Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Bayi | Feb 4, 2018

6 Makanan yang Bisa Membuat Balita Meninggal karena Tersedak

Bagikan


Meski Moms memberikan Si Kecil makanan yang memang khusus untuk bayi atau balita, namun tak jarang makanan-makanan tersebut rentan menyebabkan Si Kecil tersedak.

Yang mengenaskan, tersedak makanan tentu menyumbat saluran pernapasan dan bisa menimbulkan kematian mendadak.

Tak heran American Academy of Pediatrics pun menyatakan tersedak adalah salah satu penyebab utama kematian anak-anak di bawah usia tiga tahun.

Baca Juga : 7 Hal Sepele Ini Bisa Bahayakan Bayi!

Lalu kira-kira makanan apa saja, ya, yang dapat membuat Si Kecil tersedak? Simak beberapa ulasan makanan berikut:

1. Popcorn

Moms dan juga Si Kecil pasti gemar mengonsumsi makanan yang satu ini. Selain rasanya yang gurih, cara membuatnya pun mudah. Namun tahukah Moms ternyata popcorn termasuk dalam makanan yang tak boleh dikonsumsi Si Kecil sebelum berusia 5 tahun?

Dilansir dari sebuah media asing, seorang balita tersedak saat memakan popcorn hingga harus segera dilarikan ke rumah sakit. Sebelum meninggal, nyawanya memang sempat terselamatkan namun mengalami kerusakan otak parah. Duh, menyeramkan, ya!

Baca Juga : Bahaya! Jauhkan 5 Benda Ini dari Si Kecil

2. Bakso

Bakso memang makanan yang familiar dinikmati sehari-hari. Namun, membawa risiko kematian karena dapat menyebabkan tersedak.

Seperti yang terjadi di Washington DC, seorang anak dilarikan ke rumah sakit karena tersedak bakso. Meski telah dilakukan manuver Heimlich dan cardiopulmonary resuscitation (CPR) untuk menyelamatkannya, nyawa anak tersebut tetap tak tertolong.

3. Permen

Rasanya yang manis dan bentuknya yang lucu tak jarang membuat Si Kecil pasti gemar mengunyah permen. Namun, permen merupakan makanan yang dapat membuat Si Kecil tersedak.

Hal tersebut dikarenakan Si Kecil tak jarang menelan permen tersebut secara langsung sehingga langsung menuju ke lambung, padahal permen itu berisiko mampir di tenggorokan dan membuatnya tersedak. Karena hal ini pula anak dapat mengalami gagal bernapas akibat saluran pernapasannya tersumbat. 

4. Sayuran

Meski sehat, sayur dapat menyebabkan Si Kecil tersedak. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan sayur memiliki tekstur yang masih susah untuk dicerna Si Kecil.

Untuk itu, guna mempermudah Si Kecil dalam mengkonsumsinya, Moms terlebih dahulu harus mengolahnya hingga potongan kecil sehingga mudah dikunyah atau bahkan memblendernya hingga halus agar Si Kecil mudah menelannya.

5. Tulang Ikan / Ayam

Tak hanya Moms lho yang bisa tersedak tulang, Si Kecil pun bisa. Ingat Moms, Si Kecil masih belum memiliki kemampuan untuk memisahkan tulang dari makanannya sendiri. Sehingga Moms perlu kewaspadaan lebih saat memberika mereka makanan yang mengandung tulang.

Pastikan Moms sudah melepaskan semua tulang dari ikan atau ayam yang Si kecil makan.

6. Susu Formula dan ASI

Untuk yang satu ini, Moms perlu kewaspadaan yang lebih karena Si Kecil mengkonsumsinya setiap hari bahkan hampir setiap saat.

Tersedak susu atau ASI merupakan hal yang sering terjadi, dimana hal ini biasanya disebabkan mungkin karena posisi saat memberikannya yang salah.

Guna menghindari hal ini terjadi, Moms harus lebih memperhatikan posisi Moms saat menyusui. Jangan sampai Si Kecil tersedak karena proses ASI yang dicerna dari mulut, ke tenggorokan hingga ke perutnya menjadi tidak lancar dan mengakibatkan tersedak.

Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

Selain sejumlah hal diatas, masih banyak lagi makanan yang dapat membuat Si Kecil tersedak.
Seperti kacang-kacangan hingga daging. Nah, bila Si Kecil sampai tersedak, lakukan hal-hal berikut sebagai pertolongan pertama.
1. Tepuk Punggung Si Kecil
Hal pertama yang dapat Moms lakukan adalah berikan 5 kali tepukan antara tulang belikat anak dengan tumit telapak tangan
2. Tekan Dada
Langkah berikutnya adalah dengan melakukan 5 tekanan pada Si Kecil, lakukan penekanan pada dada karena menekan perut dapat menyebabkan cedera.
3. Letakkan dengan Posisi Telungkup
Pada bayi, Moms bisa meletakkannya dengan posisi telungkup dan kepala lebih rendah. Kemudian tepuk lembut punggung bayi menggunakan tumit telapak tangan.
Kombinasi antara gravitasi dan kekuatan dari tepukan tangan akan mengeluarkan makanan yang menghalangi saluran pernapasan bayi.

Baca Juga :  Balita Makan Anggur Utuh, Hati-Hati Tersedak

Selain menghindari makanan-makanan tadi, tentu Moms harus selalu mengawasi Si Kecil saat sedang makan.
Jangan biarkan ia mengunyah makanan sambil berlari atau berbaring, ya, Moms, agar tak terjadi risiko tersedak yang bisa timbulkan kematian.

(MDP)
Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.