Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
27 Oktober 2020

7 Kesalahan Makeup yang Bisa Bikin Kita Terlihat Lebih Tua, Catat!

Mungkin Moms sering melakukan kesalahan-kesalahan makeup ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Setelah menikah dan punya anak, aktivitas merawat tubuh termasuk wajah jangan sampai dilewatkan Moms. Meski telah memiliki suami dan Si Kecil, penampilan yang segar akan menjadi nilai tambah untuk Moms.

Semua perempuan ingin selalu terlihat berwajah segar dan lebih muda, dan makeup dapat membantu kita mewujudkannya.

Namun terkadang, kesalahan makeup malah dapat membuat wajah jadi lebih tua dari umur sebenarnya. Lho, kok bisa?

Cara dan produk makeup selalu berubah setiap saat. Jika tidak hati-hati, wajah Moms malah akan terlihat menua. Lalu, seperti apa tips makeup yang bisa diketahui?

Yuk, ketahui beberapa kesalahan makeup ini agar Moms dapat memperbaiki penampilan!

Baca Juga: Apa yang Terjadi Pada Wajah Jika Tidak Menghapus Makeup Seharian

Tips Makeup Agar Wajah Tak Terlihat Tua

Baik itu Moms yang menginginkan riasan all-out atau sederhana, penting untuk mengetahui tips makeup agar wajah pun tidak tampak tua. Yuk, simak seperti apa tips dan trik yang bisa dilakukan berikut ini.

1. Salah Memilih Foundation

kesalahan makeup

Foto: Orami Photo Stock

Tips makeup yang paling umum dilakukan adalah salah dalam memilih foundation. Seiring bertambahnya usia, Moms perlu menyadari bahwa kebutuhan foundation berubah.

Ahli kulit Maybelline New York Melissa Silver mengatakan, memilih foundation yang baik akan menjadi awal yang baik pula.

“Jika Anda melewatkan foundation, warna kulit Anda akan tidak rata. Jika menggunakannya terlalu banyak, dia dapat menempel pada garis-garis halus dan lipatan,” kata dia.

Banyak jenis foundation yang harus dipilih sesuai kondisi kulit. Penata rias ternama Hillary Kline menjelaskan, tidak ada yang memiliki kulit yang sempurna.

“Tetapi foundation yang tepat untuk jenis kulit Anda dan akan memberi Anda kulit terbaik dalam tampilan yang Anda inginkan,” paparnya.

purbasari-bb cream

Foto: instagram.com/purbasarimakeupid

Jika Moms merasa pemakaian foundation terlalu berat, untuk tips makeup Moms bisa menggunakan BB cream sebagai langkah awal menggunakan makeup. Salah satunya dengan Purbasari Brightening BB Cream.

Purbasari Brightening BB Cream menghasilkan tampilan yang matte alami sekaligus membantu melembabkan dan melindungi kulit dari sinar UV.

Dilengkapi formula yang tahan lama dengan cooling agent, natural moisturizer dan antioksidan, produk ini dapat membantu melindungi kulit dari polusi, debu dan kotoran sepanjang hari.

2. Terlalu Banyak Contouring

kesalahan makeup

Foto: Orami Photo Stock

Dalam beberapa tahun terakhir, contouring telah menjadi salah satu tren makeup terbaik. Bahkan, merk ternama pun ikut mengeluarkan produk yang mendukung pengaplikasian contouring.

Moms dapat memakai contour sebagai tips makeup yang patut dilakukan, terutama jika ingin riasan wajah yang maksimal.

Jika dilakukan dengan benar, ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan penampilan yang terlihat lebih muda. Tapi contouring juga bisa menjadi kesalahan makeup terbesar.

Murat Evin, direktur kreatif The London School of Makeup mengatakan, terlalu menerapkan konsep contouring sebenarnya juga bisa menghasilkan wajah terlihat tua.

"Seni membentuk garis meningkatkan struktur wajahmu, sehingga tampak lebih jelas. Namun, terlalu banyak definisi sebenarnya dapat menyoroti garis-garis penuaan yang lebih baik dibiarkan tersembunyi,” kata Murat.

purbasari-blush on

Foto: instagram.com/beforemidninght.id

Untuk tips makeup, jika Moms ingin riasan sederhana atau sehari-hari, bisa menggunakan blush on dengan warna coral atau pink yang segar. Sebagai pilihannya, coba gunakan Purbasari Blush On Daily Series.

Blush on ini memiliki formula lembut dan ringan yang diformulasi dalam dua palette warna untuk memberikan tampilan akhir pipi tampak merona berseri dan tahan lama.

Dengan kemasan compact mirrored case lengkap dan brush applicator, sehingga memudahkan Moms untuk pengaplikasian agar blush on lebih rapi dan merata.

Baca Juga: 5 Kesalahan Riasan Mata yang Bikin Wajah Jadi Lebih Tua

3. Salah Gunakan Bedak

kesalahan makeup

Foto: Orami Photo Stock

Banyak yang menyarankan bedak bertekstur bubuk untuk membuat makeup lebih tahan lama. Tetapi seiring bertambahnya usia, kulit akan menghasilkan lebih sedikit minyak.

"Dengan kulit yang kering, bedak cenderung meresap ke garis-garis halus. Coba gunakan setting spray sebagai gantinya,” jelas penata rias Ariel Lewis.

purbasari-matte powder

Foto: instagram.com/purbasarimakeupid

Terutama bagi Moms dengan kulit berminyak, sebagai tips makeup tentunya perlu memilih bedak yang dapat mengontrol produksi minyak agar tak berlebihan. Moms bisa menggunakan Purbasari Oil Control Matte Powder.

Purbasari Oil Control Matte Powder yang akan mengontrol produksi minyak di wajah sehingga makeup lebih tahan lama tanpa menimbulkan kerak di wajah.

Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan safflower seed oil yang mencerahkan sekaligus melembapkan wajah, dan UV filter yang melindungi kulit dari sinar matahari.

Moms bisa memilih varian Natural atau Honey Beige, yang bisa disesuaikan dengan warna kulit wajah.

4. Menggunakan Alat yang Salah

kesalahan makeup

Foto: Orami Photo Stock

Terlihat lebih muda tidak selalu soal makeup yang Moms pakai, tetapi bagaimana menerapkannya. Penting untuk menggunakan alat yang benar untuk memastikan mendapatkan kesan makeup yang diinginkan.

”Kesalahan makeup umum yang dilakukan orang adalah menggunakan sikat yang berat dengan bulu tebal dan kencang untuk mengaplikasikan foundation. Menggunakan kuas sebenarnya akan membuat pengaplikasian foundation tebal dan tidak dapat berbaur dengan riasan yang lain,” kata Ariel

Sebagai tips makeup lain, Ariel menyarankan untuk selalu memilih kuas yang lebih lembut, tidak peduli jenis riasan apa yang Anda terapkan, tetapi terutama ketika datang ke riasan mata. Itu semua karena elastisitas kulit.

"Kelopak mata akan melonggar seiring pertambahan usia dan kulit di sekitar mata adalah yang paling halus. Jika Anda menggunakan sikat berbulu yang ketat, itu hanya akan mengiritasi area kulit yang longgar dan membuat mata Anda terlihat lebih tua dan lebih berat," tambahnya.

Baca Juga: 7 Rahasia Kulit Glowing Tanpa Pakai Makeup

5. Menghitamkan Area Bawah Mata

kesalahan makeup

Foto: Orami Photo Stock

Menggunakan eyeliner di bagian bawah lingkaran mata adalah sebuah kesalahan. Hal ini akan membuat mata terlihat lebih kecil, menonjolkan garis-garis halus di sekitar mata, dan malah akan memberi kesan tua.

Sebagai salah satu tips makeup, penata rias yang berbasis di Washington DC Ariel Lewis menyarankan untuk menggunakan eyeshadow cokelat tua dan kuas miring.

"Jauhkan gel liner dari bagian bawah. Gunakan hanya di bagian atas kelopakmu," katanya.

6. Salah Membentuk Alis

kesalahan makeup

Foto: Orami Photo Stock

Secara alami, alis tumbuh lebih tipis seiring bertambahnya usia. Membentuk alis menjadi tips makeup selanjutnya.

Moms bisa menggunakan pensil allis untuk membentuk alis yang bisa memperlihatkan bentuk wajah.

Penata rias dan perancang alis Pamela Jeschonek dari Everyday Esthetics Eyebrow Studio mengatakan, untuk memiliki alis yang terlihat lebih muda, aplikasikan alis secara penuh dan melengkung, namun tidak terlihat terlalu tajam dan tebal.

"Butuh sedikit latihan. Jangan takut untuk keluar dari garis-garis alis alami Anda. Dengan teknik yang benar, Anda dapat membentuk alis yang tampak lebih muda hanya dalam beberapa detik,” ujarnya.

purbasari-brow liner

Foto: instagram.com/purbasarimakeupid

Tentunya, Moms menginginkan penampilan alis yang tahan lama, dan pemakaian pensil alis yang mudah digunakan. Sebagai referensi, Moms dapat menggunakan Purbasari Ultra-Smooth Brow Liner.

Purbasari Ultra-Smooth Brow Liner menggunakan pensil alis dengan sistem retractable/tanpa raut, sehingga praktis dan mudah untuk aplikasi.

Dengan bentuk ujung yang disesuaikan dengan bentuk alis alami, dapat menghasilkan riasan alis dengan sempurna, rapih dan alami. Moms tak perlu khawatir bila alis tampak tebal atau menor.

Baca Juga: Ingin Coba Dandan Sendiri? Ini Produk Wajib Bagi Pemula Menurut MUA Ryan Ogilvy

7. Lipstik Terlalu Gelap

kesalahan makeup

Foto: Orami Photo Stock

Bibir kita menjadi lebih tipis dan kehilangan teksturnya seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, mulailah meninggalkan lipstik berwarna gelap karena membuat bibir terlihat lebih tipis.

Untuk tips makeup yang sederhana, Moms bisa menggunakan lip liner dan menggunakan warna netral yang berwarna. Lapisi bibir kemudian isi sisanya dengan lip gloss berwarna.

Mirip dengan foundation, semakin banyak sifat menghidrasi dan ringan di bibir, akan semakin baik.

Jika Moms memiliki lipatan di sekitar bibir, ringankan dengan warna yang cocok dengan lipstik untuk menjaga pigmennya.

purbasari-lipstick color matte

Foto: instagram.com/purbasarimakeupid

Ada banyak variasi lip cream yang tersedia. Tetapi, Moms bisa memilih produk Purbasari Lipstick Color Matte dengan fitur unggul yang tentunya menarik.

Purbasari Lipstick Color Matte merupakan satu-satunya lipstik matte yang memiliki Triple Moisturizer Agent (Vitamin E, Beeswax dan Emollient tingkat tinggi) yang mampu merawat bibir dan melembapkan bibir 3 kali lebih lembap.

Selain itu, produk ini juga mampu merubah penampilan seseorang menjadi lebih percaya diri, menjadikan Bibir terlihat sensual, volume bibir lebih padat dan elegan.

Beberapa keunggulan dari Purbasari Lipstick Color Matte yaitu produknya yang tahan lama dan ringan di bibir, sehingga cocok di gunakan sehari-hari.

Selain itu, mengandung vitamin E sebagai antioksidan yang membuat warna bibir tidak berubah menjadi gelap. Produk Purbasari Lipstick Color Matte juga telah terdaftar di BPOM dan bersertifikat halal.

Nah, itu dia Moms, beberapa tips makeup yang bisa dicoba. Mulai dari sekarang, hindari kesalahan makeup ini agar membuat tampilan keseluruhan Moms menjadi luar biasa!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait