Kesehatan

KESEHATAN
13 April 2020

6 Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Osteoporosis, Hindari Sekarang!

Penyebab osteoporosis ternyata bisa karena faktor makanan hingga kegiatan sehari-hari.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Dina Vionetta

Kebiasaan penyebab osteoporosis berikut ini mungkin sering Moms lakukan. Osteoporosis adalah penyakit yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh. Penyakit ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, termasuk hal-hal yang disangka baik.

Biasanya orang yang menderita osteoporosis tidak mengalami gejala apapun. Namun dilansir dari Harvard Health, ada dua tanda-tanda osteoporosis yang bisa dilihat, yakni perubahan postur tubuh dan kehilangan tinggi badan.

Kedua perubahan itu bisa disebabkan oleh tulang belakang yang melengkung atau terkompresi karena kelemahan maupun patah tulang kecil yang disebut kompresi faktur.

Seseorang harus menjalani proses screening untuk mengetahui dirinya menderita osteoporosis atau tidak. Dalam hal ini, wanita usia 65 tahun ke atas disarankan melakukan tes kepadatan tulang.

Tes kepadatan tulang yang paling umum adalah pemindaian DEXA (dual energy x-ray absorptiometry). Tes pada tulang belakang atau pinggul ini tidak menyakitkan dan cukup singkat.

Baca Juga: 3 Kelainan Bentuk Tulang Belakang pada Balita, Yuk Cari Tahu!

Kebiasaan Penyebab Osteoporosis

Apabila adalah anggota keluarga yang menderita osteoporosis atau Moms mengalami menopause dini, Mom disarankan untuk melakukan tes tersebut sebelum usia 65 tahun.

Karena osteoporosis juga bisa terjadi akibat faktor lain, seperti riwayat keluarga, menopause dini, tubuh kecil dan kurus serta penggunaan obat-obatan yang memengaruhi tulang.

Sementara itu, Moms juga perlu menghindari beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa menjadi penyebab osteoporosis.

1. Merokok

6 Kebiasaan yang Menyebabkan Osteoporosis

Foto: pixabay.com

Menurut National Institute of Health Osteoporosis dan National Resource Center Penyakit Tulang, orang yang merokok memiliki tingkat kepadatan tulang lebih rendah.

Edward Domurat, seorang ahli endokrinologi dari Kaiser Permanente South Bay Medical Center di Harbour City, California mengatakan merokok menghasilkan atom berbahaya, yakni radikal bebas yang bisa membunuh sel-sel untuk meningkatkan tulang.

Selain itu, merokok juga meningkatkan produksi hormon stres kortisol dan menghambat produksi hormon kalsitonin yang membantu membangun tulang.

2. Tidak Bergerak

6 Kebiasaan yang Menyebabkan Osteoporosis

Foto: istockphoto.com

Laila S. Tabatabai, asisten profesor kedokteran klinis di Houston Methodist dan Weill Cornell Medical College, mengatakan orang yang tidak atau jarang bergerak berisiko kehilangan tulang lebih cepat.

Perlu diketahui olahraga dapat membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Selain itu, olahraga juga membantu meningkatkan keseimbangan, postur tubuh dan fleksibilitas.

Baca Juga: Tanda-Tanda Kepadatan Tulang Berkurang, Bisa Berujung Osteoporosis!

3. Makan Asin

6 Kebiasaan yang Menyebabkan Osteoporosis

Foto: istockphoto.com

Frederick Singer, direktur program endokrinologi dan penyakit tulang di John Wayne Cancer Institute di Providence Saint John Health Center Santa Monica, mengatakan ada korelasi antara asupan garam yang tinggi dengan kepadatan tulang lebih rendah.

Saat asupan natrium meningkat, tubuh akan melepaskan lebih banyak kalsium dalam urine. Faktanya, wanita dewasa dapat kehilangan 1 persen dari kepadatan tulang mereka setiap tahun dengan makan satu gram tambahan sodium per hari.

American Heart Association juga merekomendasikan untuk mengonsumsi kurang dari 2.300 miligram sodium setiap hari. Sedangkan orang dewasa tidak boleh makan lebih dari 1.500 miligram per hari.

4. Sering Minum Kopi

6 Kebiasaan yang Menyebabkan Osteoporosis

Foto: istockphoto.com

Jonathan Lee, seorang dokter spesialis ortopedi di Montefiore Health System di Bronx, New York dilansir dari thehealthy.com, mengatakan minum kopi selama sebulan mungkin tidak menimbulkan masalah apapun dan baik untuk kesehatan.

Tetapi, asupan kafein yang berlebih bisa memengaruhi kepadatan tulang pada wanita yang lebih tua. Karena kafein berdampak pada jumlah estrogen yang signifikan. Sehingga bis amenimbulkan masalah bagi wanita yang lebih tua.

Baca Juga: 3 Kelainan Bentuk Tulang Belakang pada Balita, Yuk Cari Tahu!

5. Minuman Bersoda

6 Kebiasaan yang Menyebabkan Osteoporosis

Foto: istockphoto.com

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa soda berkaitan dengan keropos tulang, tetapi alasan belum jelas. Menurut Klinik Cleveland, kondisi itu bisa disebabkan oleh kafein atau kadar asam fosfat dalam minuman bersoda yang bisa melepaskan kalsium dari tulang.

Meski begitu, belum ada bukti bahwa asam fosfat dalam minuman bersoda bisa mengurangi kalsium dalam tubuh. Namun, ahli menyarankan Moms harus mendapat asupan kalsium yang cukup jika ingin konsumsi minuman bersoda.

6. Makan Steak

6 Kebiasaan yang Menyebabkan Osteoporosis

Foto: istockphoto.com

Diet Paleo yang berfokus pada protein, bisa berakibat buruk pada kepadatan tulang karena mengonsumsi terlalu banyak daging.

Sebab, diet tinggi protein dapat menyebabkan ginjal mengeluarkan lebih banyak kalsium. Kehilangan kalsium ini dapat berkontribusi pada penurunan kepadatan mineral tulang yang menyebabkan osteoporosis.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan protein menyebabkan tubuh menyerap lebih banyak kalsium. Jadi, lebih baik Moms mengonsumsi daging dalam jumlah sedang.

Nah, itulah berbagai kebiasaan yang menjadi penyebab osteoporosis. Lebih baik Moms hindari sekarang juga, ya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait