Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




ASI & MPASI | Sep 30, 2018

6 Menu MPASI untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Bayi 6-12 Bulan

Bagikan


Sistem kekebalan tubuh bayi masih terus berkembang dalam beberapa tahun awal kehidupannya. Bagi bayi baru lahir, Moms bisa membantu mengembangkan daya tahan tubuhnya cukup dengan memberikan ASI eksklusif. Sementara setelah berusia 6 bulan, Moms perlu menambah asupannya dengan makanan pendukung ASI (MPASI) untuk daya tahan tubuh bayi.

Adapun menu MPASI yang diyakini bermanfaat membantu mengembangkan daya tahan tubuh bayi diantaranya bisa Moms temukan di bawah ini.

1. Menu MPASI yang Mengandung Beta Karoten

foto: foodrecipesearch.com

Umbi yang memiliki warna kuning-oranye seperti ubi jalar mengandung beta karoten yang diproses oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin yang terkandung di dalam ubi jalar ini penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Selain itu, wortel, labu, mangga, dan sayuran hijau yang mengandung warna gelap merupakan sumber beta karoten lain yang bagus diolah menjadi MPASI bayi.

2. Menu MPASI dengan Protein

foto: pinterest.com

Asam amino dalam protein berfungsi dalam pembangunan sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh. Cara sistem kekebalan tubuh melawan kuman adalah dengan cara meningkatkan jumlahnya sendiri dan untuk melakukan ini dibutuhkan protein.

Jadi, untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil, Moms perlu memberikan MPASI dengan menu yang mengandung ayam, telur, ikan, domba, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Perhatikan Baik-baik, Inilah 6 Makanan yang Harus Dihindari Bayi dan Alasannya

3. Menu MPASI dengan Asam Lemak Esensial dan Vitamin E

foto: thebump.com

Avokad merupakan salah satu menu MPASI untuk bayi yang mengandung vitamin E, antioksidan tinggi, dan vitamin B6, yang membantu membangun sel-sel sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan respon kekebalan.

Selain itu, asam lemak omega-3 dalam avokad juga membantu tubuh untuk menyerap nutrisi lebih baik, yang berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Haluskan avokad sebelum disajikan. Bagi bayi yang berusia sekitar 10 bulan, Moms juga bisa mencoba untuk menyajikan jus alpukat tanpa gula dengan toping yang beragam.

4. Menu MPASI yang Mengandung Prebiotik

foto: 30seconds.com

Prebiotik menjadi bakteri baik yang membantu tubuh bayi melawan infeksi. Sehingga menu MPASI yang mengandung prebiotik sangat disarankan untuk bayi. Pisang dan tomat adalah sumber probiotik alami yang bisa Moms kenalkan pada bayi sejak berusia 6 bulan.

5. Menu MPASI Berupa Biji-bijian

foto: thevintagemixer.com

Biji-bijian kecil yang bergizi seperti beras merah mengandung magnesium mineral esensial dan selenium, yang berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus memperkuat daya tahan tubuh terhadap infeksi virus.

Hidangkan menu MPASI untuk daya tahan tubuh ini dalam bentuk puree, ditambah sayuran, daging, atau buah-buahan. Puree beras merah juga bagus dihidangkan dengan dicampur pisang panggang dan buah-buahan kering yang sudah direbus.

Baca Juga: Tambah Berat Badan Bayi dengan 3 Resep MPASI Ini!

6. Menu MPASI Berupa Sayur dan Buah

foto: momjuction.com

Untuk sistem kekebalan tubuh yang benar-benar sehat, bayi perlu mendapatkan asupan vitamin dan mineral lain dari menu MPASI-nya, seperti vitamin A, selenium, seng, dan magnesium.

Cara terbaik untuk memastikan Si Kecil mendapatkan asupan yang dibutuhkannya yakni dengan memberinya menu MPASI seimbang dan bervariasi yang kaya buah dan sayuran, kacang-kacangan, dan produk susu.

Berikan SI Kecil satu makanan baru dan tunggu selama lima hari sebelum kembali mengenalkan yang berikutnya. Cara ini akan membantu Moms mengidentifikasi alergi terhadap makanan tertentu, jika mungkin ia memilikinya.

Itulah menu MPASI yang bisa diberikan untuk daya tahan tubuh bayi. Apakah MPASI yang Moms hidangkan untuk Si Kecil sudah memenuhi asupan yang dibutuhkan dalam meningkatkan kekebalan tubuhnya?

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.