Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Showbiz | Dec 15, 2018

6 Selebritis yang Terjangkit HIV/AIDS, Bahkan Ada yang Hingga Meninggal

Bagikan


6 Selebritis yang Meninggal karena Terjangkit HIV/AIDS

Tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS sedunia. Peringatan tersebut untuk membuka mata bahwa penyakit HIV/AIDS adalah penyakit yang belum ada obatnya. Namun, bukan berarti para pengidapnya harus dijauhi.

Beberapa selebriti ini secara jujur mengakui bahwa mereka hidup dengan HIV/AIDS. Kejujuran itu mereka lakukan untuk membangkitkan kesadaran akan HIV/AIDS. Berikut adalah 4 selebriti hidup dengan HIV/AIDS.

Siapa saja mereka?

1. Magic Johnson

6 Selebritis yang Hidup dengan HIV/AIDS

Foto: thedenverpost.com

Pemain basket asal Amerika Serikat ini mengakui kepada publik tentang penyakitnya pada tahun 1991. Di tahun tersebut, belum banyak orang yang tahu banyak tentang HIV/AIDS. Mereka hanya tahu bahwa ini adalah penyakit yang berbahaya.

“Karena virus HIV, saya harus pensiun sebagai pemain NBA di tim Lakers. Meskipun saya terkena virus HIV, namun saya berencana untuk hidup lama,” ucapnya. Magic Johnson kemudian aktif menjadi pembicara yang berkaitan dengan HIV/AIDS. Ia juga mendirikan Magic Johnson Foundation untuk mencegah menyebarnya virus HIV/AIDS.

2. Charlie Sheen

6 Selebritis yang terkena HIV/AIDS

Foto: People.com

Aktor tampan Charlie Sheen mengumumkan pada publik bahwa ia didiagnosa terkena penyakit HIV/AIDS pada tahun 2015. Ia telah terkena HIV/AIDS sejak tahun 2011. Keputusannya untuk terbuka pada publik karena ia ingin mengajak masyarakat untuk sadar akan HIV/AIDS sejak awal.

“Saya memiliki tanggung jawab untuk membantu banyak orang. Saya punya tanggung jawab untuk menjadi saya yang lebih baik dan membantu sebanyak mungkin orang lain,” ungkapnya. Dan pada sebuah wawancara, Charlie Sheen mengakui bahwa kebiasaannya berganti-ganti pasangan serta memakai obat-obatan terlarang membuatnya terkena virus HIV/AIDS.

Baca Juga : Kondom, Alat Kontrasepsi Terpopuler untuk Cegah Penularan HIV/AIDS

3. Freddie Mercury

6 Selebritis yang Meninggal karena Terjangkit HIV/AIDS

Foto: queenphotos.com

Vokalis band Queen ini didiagnosa HIV/AIDS dan ia memutuskan untuk merahasiakannya. Freddie Mercury meninggal pada 24 November 1991 karena komplikasi HIV/AIDS yang menyerang dirinya. Satu hari sebelum meninggal dunia, Freddie mengumumkan bahwa dirinya didiagnosa positif HIV/AIDS.

“Alasan kenapa saya merahasiakan penyakit ini adalah karena saya ingin privasi, untuk saya dan orang-orang di sekitar saya. Namun, sekarang saatnya, semua teman di seluruh dunia mengetahui bahwa saya terkena penyakit ini. Saya sedang berjuang untuk mengalahkan penyakit ini dan berharap kalian semua mendukung perjuangan saya,” ungkap Freddie.

4. Eazy-E

6 Selebritis yang Meninggal karena Terjangkit HIV/AIDS

Foto: okayplayer.com

Pemilik nama asli Eric Lynn Wright ini meninggal dunia pada tahun 1995, satu bulan setelah ia diketahui mengidap HIV/AIDS. Sebelum meninggal, rapper dari grup hip-hop N.W.A ini merilis sebuah pernyataan:

“Saya tidak mengatakan ini karena saya ingin tempat yang lebih baik di kehidupan saya nanti, namun saya memiliki ribuan penggemar yang masih muda, yang harus belajar banyak tentang AIDS. Saya ingin mereka memiliki kesadaran bahwa AIDS merupakan penyakit yang serius.”

Sepeninggalnya, anak Eazy-E, Lil Eazy-E meneruskan perjuangan ayahnya menjadi aktivis HIV/AIDS.

5. Gia Carangi

6 Selebritis yang Meninggal karena Terjangkit HIV/AIDS

Foto: giacarangi.com

Model terkenal asal Amerika ini disebut-sebut sebagai supermodel pertama yang memiliki wajah tercantik di dunia pada akhir era 1970-an dan 1980-an. Ia tak hanya laris sebagai model sampul majalah, tapi juga membintangi beberapa iklan merek fashion dunia. Kariernya melejit sejak umur 17 tahun. Tapi, sayang glamornya kehidupan di New York dan tekanan hidup dari masa lalu keluarga membuatnya ketergantungan obat-obat terlarang.

Puncaknya, di awal 1980-an ia dinyatakan terjangkit HIV/AIDS, yang pada masa itu penyakit yang belum banyak dikenali. Gia Carangi diprediksi tertular HIV/AIDS ini karena pemakaian jarum suntik yang tidak steril selama menggunakan narkotika.

Di usia 26 tahun alias masih sangat muda, Gia sudah meraih impian para wanita seusianya. Namun, ia kemudian wafat pada 18 November 1986 karena komplikasi HIV/AIDS yang dideritanya. Perjalanan hidup Gia pun pernah ditampilkan dalam sebuah drama di HBO dan dibintangi Angelina Jolie pada 1998 lalu.

Baca Juga : Bolehkah Menelan Sperma?

6. Amanda Blake

6 Selebritis yang Meninggal karena Terjangkit HIV/AIDS

Foto: istimewa

Dikenal sebagai Kitty Russell dalam perannya di serial televisi Gunsmoke, Amanda Blake meraih popularitasnya di tahun 1950-an.

Namun, kematiannya di tahun 1989 mengundang tanda tanya.  Amanda Blake dikabarkan meninggal dunia akibat kanker. Namun, pihak dokter menyatakan penyebabnya adalah komplikasi AIDS karena ia tertular dari suaminya, Mark Spaeth yang telah meninggal beberapa tahun sebelumnya karena penyakit yang sama. Amanda Blake diketahui merupakan aktris wanita terkenal pertama yang wafat karena HIV/AIDS.

(ASR)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.