Fashion & Beauty

13 Juni 2021

7 Cara Memutihkan Leher secara Alami, Moms Bisa Coba di Rumah!

Begini cara memutihkan leher secara alami yang bisa Moms lakukan di rumah.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Karla Farhana

Ada berbagai cara memutihkan leher yang bisa Moms praktikkan di rumah. Sayangnya, perawatan kulit leher kadang terabaikan dan wanita lebih fokus pada kulit wajah. Padahal, kulit leher yang tidak dirawat bisa menimbulkan masalah yang berujung pada penurunan rasa percaya diri, lho.

Kulit leher yang tidak dirawat dapat menghitam, atau menjadi belang warnanya. Masalah lainnya yang dapat menyerang kulit pada bagian leher adalah skin tags. National Institute of Aging menyebutkan, skin tags adalah pertumbuhan kulit berwarna yang berbentuk seperti daging terangkat. Penyebabnya bisa terjadi karena pertambahan usia, terutama bagi wanita.

Hal ini membuktikan, sangat penting untuk memerhatikan kulit leher dimulai dari sekarang. Simak penjelasan berikut ini mengenai cara memutihkan leher secara alami, atau bisa dilakukan secara instan dalam 1 hari.

Baca Juga: 17 Cara Menghilangkan Belang di Wajah dan Leher, Gampang!

Cara Memutihkan Leher secara Alami

Cara memutihkan leher dapat dilakukan secara alami, dengan memerhatikan langkah-langkah yang penting. Sebelumnya, perlu Moms ketahui ada banyak faktor yang dapat memengaruhi warna kulit leher. Mulai dari perubahan hormonal, paparan sinar matahari, atau kondisi kesehatan tertentu.

Baca Juga: 4 Basic Skin Care Routine Untuk Membuat Kulit Cerah dan Sehat

Untuk itu, pahami cara memutihkan leher secara alami yang bisa dilakukan, sebagai berikut:

1. Menggunakan Cuka Sari Apel

Menggunakan Cuka Sari Apel.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bagi Moms yang ingin tahu cara memutihkan leher secara alami dan instan dalam 1 hari, maka cobalah bahan alami satu ini. Ya, cuka sari apel dapat digunakan untuk mencerahkan kulit leher.

Dilansir dari studi dalam jurnal Advances in Hygiene and Experimental Medicine, cuka sari apel mengandung asam asetat yang mencerahkan kulit leher. Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang mampu menyamarkan belang di wajah dan leher akibat sinar matahari atau bekas jerawat. Cara membuatnya juga cukup mudah.

Moms hanya perlu menuangkan cuka apel secukupnya ke wadah kosong. Kemudian, oleskan cuka apel ke bagian leher yang belang dan menghitam. Diamkan selama dua hingga tiga menit. Setelah itu, basuh leher dengan air hangat dan lakukan secara rutin dalam dua kali sehari. Hasilnya akan terlihat dalam waktu 1-2 hari, lho, Moms!

2. Eksfoliasi Kulit dengan AHA/BHA

Eksfoliasi Kulit dengan AHA/BHA.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara memutihkan leher secara alami berikutnya, yaitu dengan eksfoliasi kulit menggunakan AHA/BHA. Nah, untuk melakukan cara ini, tentunya Moms harus mengetahui terlebih dulu kegunaan dari AHA dan BHA.

Alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA) adalah dua kandungan yang sering digunakan untuk eksfoliasi kulit. Kandungan ini membantu menjadikan kulit lebih halus, lembut, dan tentunya juga lebih cerah.

AHA/BHA juga membantu mengurangi hiperpigmentasi kulit, garis-garis halus, menghilangkan kelebihan sebum, sel kulit mati, mengatasi komedo, dan memperbaiki tekstur kulit.

Kandungan AHA bisa didapatkan dalam glycolic acid dan lactic acid, sedangkan kandungan BHA yang paling populer adalah salicylic acid.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Kulit yang Over Eksfoliasi, Yuk Coba!

Ketika Moms rutin melakukan eksfoliasi kulit wajah dan leher dengan menggunakan AHA/BHA, maka secara tidak langsung juga hal ini menjadi cara memutihkan leher secara alami. Dilansir dari laman Medicinet, membersihkan leher dan wajah dua kali sehari dengan pembersih yang mengandung asam tersebut mampu memperbaiki kondisi kulit.

Selain pembersih wajah, ada juga toner, serum, masker, yang dapat mengandung AHA/BHA. Maka dari itu, sangat penting bagi Moms untuk memerhatikan kandungan skincare sebelum membelinya.

Nah, beberapa orang mungkin sensitif terhadap AHA/BHA. Jika Moms menjadi salah satunya, cobalah untuk memulai dengan persentase asam yang rendah, sekitar 1-2%.

Kemudian, secara bertahap, Moms dapat meningkatkan tingkat persentase asamnya. Apabila mengalami alergi atau iritasi pada kulit, segera hentikan pemakaian, ya.

