3-12 bulan

20 Mei 2019

6 Manfaat Sayuran dan Buah Oranye untuk MPASI Bayi

Si Kecil tumbuh sehat dengan sayuran dan buah oranye
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Manfaat sayuran dan buah oranye seperti pisang, jeruk, paprika kuning, jagung, dan labu sangat baik untuk tubuh, apalagi untuk tubuh bayi.

Bila saatnya ibu mengganti ASI dengan MPASI untuk bayi, langkah pertama yang penting untuk ibu lakukan adalah mengenalkan bayi dengan sayuran, baik dalam segi nutrisi maupun mengenalkan rasa baru.

Mengenalkan buah hati pada sayuran sejak dini, dapat membuat Si Kecil terbiasa dan menyukai sayuran. Sehingga ketika berajak dewasa, Moms tidak harus menghadapi anak yang suka memilah-milah makanan.

Ada banyak sayuran yang bisa kita beri untuk anak, selain sayur hijau, manfaat sayuran dan buah oranye juga baik untuk nutrisi Si Kecil. Apa saja manfaat yang diberikan? Yuk kita simak.

Baca Juga: Siap Memperkenalkan MPASI Pada Si Kecil Dengan 6 Cara Ini

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

5243aa3e8234ada37070.jpg

Tubuh bayi yang masih kecil, sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Jenis sayur dan buah ini mengandung banyak flavonoid, zeaxanthin, potasium, lycopene, vitamin C, serta beta karoten.

Zat-zat tersebut dipercaya mampu meningkatkan kesehatan kulit dan mata bayi, sehingga cocok untuk MPASI bayi.

Selain itu, manfaat sayuran dan buah oranye ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

2. Menurunkan Risiko Stroke

496266701M-e1489286279917.jpg

Menurut American Heart Association (AHA), mengonsumsi sayuran dan buah oranye seperti jeruk atau jeruk bali dalam jumlah yang tinggi, dapat menurunkan risiko stroke iskemik pada wanita.

Mereka yang mengonsumsi jeruk dalam jumlah banyak, memiliki risiko stroke iskemik 19% lebih rendah dibandingkan wanita lain yang makan sedikit buah jeruk atau tidak sama sekali.

Baca Juga: 4 Cara Aman Memanaskan MPASI Ini Bisa Diiikuti di Rumah

3. Menurunkan Tekanan Darah

hautpflegemythen-carotin.jpg

Mempertahankan asupan natrium rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium juga penting karena efek vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah).

Menurut Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES) Amerika Serikat, kurang dari 2 persen orang dewasa memenuhi rekomendasi 4700 mg setiap hari.

Penting juga untuk diketahui, asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian sebesar 20 persen.

4. Mencegah Kanker

papaya-benefits-1296x728-feature.jpg

Selanjutnya, manfaat sayuran dan buah oranye untuk tubuh adalah mencegah kanker.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh The American Journal of Epidemiology, mengonsumi pisang, jeruk, dan jus jeruk dalam dua tahun pertama kehidupan, mampu mengurangi resiko leukemia pada anak-anak.

Sebagai sumber antioksidan vitamin C yang paling kuat, jeruk juga dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas penyebab kanker.

Sementara asupan vitamin C yang diperlukan dan sangat bermanfaat sebagai antioksidan, jumlah yang diperlukan untuk memerangi kanker pun harus lebih banyak dari yang biasa kita makan.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi pada Ibu Hamil

5. Mengobati Diabetes

sweet-potato-healthy-food-gettyimages-953702790.jpg

Penderita diabetes memerlukan asupan serat dalam jumlah tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah.

Kandungan serat yang tinggi bisa diperoleh dari buah pisang. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 3 gram serat.

Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan penderita diabetes wanita untuk mengonsumsi 21-25 g serat/ hari, sedangkan untuk pria sekitar 30-38 g/ hari.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

tmg-facebook_social.jpg

Kandungan serat, potasium, vitamin C, dan kolin pada buah jeruk, mampu menjaga kesehatan jantung.

Menurut dr. Mark Houston, seorang profesor kedokteran klinis di Vanderbilt Medical School dan direktur dari Institut Hipertensi di Rumah Sakit St. Thomas di Tennessee, peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan natrium adalah penting untuk dilakukan, karena dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Wah, banyak sekali ya Moms manfaat sayuran dan buah oranye untuk tubuh. Karenanya untuk MPASI bayi, sebaiknya Moms mengenalkan sayuran dan buah berwarna oranye ini untuk memberikan manfaat yang maksimal.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait