3-5 tahun

30 Desember 2020

6 Manfaat Menggambar Bagi Perkembangan Otak Anak Untuk Persiapan Sekolah

Ada segudang manfaat menggambar yang bisa didapatkan Si Kecil untuk pertumbuhan otak yang maksimal!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menggambar merupakan proses alami yang akan dilakukan oleh semua anak. Sejak bayi, Si Kecil sudah mulai bereksperimen dengan aneka alat yang bisa dibuat menggambar dan membuat tanda di atas kertas. Seiring pertumbuhan, anak akan merasakan manfaat menggambar dalam dirinya.

Dilansir dari Early Childhood Central, Si Kecil sudah mampu menggambar bentuk abstrak sejak usia 2 tahun dan di usia 5 tahun dia sudah bisa menggambar orang yang lebih proporsional dan detail.

Mungkin Moms menganggap itu hanya keisengan atau hiburan untuk Si Kecil, padahal menggambar punya manfaat untuk pertumbuhan otak anak, terutama di usia pra sekolah.

Baca Juga: Balita Senang Menggambar di Tembok, Jangan Dimarahi!

Manfaat Menggambar yang Bantu Tumbuh Kembang Otak Anak

Moms harus lebih tahu apa saja manfaat menggambar yang bisa diperoloeh oleh Si Kecil untuk tumbuh kembang otak dan persiapannya sekolah. Dengan begitu Moms bisa mencari cara yang tepat untuk membantu kegiatannya itu. Cek manfaat menggambar berikut ini!

1. Melatih Kecerdasan Motorik Halus

Menggambar1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat menggambar yang pertama adalah melatih keterampilan motorik halus anak. Keterampilan ini mencakup semua gerakan khusus tangan, pergelangan tangan, dan jari. Penting bagi anak untuk mengembangkan keterampilan motorik halus yang kuat di usia muda.

Semua itu bisa dilatih dengan belajar memegang crayon atau pensil warna. Menggambar menghasilkan sebuah bentuk yang berubah tergantung pada alat yang digunakan Si Kecil dan bagaimana dia menggunakannya.

Hasil gambar tersebut akan membantu anak mengidentifikasi cara terbaik untuk menghasilkan bentuk yang diinginkan. Jika sudah terbentuk sempurna artinya motorik halus Si Kecil sudah bekerja baik.

Baca Juga: Kemampuan Motorik Bayi Terlambat Berkembang? Mungkin Ini Penyebabnya

2. Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan

anak menulis menggambar.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kecil tidak hanya membutuhkan koordinasi mata dan tangan untuk melakukan tugas sehari-hari, tetapi juga penting untuk berolahraga dan belajar membaca dan menulis di sekolah.

Dilansir dari Psychology Today, menurut William R. Klemm Ph.D., Profesor Senior Ilmu Saraf di Texas A&M University, Amerika Serikat, otak anak perlu melacak posisi pensil dan mengontrol gerakan tangan dan jarinya.

Saat membaca, otak Si Kecil secara visual akan melacak gerakannya sendiri dari kiri ke kanan dan turun ke baris berikutnya. Moms bsa membantu anak mendapatkan manfaat menggambar ini dengan menuntun dan memfasilitasi kebiasaan menggambarnya.

3. Meningkatkan Kemampuan Mengingat

Mengintip Makna Psikologis Di Balik Warna Yang Digunakan Anak Saat Menggambar 2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menurut penelitian dalam jurnal The Effect of Drawing on Memory Performance in Young Children, ditemukan fakta bahwa anak-anak dapat belajar mengingat sesuatu dengan lebih efektif melalui aktivitas kreatif, seperti menggambar.

Dengan menggambar dari ingatan, Si Kecil dapat meningkatkan ingatan visual mereka ketika sedang mengingat detail dari apa yang telah mereka lihat.

Manfaat menggambar ini juga membantu anak-anak untuk mengingat pengalaman baik dan buruk serta mengekspresikan reaksinya terhadap peristiwa ini, melalui gambar.

Baca Juga: 7 Makanan Peningkat Memori Anak

4. Membangun Kemampuan Memecahkan Masalah

Tidak-hanya-membantu-cepat-hamil,-folic-acid-juga-menghasilkan-anak-lebih-pintar-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Saat menggambar, anak dihadapkan pada berbagai keputusan tentang arah garis yang mau ditarik sehingga bisa membantu bintang atau warna yang mau dipakai untuk pohon.

Semua pertanyaan itu mengharuskan Si Kecil untuk memecahkan masalah. Untuk dapatkan manfaat menggambar yang maksimal, Moms bisa tanyakan alasan mereka menggambar dengan cara tersebut atau kenapa menggunakan warna tertentu, dan lihat solusi apa yang mereka temukan.

Otak Si Kecil akan diajak berpikir kritis dan menemukan jalan keluar dengan cepat. Kemampuan itu akan sangat membantunya saat memasuki dunia sekolah nanti.

5. Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi

5 manfaat menggambar untuk kecerdasan balita hero

Foto: Orami Photo Stock

Jola Sung, Penasihat Pendidikan di Grup Pendidikan Afinitas, mengungkapkan bahwa anak-anak adalah komunikator yang efektif dan melalui seni kreatif, mereka belajar membuat makna dan dengan bebas mengekspresikan pikiran, ide dan perasaan mereka.

Setiap kali menggambar, Si Kecil mengakses imajinasinya dan membuat representasi bentuk dari apa yang ada dalam pikiran mereka. Manfaat menggambar yang satu ini tentu melatih otak anak berpikir out of the box.

Menggambar juga meningkatkan banyak fungsi kognitif otak Si Kecil yang biasanya disebut oleh para penelisi sebagai aktvitas otak kanan.

Baca Juga: Anak Bermain dengan Teman Imajinasi, Bolehkah?

6. Melatih Fokus dan Konsentrasi

4 cara menyenangkan mengatasi balita yang suka menggambar di dinding 2

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Early Development Therapy Consultants, anak usia 3-4 tahun mempunyai rentang fokus kurang lebih 10 menit pada satu jenis aktivitas. Setelah itu mereka akan terganggu oleh banyak hal di sekelilingnya.

Manfaat menggambar jika dilakukan dengan rutin adalah membantu menyediakan waktu untuk membangun konsep konsentrasi dan fokus pada Si Kecil. Konsep ini akan sangat penting untuk keberhasilan akademis anak-anak di sekolah nanti.

Dengan menggambar Si Kecil akan mempelajari cara mengamati detail kecil dan berkonsentrasi untuk mencapai gambar yang diinginkan.

Baca Juga: Yuk, Berikan 9 Makanan Kaya Zat Besi Ini untuk Anak

Cara Memberikan Manfaat Menggambar yang Maksimal Pada Anak

Moms bisa mulai membantu memberikan manfaat menggambar pada anak dengan cara termudah, yaitu memfasilitasi kebutuhannya untuk menggambar. Mulailah persiapkan media untuk si kecil menggambar dan alat untuk mewarnainya.

Moms juga bisa menyediakan satu sudut khusus di rumah sebagai tempatnya menggambar. Jadi, daripada dia mencoret tembok rumah, Moms bisa mengarahkannya ke sudut tersebut.

Selain bantuan dari luar, Moms juga bisa memberikan bantuan dari dalam dengan memberikan asupan yang kaya nutrisi, seperti susu Bebelac 4.

Diperkaya dengan Minyak ikan, Omega 3, Omega 6, dan FOS:GOS 1:9, Bebelac 4 merupakan nutrisi tepat untuk membantu stimulasi yang Moms berikan supaya Si Kecil tumbuh hebat.

Susu khusus anak prasekolah ini juga dilengkapi 13 vitamin dan 9 mineral dengan kandungan Zat Besi, Zinc, Vitamin A, dan Kalsium untuk pertumbuhan yang optimal. Manfaat menggambar yang Moms berikan bisa terserap sempurna ke otak Si Kecil.

(ADV)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait