Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Anak | Mar 6, 2018

6 Makanan dan Minuman yang Memicu Batuk Pada Anak

Bagikan



Saat Si Kecil batuk, Moms tentu tak tega melihatnya. Ternyata faktor yang menyebabkan Si Kecil batuk tak hanya dari virus saja, tetapi juga berasal dari beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu batuk pada Si Kecil.

Mari simak apa sajakah makanan tersebut guna mencegah Si Kecil menderita batuk:

Makanan Manis

Si Kecil tentu gemar sekali dengan makanan manis, terlebih jika berbentuk permen yang warna-warni. Meski terlihat enak, namun ternyata tingkat konsumsi permen yang tinggi dapat menyebabkan risiko batuk.

Hal ini disebabkan karena adanya kandungan gula sederhana di dalam permen yang menyebabkan terganggunya system kekebalan tubuh.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa Si Kecil mengalami batuk pada malam hari, rata-rata disebabkan karena mengkonsumsi makanan manis sepanjang hari.

Minuman Dingin

Hampir setiap anak kecil rasanya menyukai es krim, selain dingin rasanya juga manis dan gurih. Sebenarnya es bukanlah penyebab utama batuk, namun air dingin tersebut dapat menyebabkan rangsangan alergi serta iritasi.

Alergi dan iritasi tersebutlah yang kemudian menimbulkan batuk. Tak hanya batuk, penyakit saluran pernapasan seperti radang tenggorokan juga bisa muncul karena adanya penurunan daya tahan terhadap udara dingin.

Gorengan

Selain jenis makanan manis dan dingin, gorengan juga termasuk salah satu makanan yang menyebabkan batuk.

Batuk tersebut dikarenakan gorengan dapat menyebabkan gatal, dimana rasa gatal tersebut berasal dari zat akrolein yang muncul karena proses penggorengan yang sangat panas.

Tanda makanan yang mengandung zat akrolein adalah ditandai dengan munculnya asap saat menggoreng. Hal tersebutlah yang kemudian mengakibatkan tenggorokan gatal dan batuk.

Baca Juga : Anak Batuk Pilek, Jangan Asal Inhalasi Dengan Nebulizer!

Produk Olahan Susu

Beberapa penelitian menunjukkan, ternyata berbagai produk olahan susu akan menyebabkan kelenjar lendir bekerja dengan cepat.

Hal ini pada akhirnya akan mengakibatkan penumpukan lendir di dalam paru-paru dan saluran pernapasan dan berakibat batuk berdahak.

Selain batuk berdahak, segala jenis produk olahan susu tidak baik untuk dikonsumsi pada saat Si Kecil sudah mulai mengalami gejala batuk kering dan pilek.

Ada baiknya jika Moms dapat menjaga asupan susu dan produk olahan susu untuk Si Kecil terutama ketika menderita batuk kering dan pilek. Susu dan produk olahan susu juga dapat mengakibatkan sesak nafas, lho.

Makanan kemasan

Makanan kemasan juga termasuk dalam salah satu jenis makanan yang sebaiknay dihindari untuk Si Kecil. Terlebih saat mereka sudah terkena batuk dan pilek.

Makanan dalam kemasan mengandung bahan tambahan yang sangat tidak baik bagi tubuh seperti bahan pengawet dan perasa makanan.

Selain itu, makanan dalam kemasan ini pula dapat menyebabkan alergi yang buruk untuk sistem pernafasan, yang hanya akan memperburuk batuk kering Si Kecil.

Keripik

Nah, terkadang Si Kecil gemar sekali dengan rasa gurih dari keripik.

Namun tahukah Moms? pada dasarnya keripik telah melalui berbagai macam proses pengeringan yang mengandung banyak zat kimia atau hanya dengan digoreng dengan minyak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Ketika Si Kecil memakan keripik tersebut maka keripik tersebut dapat mengenai bagian tenggorokan yang bisa menyebabkan gatal dan tidak nyaman. Sebagai akibatnya tenggorokan Si Kecil menjadi sangat kering sehingga dapat mengalami batuk.

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari Si Kecil, sebenarnya sah saja untuk dikonsumsi, namun tak boleh dalam kadar yang berlebihan ya, Moms.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.