Selebriti

30 Desember 2017

6 Kilas Balik Perjuangan Jonghyun SHINee Hingga Menjadi Penyanyi Papan Atas di Korea

Tak disangka, konser terakhir seolah salam perpisahan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Setelah dikabarkan meninggal dunia karena bunuh diri di apartmentnya sendiri, Kim Jong-Hyun yang merupakan personil dari boyband SHINee seolah tak berhenti membuat para penggemarnya bersedih. Untuk mengobati kesedihan dari para penggemar, mari kita kilas balik perjalanan karir pria yang tutup usia di 27 tahun ini:

1. Memulai Trainee Sejak Usia Muda

shinee jonghyun
allkpop.com

Sejak masih duduk di bangku SMP, Kim Jong-Hyun memang sudah berbakat. Hal ini terlihat saat ia sudah mulai tergabung dalam sebuah grup musik di usia muda.

Selanjutnya, bakat itulah yang kemudian membawanya lolos dalam sebuah casting yang digelar oleh S.M Entertainment pada tahun 2005. Sebagai management yang sangat besar di Korea Selatan, S.M Entertainment inilah yang kemudian mempertemukan Jong-Hyun dengan Key, Minho, Taemin dan Onew ke dalam sebuah boyband bernama SHINee.

2. Bersinar Bersama SHINee

Jonghyun mulai dikenal dunia Kpop saat debut bersama boyband SHINee pada tahun 2008. Di bawah manajemen S.M. Entertainment, SHINee mengeluarkan berbagai lagu hits yang tak jarang pula didengarkan orang Indonesia. Salah satu lagu SHINee yang terkenal adalah Stand By Me yang merupakan soundtrack dari serial korea Boys Before Flower

3. Bergabung dengan Salah Satu Proyek S.M Entertainment

Sebagai lead vocal di boybandnya, Jong-Hyun tentu memiliki suara yang sangat merdu. Untuk itu, ia tergabung dalam sebuah project yang menggabungkan beberapa penyanyi dibawah naungan S.M Entertainment bertema S.M The Ballad pada tahun 2010.

Dalam project ini, Jong-Hyun berkolaborasi dengan Yesung “Super Junior”, Changmin “TVXQ”, Taeyeon “SNSD” dan masih banyak personil lainnya.

Baca Juga : 5 Fakta Mencengangkan Dibalik Kematian Jonghyun SHINee

4. Sosok yang Multitalenta

Selain bersuara merdu, Kim Jong-Hyun pun merupakan sosok yang memiliki banyak talenta seperti menciptakan lagu, menari hingga menyiarkan radio. Bila ingat lagu Juliette di album keempat SHINee itu merupakan lagu pertama yang ia tulis untuk SHINee.

Selain sibuk dengan SHINee, Jonghyun juga aktif sebagai penyiar radio sejak tahun 2014. Ia menjadi penyiar tetap dalam acara Blue Night di stasiun radio MBC.

5. Debut Solo

Jong-Hyun merupakan personil kedua SHINee yang melakukan debut solo setelah Taemin. Jonghyun debut solo pada tanggal 12 Januari 2015 dengan mini album pertamanya yang bertajuk BASE dan diikuti dengan mini album berikutnya yang berjudul Story OP.1 di tahun yang sama. Lagu –lagu yang diproduksi sendiri ini rupanya mengantarkan Jong-Hyun mendapatkan banyak penghargaan.

6. “Inspired” Sebagai Konser Terakhir

jonghyun shinee
allkpop.com

Tanggal 9 – 10 Desember lalu menjadi konser terakhir Jonghyun. Konser bertajuk “Inspired” yang digelar di Olympic Handball Stadium, Seoul, Korea Selatan ini seolah menjadi salam perpisahan darinya. Dalam konser ini pula , Jonghyun menampilkan karya-karya terbaiknya termasuk beberapa single hits-nya seperti Deja-Boo, She Is, Only One You Need, I’m So Curious, dan Take The Dive.

Itulah tadi sedikit kilas balik mengenai Kim Jong-Hyun dan perjalanan karirnya yang begitu gemilang. Meski meninggalkan kesedihan namun Jong-Hyun akan terus dikenang manis di hati para penggemarnya.

(MDP)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait