untuk itu, agar kebiasaan sehat ini terbentuk, Moms bisa memberikan Si Kecil bahan bacaan yang menarik. Tak perlu susah-susah, buku komik atau tema kartun pun bisa jadi permulaan.

6. Mengonsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Membentuk Kebiasaan Sehat Bagi Anak Sejak Dini 6.jpg

Foto: Freepik.com

Kebiasaan sehat lainnya adalah membiasakan anak agar mau mengonsumsi sayuran dan buah secara rutin. Kandungan yang terdapat di dalam sayuran dan buah sangat menyehatkan dan bisa mengoptimalkan kesehatan Si Kecil.

Bila anak tidak terlalu suka sayur dan buah-buahan, Moms bisa menyajikannya dengan variasi menu unik. Misalnya saja dijadikan smoothie, puding, atau kukis.

Baca Juga: 3 Resep Brokoli Enak dan Mudah Diikuti agar Si Kecil Mau Makan Sayur

Dengan menerapkan kebiasaan sehat bagi anak sejak dini, pola hidup Si Kecil bisa lebih teratur dan tentunya kesehatan bisa terjaga dalam jangka waktu panjang. Selamat mencoba ya, Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait