Balita dan Anak

13 Juni 2020

7 Makanan Penyebab Asam Lambung pada Anak yang Harus Dihindari

Hindari makanan-makanan berikut ini agar anak tak alami asam lambung ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, Si Kecil pernah mengalami gejala-gejala seperti susah makan, sakit perut, serta mual muntah? Bisa jadi ia punya penyakit asam lambung, lho. Dilansir dari Kids Health, gejala-gejala ini bisa saja merupakan gejala awal asam lambung.

Kondisi seperti Si Kecil sering mual dan muntah, terutama setelah makan bisa menjadi tanda penyakit asam lambung yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Jika dibiarkan terus-menerus, anak akan mengalami rasa tidak nyaman seperti nyeri ulu hati, gigi rusak, masalah pernapasan, atau GERD.

Makanan Penyebab Asam Lambung Anak

Peran Moms untuk lebih bijak memiliki makanan sangatlah diperlukan. Untuk mencegah kondisi-kondisi tersebut terjadi, Moms harus mengetahui makanan apa saja yang perlu dihindari Si Kecil. Berikut 7 makanan penyebab asam lambung anak:

1. Minuman Berkafein

makanan penyebab asam lambung anak 1.jpeg

Foto: Unsplash.com

Jangan terlalu sering memberikan Si Kecil minuman berkafein ya, Moms. Sebab, minuman berkafein punya kandungan asam yang sangat tinggi, sehingga menjadi salah satu makanan penyebab asam lambung anak dan memperburuk refluks asam.

Beberapa minuman dan makanan berkafein yang sebaiknya dihindari adalah kopi, teh, cokelat, minuman bersoda, dan minuman berenergi.

Baca Juga: Cara Mencegah GERD (Penyakit Lambung) Pada Anak

2. Minuman Bersoda

Moms, memberi minuman bersoda untuk Si Kecil bukan ide bagus untuk kesehatan lambungnya. Gelembung yang mengembang di perutnya dapat menciptakan lebih banyak tekanan dan rasa sakit pada lambungnya.

Selain itu, minuman bersoda umumnya punya kandungan gula yang sangat tinggi sehingga berbahaya pula bagi kadar gula Si Kecil.

3. Cokelat

makanan penyebab asam lambung anak 2.jpeg

Foto: Unsplash.com

Cokelat adalah makanan yang umumnya disukai anak-anak. Bagi anak penyuka cokelat, dalam satu hari biasanya mereka tidak bisa berhenti mengonsumsi makanan mengandung cokelat karena rasanya yang manis dan enak.

Namun, hal ini harus dihindari karena nyatanya cokelat merupakan salah satu makanan penyebab asam lambung anak karena mengandung trifecta yang dapat memperburuk kondisi lambung.

Baca Juga: Apakah Anak yang Minum Susu Cokelat Berisiko Terkena Diabetes?

4. Peppermint

Jangan terkecoh dengan reputasi peppermint yang dapat menenangkan perut, Moms. Karena ternyata, peppermint juga bisa menjadi pemicu refluks asam lambung yang tinggi.

Maka, jika penyakit lambung Si Kecil sedang kambuh atau untuk menghindarinya, jangan berikan ia peppermint ya, Moms.

5. Jeruk

makanan penyebab asam lambung anak 3.jpeg

Foto: Unsplash.com

Karena memiliki tingkat keasaman yang tinggi, jeruk juga perlu dihindari saat penyakit asam lambung anak sedang kumat. Jeruk ternyata bisa memperburuk gejala asam lambung, karena dapat merilekskan sfingter esofagus di dalam tubuh Si Kecil.

Lemahnya sfingter esofagus ini bisa membuat asam lambung naik ke kerongkongan dan mulut, sehingga anak akan merasakan sensasi terbakar dengan nyeri dada atau mulas.

6. Gorengan

Hindari pula makanan yang digoreng karena jenis makanan ini dapat memperburuk kondisi refluks lambung Si Kecil, Moms.

Makanan yang direndam dalam minyak panas dan berjumlah banyak mengandung lebih banyak minyak trans atau tinggi lemak. Hal ini berisiko membuat asam lambung anak kembali naik.

Lebih baik berikan Si Kecil makanan yang direbus atau dikukus yang sedikit atau sama sekali tidak mengandung minyak agar tidak memperparah kondisi lambungnya.

Baca Juga: Apakah Anak Bisa Alami Penyakit Asam Lambung? Ini Cirinya!

7. Alkohol

makanan penyebab asam lambung anak 4.jpeg

Foto: Unsplash.com

Alkohol adalah minuman yang sebenarnya tidak disarankan untuk anak-anak. Tetapi saat ini, ada sangat banyak minuman yang menjadikan alkohol menjadi bahan campurannya.

Untuk itu, kuncinya adalah kewaspadaan dan ketelitian Moms saat melihat kandungan dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi Si Kecil.

Alkohol dapat menyebabkan iritasi pada bagian lambung yang radang, juga melemaskan sfingter esofagus sehingga membuat lambung menghasilkan lebih banyak asam.

Moms, makan adalah salah satu kegiatan penting bagi anak, sebagai orang tua harus memperhatikan betul makanan dan minuman apa saja yang dikonsumsinya. Dilansir dari University Hospitals, makanan paling baik saat gejala asam lambung naik ialah dada ayam, nasi merah, semangka, melon, oatmeal, dan jahe.

Itulah beberapa makanan penyebab asam lambung anak yang harus dihindari. Ketika gejala-gejala asam lambung anak mulai muncul, segera hindari makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas ya, Moms. Semoga Si Kecil selalu sehat!

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait