Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Fashion & Beauty | Apr 6, 2018

6 Kiat Memakai Makeup Saat Kulit Sedang Berjerawat

Bagikan


Merawat wajah berjerawat memang gampang-gampang susah. Sebab, kulit pada kondisi seperti ini memiliki tingkat sensitivitas lebih tinggi.

Menggunakan make up yang bahan kimianya tak cocok akan menyebabkan jerawat membandel timbul dan semakin memperparah kondisi kulit. Akan tetapi, jika tak menggunakan make up apalagi saat beraktivitas juga akan membuat penampilan kurang maksimal, bukan?

Nah, jangan khawatir! Anda tetap bisa menggunakan make up meskipun wajah sedang berjerawat, asalkan mencermati kiat berikut ini:

 

1. Pilih light make up cosmetics dari bahan alami

Di dalam produk kosmetik yang kini beredar luas di pasaran, ada banyak merek yang mengandung bahan berbahaya dan dapat merusak kulit. Toksin yang dihasilkan dari bahan tersebut juga bisa memicu berbagai penyakit mematikan seperti kanker kulit.

Untuk itu, Anda harus waspada dan teliti sebelum membeli. Hal pertama yang wajib diperhatikan saat memilih make up adalah mencari produk yang berbahan dasar alami. Untuk wajah berjerawat, disarankan menggunakan produk kosmetik yang tinggi kandungan air karena lebih bersahabat dengan kulit.

 

2. Gunakan sunscreen sebagai pelindung

Meskipun kulit Anda berjerawat, jangan ragu untuk menggunakan sunscreen saat akan pergi keluar rumah di siang hari. Produk ini akan melindungi kulit dari terpaan sinar matahari yang berbahaya dan tak baik untuk proses penyembuhan jerawat. Sinar matahari yang mengenai kulit juga bisa menyebabkan munculnya flek dan noda hitam.

Gunakan sunscreen dengan SPF 30 untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Pilihlah water-based sunscreen atau light liquid-based gel karena lebih cocok diaplikasikan ke kulit yang berjerawat. Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih bedak tabur yang juga mengandung SPF.

3. Foundation, why not!

Mitos menyebutkan bahwa saat jerawatan sebaiknya tak menggunakan kosmetik apapun, apa lagi foundation. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. Zaman sekarang banyak produk kecantikan berbahan dasar air sehingga cocok digunakan untuk kulit berjerawat.

Oleh sebab itu, Anda tetap bisa memakai alas bedak saat sedang berjerawat selama memilih jenis produk yang tepat. Anda bisa memilih jenis foundation cair, bubuk, atau krim sesuai selera. 

4. Tetap gunakan moisturizer

Siapa bilang wajah yang berjerawat sudah cukup berminyak sehingga tak membutuhkan moisturizer? Apapun jenis kulit dan masalah yang dihadapi, Anda tetap memerlukan moisturizer untuk menjaga kelembapan dan mempertahankan tekstur kenyal wajah Anda.

Anda bisa memilih moisturizer yang berbahan dasar jojoba oil karena memiliki kandungan yang mampu meredakan peradangan dan mencegah terjadinya infeksi. Gunakan pelembap ini sesaat setelah Anda mengaplikasikan acne care cream.

5. Kurangi penggunaan scrub and masks

Berdasarkan pendapat para ahli, menggunakan scrub dan masker untuk kulit wajah yang berjerawat tak perlu dilakukan. Sebab, jerawat tak akan bisa sembuh atau berkurang dengan penggunaan scrub serta masker.

Namun, Anda sangat dianjurkan merawat wajah dengan cleansing dan toner yang bisa mengurangi peradangan serta menjaga kulit wajah selalu bersih. Pilihlah susu pembersih (cleansing) yang tinggi kandungan air, dan carilah toner yang dibuat khusus untuk wajah berjerawat serta bebas kandungan alkohol.

6. Gunakan bedak tabur

Wajah yang berjerawat umumnya disebabkan kondisi kulit yang berminyak. Hal ini bisa semakin parah dengan penggunaan bedak yang tidak tepat. Namun tenang saja, saat berjerawat bukan berarti Anda hanya bisa tampil ‘polos’ tanpa bedak. Menggunakan bedak tetap boleh, namun pilih yang berjenis powder (bedak tabur).

Bedak tabur bisa menyerap produksi minyak berlebihan pada wajah. Berbeda dengan pemakaian bedak padat atau two way cake yang tak bisa menyerap keringat dan malah akan menyumbat pori-pori kulit sehingga jerawat batu bisa timbul.

Saat wajah berjerawat, berilah waktu pada kulit Anda untuk ‘bernapas’ dengan tidak menggunakan make up yang berat. Pada malam hari, jangan lupa bersihkan wajah untuk menghindari penyumbatan pada pori-pori kulit yang akan memperparah jerawat.

Nah, sudah tidak perlu khawatir lagi kan menggunakan make up favorit meskipun sedang berjerawat?

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.