Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Health | Sep 24, 2018

7 Gejala Fibromyalgia Pada Perempuan, Penyakit yang Dialami Lady Gaga

Bagikan


Lady Gaga merupakan seorang selebriti yang menderita fibromyalgia, suatu kondisi yang menyebabkan sakit kronis di seluruh tubuh. Tidak diketahui apa yang menyebabkan kondisi tersebut, dan tidak ada obat untuk mengelola rasa sakitnya.

Fibromyalgia biasanya menyerang perempuan di usia 20-30 tahun, dan memang lebih sering terjadi pada perempuan daripada pria. Penting untuk memahami gejala sehingga Moms dapat mengenali gejala fibromyalgia sejak dini:

Nyeri Seluruh Tubuh

Fibromyalgia diduga memicu sesuatu yang disebut sensitisasi sentral, yang berarti tubuh Moms mulai menjadi terlalu sensitif dan bereaksi terhadap hal-hal yang biasanya tidak akan terasa sakit.

Ada obat nyeri yang dapat diresepkan dokter untuk membantu, tapi lebih baik untuk mencoba pilihan lain sebelum pengobatan medis seperti latihan aerobik seperti berjalan, jogging, bersepeda, berenang dan akupunktur. Beberapa langkah tersebut telah terbukti membantu meringankan gejala fibromyalgia.

Kelelahan

Seiring dengan rasa sakit, muncul rasa lelah yang tidak akan hilang bahkan setelah tidur malam yang nyenyak.

Dokter tidak yakin apakah pasien lelah karena rasa sakit yang mereka hadapi, atau jika kelelahan mereka menyebabkan rasa sakit karena mereka tidak mendapatkan pemulihan otot yang tepat ketika mereka tidur.

Direkomendasikan untuk melakukan akupuntur untuk mendapatkan tidur yang lebih baik dan mengurangi kelelahan mereka.

Baca Juga: Bolehkah Minum Obat dengan Air Dingin? Ketahui Dulu Faktanya!

Migrain

Sakit kepala dan migrain yang parah merupakan gejala lain dari fibromyalgia. Juga tidak jelas penyebab langsungnya, tetapi bisa menjadi aspek lain dari rasa sakit kronis keseluruhan ini. Obat dapat membantu, serta mengurangi rasa sakit melalui olahraga dan pijat.

Masalah Tidur

Orang dengan fibromyalgia sering memiliki masalah tidur seperti sering terbangun atau tidak bisa tertidur. Masalah seperti ini hanya membuat kelelahan lebih buruk, terapi, hipnoterapi dan meditasi adalah metode yang dapat digunakan orang untuk membantu masalah tidur ini.

Brain Fog

Banyak orang dengan fibromyalgia memiliki masalah ingatan, atau merasa bahwa ingatan mereka tidak tajam atau mudah lupa akan hal kecil. Jika Moms memiliki fibromyalgia, ada perbedaan dalam aktivitas otak dari orang-orang yang tidak memilikinya khususnya dalam hal aktivitas metabolik.

Baca Juga: Brain Fog, Lupa Sesaat Apa yang Ingin Dilakukan. Mengapa Bisa terjadi?

Depresi dan Kecemasan

Gangguan mood juga berhubungan dengan fibromyalgia dan kondisi nyeri kronis secara umum. Orang harus mengevaluasi kesehatan mental mereka dengan terapis karena tidak bisa hanya fokus untuk menghilangkan rasa sakit. Sebaiknya memastikan untuk menangani masalah psiko-emosional selain rasa sakit.

Sindrom Usus yang Teriritasi

Orang-orang dengan fibromyalgia mungkin juga mengalami sakit perut dan mual secara rutin, dan mungkin harus sering ke kamar mandi.

Orang yang memiliki gejala usus yang sensitif harus meminta dokter atau ahli gastroenterologi menjalankan pemeriksaan untuk memastikan semuanya bekerja dengan benar, dan kemudian berkonsultasi dengan ahli pencernaan tentang kekurangan gizi apa yang mungkin terjadi dan perubahan pola makan apa yang dapat membantu.

Beberapa gejala di atas terdengar seperti sering Moms alami bukan? Jangan anggap sepele meski terkesan sebagai gejala yang umum karena dampaknya bisa sangat fatal.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.