Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
6 Juni 2020

7 Fakta Polio yang Orang Tua Harus Pahami

Walau penyebarannya sudah menurun, polio tetap harus diwaspadai. Inilah fakta penyakit polio yang wajib Moms catat.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Polio merupakan sebuah penyakit anak yang dapat terjadi di negara mana pun. Dampak dari penyakit ini pun sangatlah berbahaya.

Virus polio akan menyerang neuron motorik di sumsum tulang belakang anak yang menyebabkan otot menjadi atrofi dan melemah.

Epidemi polio besar pertama terjadi di Amerika Serikat menghantam Vermont pada tahun 1894 dengan 132 kasus.

Wabah yang lebih besar juga pernah melanda New York pada tahun 1916, dengan lebih dari 27.000 kasus dan 6.000 kematian.

"Polio adalah ketakutan orang tua di seluruh negeri," kata dokter John L. Sever, MD, dokter anak di Rockville, Maryland.

Fakta Penyakit Polio yang Menyerang Anak

fakta penyakit polio

Foto: medicalxpress.com

Dikutip dari BBC, dr.Tunji Funsho, ketua komite polio Nigeria mengatakan bahwa Nigeria kini mengalami perubahan dramatis dari 2012 ketika Nigeria menyumbang lebih dari setengah kasus polio di seluruh dunia.

Diperkirakan pada 2020, Nigeria akan mendapat sertifikat resmi bebas polio. Hal ini karena kriteria pertama yaitu tidak ada kasus polio selama tiga tahun, telah tercapai.

"Untuk mengakhiri polio, setidaknya 95% anak-anak harus divaksinasi, di mana pun mereka tinggal," kata kepala WHO pemberantasan polio Michel Zaffran.

Walaupun kini angka penyebarannya sudah bisa ditekan dengan vaksinasi, inilah fakta penyakit polio yang wajib Moms ketahui.

1. Tidak Ada Gejala

fakta penyakit polio

Foto: academyclinics.com

Pada 95% kasus polio yang terjadi tidak ada yang menunjukkan gejala. Sejumlah kecil orang mungkin mengalami demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, mual, muntah, sakit perut, atau diare.

Tetapi, gejala ini tidak dapat dipastikan sebagai gejala khusus penyakit polio.

2. Terdapat Tiga Jenis Polio

fakta penyakit polio

Foto: livescience.com

Ada 3 jenis polio yaitu non-paralitik yang tidak menyebabkan kelumpuhan, polio tulang belakang-lumpuh yang dapat menyebabkan kelumpuhan satu atau lebih anggota badan, dan juga bulbar yang dapat menyebabkan otot lemah, kehilangan refleks, dan masalah pernapasan.

3. Disebabkan oleh Virus

fakta penyakit polio

Foto: consumer.healthday.com

Polio merupakan sebuah infeksi yang disebabkan oleh virus polio. Anak yang terserang polio biasanya tidak menunjukkan tanda apapun.

Namun, pada sebagian kecil pasien terinfeksi, virus menyerang sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang, terutama sel-sel saraf di sumsum tulang belakang. Kelumpuhan permanen terjadi pada satu dari setiap 200 kasus polio.

4. Merupakan Penyakit Menular

fakta penyakit polio

Foto: consumer.healthday.com

Benar, fakta penyakit polio yang wajib diwaspadai adalah penyakit ini merupakan penyakit yang menular. Virus ini ditemukan dalam air liur dan tinja orang sakit.

Ini dapat disebarkan melalui kontak langsung dengan orang sakit atau melalui udara ketika orang sakit berbicara, batuk, atau bersin.

Penyakit ini juga menyebar melalui makanan, air, atau tangan yang terkontaminasi oleh kotoran yang terinfeksi.

5. Bisa Dicegah dengan Vaksin

fakta penyakit polio

Foto: vox.com

Polio tidakk memiliki obat, tetapi faktanya penyakit polio bisa dicegah dengan vaksin. Ada dua jenis vaksin yaitu IPV, vaksin yang dikembangkan oleh seorang peneliti bernama Jonas Salk dan diberikan melalui suntikan pada tahun 1955.

Selain itu, ada juga vaksin dalam bentuk tetes atau dapat diberikan secara oral yaitu OPV. Vaksin OPV dapat diberikan secara oral dalam bentuk tetes. Vaksin OPV telah dikembangkan oleh dokter Albert Sabin dan diperkenalkan pada tahun 1961.

6. Menyerang Anak di Bawah 5 Tahun

fakta penyakit polio

Foto: healthline.com

Virus yang menginfeksi sumsum tulang belakang serta mengakibatkan kelumpuhan ini paling banyak menyerang saat anak berusia di bawah 5 tahun.

Ketika virus bereplikasi dan menyerang sistem saraf, anak akan mengalami lumpuh bahkan hingga seumur hidup. Selain itu, virus ini juga dapat menyebabkan kematian.

7. Virus Polio Sulit Dihilangkan

fakta penyakit polio

Foto: insider.com

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, fakta penyakit polio lainnya adalah anak-anak yang tampaknya pulih sepenuhnya dari polio dapat mengalami nyeri otot, kelemahan, atau kelumpuhan baru setelah dewasa, bahkan hingga 15 atau 40 tahun kemudian. Hal ini disebut sindrom post-polio.

Semakin mengenal fakta penyakit polio, semakin meningkat pula kewaspadaan Moms dan Dads terhadap penyakit yang satu ini. Jagalah kesehatan Si Kecil sejak dini dan tetap waspada.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait