Jalan-jalan

JALAN-JALAN
7 Mei 2019

6 Wisata Alam di Bogor yang Cocok Dikunjungi Bersama Anak

Ajak Si Kecil cintai alam sejak dini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Bogor dikenal merupakan wilayah yang asri dan sejuk. Karenanya, banyak wisata alam yang bisa Moms kunjungi bersama Si Kecil dan keluarga untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Penting untuk mengenalkan Si Kecil dengan makhluk hidup lainnya, tak hanya sesama manusia, tapi juga hewan dan tanaman. Moms bisa merasakan udara sejuk sambil menikmati pemandangan alam yang indah dengan mengunjungi beberapa rekomendasi wisata alam di Bogor ini.

Berikut ini wisata alam di Bogor yang bisa menjadi rekomendasi liburan keluarga, sekaligus untuk mengenalkan keindahan alam kepada Si Kecil.

1. Gunung Pancar

bogor1

Foto: piknikyok.com

Moms bisa mengajak Si Kecil berpiknik bersama keluarga di wisata Gunung Pancar, Bogor. Di lokasi ini, Moms bisa berpiknik dan juga melakukan aktivitas seperti berkemah, bersepeda, hiking hingga berkuda.

Untuk menyegarkan badan setelah lelah berkemah, Moms bisa mampir ke pemandian air panas yang memiliki sumber air panas alami.

Mandi berendam sambil menikmati pemandangan pohon pinus di sekeliling yang bisa membantu merilekskan pikiran, dan membuat Si Kecil nyaman. Si Kecil juga bisa menemukan hewan-hewan yang hidup bebas di sini.

Baca Juga: 5 Ide Seru Ngabuburit Bareng Anak

2. Air Terjun Bidadari

bogor2

Foto: wiki-wisata.blogspot.com

Tepatnya, Air Terjun Bidadari terletak di Sentul Paradise Park. Dengan ketinggian 75 meter, sumber air terjun ini berasal dari hutan lindung yang ada di sekitar kawasan tersebut.

Limpahan air tersebut dijadikan berbagai macam wahana seperti Wavve Pool, kolam arus, Lazy Pool yang dibuat untuk anak-anak.

Si Kecil bisa menikmati kesegaran bermain air, namun tetap awasi ia saat bermain ya, Moms.

3. Curug 7 Cilember

bogor3

Foto: penawisata.com

Jika Moms menginginkan wisata air terjun lain, silahkan kunjungi Curug 7 Cilember, yang memiliki tidak hanya satu, tapi 7 air terjun sekaligus!

Wisata ini berada di desa Jogjogan, Cisarua, yang masih di kawasan Puncak Bogor.

Tak hanya menyajikan kesegaran air terjun, lokasi ini juga memiliki kawasan yang indah khas pegunungan, yang memberikan kenyamanan dan terasa sejuk.

Si Kecil dan keluarga bisa menikmati gemuruh air terjun, ditambah ada tempat penangkaran kupu-kupu loh, Moms! Bisa dilihat dari jarak yang dekat.

4. Kebun Raya Cibodas

bogor4

Foto: anandastoon.com

Jika Moms merasa bosan menghampiri daerah Puncak, Bogor, ajak Si Kecil dan keluarga pergi ke Kebun Raya Cibodas.

Wisata alam ini memiliki sungai berair jernih untuk tempat bermain anak-anak, serta tanaman hijau luas dengan pemandang yang membuat takjub.

Apa yang menarik dari kebun raya ini adalah lokasi wisata alam di mana menjadi ikon bagi lumut. Ada kurang lebih 216 jenis lumut dari seluruh Indonesia, bahkan dunia.

Kebun Raya Cibodas berlokasi di komplek Hutan Gunung Gede Pangrango, Jl. Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Kecamatan Cianjur, Jawa Barat.

5. Kuntum Farmfield

bogor5

Foto: trivindo.com

Kuntum Farmfield bisa menjadi lokasi wisata alam yang berfokus mengajari anak untuk mencintai flora dan fauna.

Tempat ini memiliki ragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh Si Kecil. Seperti memanen sayur organik, permainan tangkap ikan, berkuda, berinteraksi dengan kelinci dan marmut, dan masih banyak lagi.

Berlokasi di Jl. Raya Tajur No. 291, Bogor, Kuntum Farmfield buka setiap hari, dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Moms bisa membeli tiketnya seharga Rp45.000 (hari kerja) dan Rp50.000 (akhir pekan dan libur nasional).

Info lebih jelasnya, silahkan kunjungi melalui link ini.

Baca Juga: Ajak Si Kecil ke 5 Tempat Bermain Baru di Jabodetabek Ini Agar Liburan Lebih Menyenangkan

6. Kampung Wisata Cinangneng

bogor6

Foto: hayukabogor.id

Menjadi salah satu pelopor wisata edukasi di Bogor, Kampoeng Wisata Cinangneng adalah tempat wisata yang menjadi favorit turis asing.

Berlokasi di Jalan Babakan Kemang, Cihideung Udik, Ciampea, Bogor, Kampoeng Wisata Cinangneng didirikan dan dikelola oleh Hester Basoeki, seorang praktisi dunia pariwisata.

Ada banyak paket yang bisa Moms pilih jika ingin berkunjung ke Kampoeng Wisata Cinangneng: program Poelang Kampoeng, program Saya Pun Berasal dari Desa, serta paket menginap dan ronda.

Info lebih lengkapnya, Moms bisa kunjungi situsnya di: kampoengwisatacinangneng.com.

Untuk harga paket wisatanya:

  • Paket "Poelang Kampoeng" Rp135.000/orang (minimal 20 orang)
  • Paket "Saya pun Berasal dari Desa" Rp110.000/orang (minimal 10 orang)
  • Pendamping Rp75.000 per orang
  • Paket Survei Rp20.000 per orang
  • Paket menginap Rp525.000 per kamar per malam
  • Paket menginap dan ronda Kampoeng Rp625.000 per kamar per malam

Nah, itu dia Moms beberapa lokasi wisata alam menarik yang berlokasi di Bogor, bisa menjadi kegiatan liburan yang edukatif, ya.

(AP/CAR)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait