Newborn

6 Mei 2019

6 Produk Perawatan Bayi yang Juga Bisa Digunakan oleh Orang Dewasa

Tak hanya digunakan untuk bayi, produk ini juga bisa Moms gunakan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Produk bayi dikenal memiliki aroma yang khas, baik itu losion, bedak bayi, atau bahkan parfum yang memiliki 'aroma bayi'. Tetapi, perlu diketahui bahwa produk-produk bayi ini juga bisa digunakan oleh orang dewasa loh, Moms.

Meski diperuntukkan bagi bayi, produk-produk khusus bayi ini juga memberikan manfaat jika dipakai oleh orang dewasa, dan tentu saja aromanya yang bikin Moms semakin jatuh cinta dengan Si Kecil.

Jangan khawatir akan tinggalkan reaksi tertentu untuk kulit, karena produk bayi berikut ini juga cocok untuk kulit orang dewasa.

1. Losion Bayi

produkbayi2

Foto: stocksy.com

Losion bayi biasanya ringan dan lembut di kulit bayi, memiliki tekstur tebal dan cukup bergizi untuk kulit orang dewasa juga.

Setelah mandi, Moms bisa menggunakan lotion Si Kecil untuk kulit. Kulit Moms akan lembut dan halus serta berbau segar.

Moms pun memiliki aroma bayi yang khas dan menyegarkan sepanjang hari.

Baca Juga: Cara Memotong Kuku Bayi yang Benar Agar Tak Melukai Jarinya

2. Bedak Bayi

produkbayi1

Foto: usatoday.com

Bedak bayi memiliki banyak kegunaan. Terutama jika Moms memiliki kulit yang kerap mengalami alergi atau gatal karena perubahan cuaca yang ekstrem.

Bedak bayi memberikan perlindungan terhadap area sensitif kulit Moms, atau di bagian di mana keringat menumpuk. Dengan taburan bedak bayi, Moms akan merasa segar dan aromanya juga enak.

Kegunaan bedak bayi yang lain untuk kecantikan, termasuk dapat menjadi sampo kering untuk mengurangi kadar minyak di rambut saat Moms belum sempat keramas namun harus buru-buru pergi ke luar.

Tak hanya itu, bila Moms sering mengeluh kaki bau, bedak bayi adalah jawaban untuk masalah ini. Tabur bedak bayi akan membantu menyerap kelebihan air di kaki dan membantu kaki tetap segar.

3. Minyak Bayi

produkbayi3

Foto: glamour.com

Banyak wanita menggunakan minyak bayi alias baby oil untuk menghilangkan riasan mata, bahkan untuk riasan yang tahan air.

Jika Moms juga ingin menggunakan minyak bayi untuk menghapus riasan mata, gunakan produk yang tidak membuat mata iritasi atau membuat kelopak mata kering.

Caranya, cukup tuangkan beberapa tetes minyak bayi ke atas kapas atau kain lembut, lalu usapkan ke kelopak mata dengan gerakan lembut ke bawah dan melintasi bulu mata. Lakukan sampai riasan mata benar-benar terhapus bersih, ya.

4. Krim Bayi

produkbayi4

Foto: allure.com

Jika Si Kecil punya kulit kering, Moms setidaknya harus memiliki krim bayi yang bagus yang ekstra lembut dan menjaga kulitnya lembab sepanjang hari.

Tetapi bila kulit Moms juga cenderung kering, Moms dapat menggunakan krim bayi yang ekstra lembut juga. Krim bayi ekstra lembut lebih tebal daripada losion orang dewasa biasa.

Menerapkan krim bayi pada kulit dewasa akan membuat kulit lembab sepanjang hari. Moms dapat mengoleskannya pada lengan dan kaki yang akan memberikan kilau halus.

Baca Juga: Ini Dampak Jika Bayi Ngempeng dan Cara Mengatasinya

5. Tisu Bayi

produkbayi5

Foto: theorganisedhousewife.com.au

Tisu bayi dapat melakukan lebih dari sekadar alat untuk membersihkan bokong Si Kecil.

Dari banyak hal yang bisa digunakan dengan tisu basah, yang paling populer adalah menghilangkan makeup.

Tisu bayi lembut dan tidak membuat kulit wajah iritasi ketika menggunakannya. Moms dapat melipatnya dan usap dengan lembut di mata jika ingin menghilangkan riasan mata.

Tisu bayi bahkan cocok untuk memperbaiki riasan secara cepat seperti menyeka eyeliner yang berantakan.

Simpanlah dalam tas kosmetik untuk menghindari kesalahan makeup dan menghapus makeup dengan cepat.

6. Tabir Surya

produkbayi6

Foto: independent.co.uk

Mirip dengan krim bayi dan bedak bayi, tabir surya bayi juga dapat digunakan oleh orang dewasa.

Tabir surya untuk bayi biasanya tidak mengandung aditif keras, sehingga cocok dipakai bila Moms punya kulit sensitif.

Jika khawatir bahwa nilai SPF dari tabir surya bayi tidak akan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, tetap tenang karena nilai SPF dari tabir surya apa pun tidak bergantung pada usia.

Selain itu, Moms tidak perlu menggunakan tabir surya dengan nilai SPF lebih tinggi dari 50 karena tidak ada bukti nyata yang menunjukkan bahwa semakin tinggi SPF, semakin baik perlindungan tabir surya tersebut untku kulit.

Moms dapat menggunakan tabir surya apa pun dengan nilai SPF 15-30 atau lebih. Jika berencana untuk pergi ke pantai, gunakan tabir surya yang memiliki nilai SPF lebih tinggi dari 30.

Di antara berbagai produk bayi di atas, mana yang paling sering Moms gunakan?

(AP/INT)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait