Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Jalan-jalan | May 18, 2018

6 Museum di Jakarta Ini Punya Cerita Seram di Baliknya

Bagikan



Museum memang tempat yang tepat untuk belajar tentang sejarah secara lebih nyata. Banyak pengalaman dan pengetahuan yang bisa didapatkan dari berkunjung ke museum.

Namun, sebagai tempat penyimpanan benda sejarah, museum kadang punya aura yang sedikit menakutkan. Bagi beberapa orang yang peka, museum selalu berhasil membuat bulu kuduk merinding.

Di Jakarta, setidaknya ada enam museum yang punya cerita mistis. Apa saja ya? Simak yuk daftarnya.

1. Museum Fatahillah

Museum yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta ini punya kisah mistis. Konon, bangunan ini pernah menjadi lokasi hukuman mati lho Moms. Di bagian bawah tanah museum ini juga dulunya merupakan tempat penyiksaan.

Bangunannya yang tua dan eksotis menyimpan banyak misteri yang sering jadi perbincangan. Salah satunya suara tangis perempuan dan penampakan orang-orang Belanda zaman penjajahan dulu.

Baca Juga : Yakin Berani Makan Di Sini? Ini 5 Restoran Tema Horor Paling Menyeramkan di Dunia

2. Museum Keprajuritan Indonesia

museum keprajuritan, museum angker di jakarta

indonesiakaya.com

Museum Keprajuritan Indonesia yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah ini punya kesan yang membuat para pengunjungnya merinding. Arsitektur berupa kastil mengingatkan kita akan gaya bangunan abad pertengahan. Belum lagi bentengnya.

Di dalam, patung-patung, diorama, serta koleksi beragam senjata dan pakaian perang menjadi pemandangan yang agak sedikit menakutkan. Boneka peraga yang ada dalam museum tersebut mirip sekali seperti manusia. Sehingga ketika melewatinya, kita akan merasa mereka seolah-olah hidup.

3. Museum Bahari

Kisah mistis di Museum Bahari beda lagi. Di museum yang menceritakan kisah perjalanan kehidupan maritime Nusantara ini kerap muncul penampakan-penampakan.

Menurut warga sekitar, penampakan gadis Belanda dan suara tangisan perempuan kerap muncul. Ada juga kabar bahwa beberapa warga sempat melihat penampakan anak kecil sedang bermain di atas Meriam yang ada di baguan depan museum.

4. Museum Wayang

sportourism.id

Bangunan yang sekarang jadi museum ini dulunya merupakan makam Belanda. Sampai sekarang masih ada prasasti di dalamnya yang menandakan bahwa pernah ada makam di situ.

Para penjaga mengiyakan bahwa di sana banyak penampakan dan kejadian gaib. Mulai dari wayang yang bisa gerak sendiri sampai penampakan hantu tanpa kepala yang dipercaya sebagai arwah Jan Pieterzon Coen.

Bukan hanya itu, tiap sudut di museum ini konon dijaga oleh mahluk-mahluk halus lainnya. Seperti perempuan berbaju merah yang ada di depan pintu masuk serta gamelan keramat yang tidak boleh dimainkan oleh pengunjung jika tidak mau “diganggu”.

5. Museum Lubang Buaya

Museum Lubang Buaya atau yang juga dikenal sebagai Monumen Kesaktian Pancasila ini konon merupakan museum terangker. Betapa tidak, menurut sejarah, para pahlawan revolusi disiksa dan dikubur di lokasi tersebut.

Di museum ini terdapat reka ulang penyiksaan berupa patung-patung yang dalam kondisi penuh darah. Di tempat ini juga terdapat sumur yang dijadikan tempat mengubur mayat para Jendral. Dengan banyaknya patung-patung penyiksaan yang menyeramkan itu akan membuat moms ogah datang ke sini sendirian.

Banyak isu yang berkembang bahwa darah-darah bikinan yang ada di patung suka berubah jadi darah betulan. Selain itu, sering juga terdengar suara teriakan dan tangisan dari dalam sumur.

6. Museum Taman Prasasti

museum taman prasasti

iradiofm.com

Terletak di kawasan Tanah Abang Jakarta Pusat, museum ini awalnya merupakan pemakaman umum bernama Kebon Jahe Kober yang dibangun pada akhir abad 18 tepatnya pada 1795. Pada 1977, Pemakaman Kebon Jahe Kober resmi dijadikan museum oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin.

Di sini berdiri prasasti yang dihiasi tengkorak Pieter Erbelrveld tertancap pada pedang. Tengkorak tersebut awalnya asli, tapi kemudian diganti dengan tiruan. Ia adalah seorang campuran Jerman dan Thailand yang membenci orang-orang Belanda. Dia kemudian tewas dihukum gantung oleh pemerintah Belanda.

Para pengunjung yang datang ke museum diketahui ada yang pernah menyaksikan tengkorak itu mengeluarkan air mata. Pengunjung juga dikabarkan mendengar suara tangisan yang diketahui berasal dari prasasti Pieter Erbelrveld.

Nah Moms, itulah enam museum angker yang ada di Jakarta. Museum mana saja yang sudah pernah Moms kunjungi? Masih berani pergi ke museum-museum itu sendirian?

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.