Baca Juga: Cerahkan Kulit Anda dengan DIY Lulur Beras

3. Lemon dan Madu

Lemon dan Madu.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Gabungan antara lemon dan madu kerap menjadi primadona untuk mencerahkan kulit. Hal ini dapat dianggap benar, karena keduanya adalah bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara memutihkan leher dengan instan.

Kandungan aktif pada lemon dipercaya mampu mencerahkan kulit. Sementara itu, madu berguna untuk melembapkan dan membuat kulit kenyal. Cara menggunakannya, tuangkan 2 sdm madu dan perasan lemon ke wadah.

Kemudian, oleskan masker lemon dan madu ke area wajah yang belang. Rendam handuk dalam air hangat dan tutupi wajah selama 15-20 menit. Moms dapat maskeran madu dan lemon ini sambil bersantai agar terasa lebih nyaman.

4. Lotion atau Krim Topikal untuk Leher

Lotion atau Krim Topikal untuk Leher.jpg

Foto: freepik.com

Jika Moms membutuhkan waktu lebih lama untuk memutihkan leher, maka cara satu ini dapat dicoba. Rutin memakai lotion atau krim topikal khusus untuk kulit leher dapat dengan efektif memutihkan leher, serta menjaga tekstur kulitnya lebih lembut dan lembap.

Pastikan Moms memilih kandungan skincare yang tepat, yaitu vitamin C atau vitamin E. Vitamin C membantu mengurangi pigmentasi kulit dan menutrisi kulit.

Sedangkan, vitamin E adalah bahan penting untuk melembapkan kulit. Menjaga kulit tetap terhidrasi akan membantu melembutkan kulit dan meningkatkan pergantian sel, sehingga membuat kulit tampak lebih cerah.

Lotion dan krim bervariasi dalam konsistensinya. Tekstur lotion lebih ringan, sedangkan krim lebih kental. Moms juga dapat menggunakan pelembap berbahan dasar air apabila memiliki kulit sangat berminyak. Masker wajah dan leher juga dapat digunakan dua hingga tiga kali seminggu.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit Kaki, Gampang Banget!

5. Menggunakan Aloe Vera

Menggunakan Aloe Vera.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sudah sering mendengar sejuta manfaat dari aloe vera untuk kesehatan kulit? Ternyata, bahan alami satu ini juga dapat menjadi cara memutihkan leher, lho!

Menurut studi yang diungkapkan dalam Planta Medica, aloe vera mengandung senyawa aloin, yang terbukti dapat mencerahkan dan cara menghilangkan belang di wajah secara efektif.

Cara membuatnya juga sederhana saja. Cukup mengoleskan cairan aloe vera ke area kulit belang sebelum tidur. Kemudian, pada esok harinya bilas dengan air hangat. Ulangi secara rutin setiap hari sebagai cara memutihkan leher secara alami.

6. Memakai Teh Hijau

Memakai Teh Hijau.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms bahwa teh hijau tidak hanya baik untuk kesehatan, namun juga dapat dijadikan bahan alami untuk merawat kulit? Ekstrak teh hijau memiliki efek mencerahkan kulit bila dioleskan pada kulit. Moms dapat membeli ekstrak teh hijau dan menggunakannya secara rutin sebagai cara memutihkan leher secara alami.

Para ahli menyarankan untuk mengoleskan kantong teh hijau ke area kulit leher untuk mencerahkannya secara perlahan. Apabila Moms tertarik ingin mencobanya, coba ikuti langkah-langkah berikut:

  • Seduh kantong teh hijau dalam air mendidih selama 3-5 menit.
  • Tiriskan kantong teh dari air dan dinginkan.
  • Oleskan teh hijau di area kulit yang belang.
  • Ulangi dua kali sehari sampai warna kulit merata sempurna.

Baca Juga: Bikin Sendiri Ramuan Kecantikan Berbahan Teh Hijau

7. Memakai Sunscreen

Memakai Sunscreen.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, salah satu faktor yang dapat membuat kulit leher menghitam adalah paparan sinar matahari. Untuk itu, selalu ingat memakai sunscreen setiap harinya, ya, Moms!

Jangan lupakan juga mengaplikasikan sunscreen pada bagian leher, yang mana ini juga bisa menjadi cara memutihkan leher secara alami.

Pilih sunscreen yang mengandung SPF 30 atau lebih, tahan air, serta dapat melindungi kulit dari UVA dan UVB. Selain itu, sunscreen juga harus dioleskan kembali setiap 3-4 jam ke wajah dan leher.

Itulah cara memutihkan leher secara alami, yang dapat Moms lakukan. Terapkan langkah yang tepat, agar kulit leher terjaga kesehatannya, ya!

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25811473/
  • https://www.nia.nih.gov/health/skin-care-and-aging
  • https://www.medicinenet.com/how_do_you_get_rid_of_a_dark_neck/article.htm
  • https://www.thieme-connect.com/products/ejournals/abstract/10.1055/s-0031-1298406
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait