Program Hamil

21 Februari 2019

7 Makanan yang Harus Dimakan dan Dihindari setelah Keguguran

Daging tanpa lemak sangat baik dikonsumsi setelah keguguran
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Keguguran memang menjadi hal yang dapat menganggu kesehatan seseorang, baik secara mental maupun fisik. Namun, kendati masih dalam kondisi sangat terpukul, ibu juga harus tetap memperhatikan kesehatan setelah keguguran.

Dikutip dari Momjunction.com, penting bagi Moms memperhatikan asupan makanan setelah keguguran. Bukan hanya untuk membantu pemulihan setelah keguguran, tapi juga untuk mencegah terjadinya keguguran di masa yang akan datang.

Makanan yang Harus Dikonsumi

Setelah keguguran, Moms harus betul-betul tahu makanan apa saja yang perlu dikonsumsi. Ada beberapa makanan yang sebaiknya Moms konsumsi untuk membantu proses pemulihan. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Makanan Kaya Zat Besi

daging zat besi

foto: wallpapercraft.com

Dilansir dari Momjunction.com, keguguran dapat menyebabkan perdarahan hebat dan membuat berkurangnya jumlah zat besi dalam tubuh. Maka setelah keguguran Moms mungkin mengalami anemia, lemah, dan letih.

Itulah mengapa penting untuk mengkonsumsi makanan kaya zat besi setelah keguguran. Jenis zat besi terbaik untuk dikonsumsi setelah keguguran jenis yang mudah diserap oleh tubuh seperti daging tanpa lemak. 

Baca Juga: 6 Tips Atasi Kesedihan Saat Program Hamil Gagal

Namun perlu diingat bahwa sebaiknya hindari olahan daging yang digoreng. Sebagai gantinya, cobalah untuk memanggang daging tersebut. Selain daging, sumber zat besi lain yang juga baik untuk dikonsumsi adalah kacang polong, kismis, kedelai, dan beras merah.

Selain mengonsumsi makanan kaya zat besi, cobalah mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C. Makanan ini dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Buah-buahan seperti pepaya, stroberi dan jeruk bali harus menjadi bagian dari asupan makanan pascakeguguran.

2. Makanan Kaya Kalsium

img25156

Foto: Greatbritishchefs.com

Selama kehamilan, cadangan kalsium tubuh bisa sangat menurun. Itulah mengapa penting untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium.

Beberapa sumber kalsium terbaik adalah susu, salmon, kedelai, buah kering, dan sayuran hijau. Selain itu, Moms juga perlu mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh setelah keguguran.

Baca Juga: Cara Mengatasi Trauma Pasca Keguguran

3. Makanan Kaya Magnesium

gugur2

Bersedih karena kehilangan bayi bisa membuat Moms depresi. Tidak mudah berdamai dengan hilangnya impian dan harapan. Perasaan depresi bervariasi di antara perempuan. Ada yang dapat bangkit kembali dengan mudah setelah keguguran sementara yang lain dapat berduka selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun.

Salah satu cara yang sebenarnya mudah untuk dilakukan dalam mengobati kesedihan adalah dengan mengonsumsi makanan yang menenangkan untuk membantu mengatasi depresi pascakeguguran.

Moms dapat mengonsumsi makanan yang kaya magnesium untuk pulih dari depresi seperti cokelat dan kacang polong. Magnesium tidak hanya membantu Moms mengatasi depresi, tetapi juga membantu produksi energi tubuh, perbaikan sel, serta fungsi saraf dan otot.

Makanan yang Harus Dihindari

Selain ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi, rupanya ada pula beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari lho. Apa saja? Yuk kita lihat daftarnya!

1. Karbohidrat

gugur3

Karbohidrat memberi tubuh bahan bakar yang dibutuhkan dan juga mengontrol kadar gula tubuh. Tetapi biji-bijian olahan atau karbohidrat serat dapat berdampak buruk pada tubuh.

Makanan tersebut dapat menyebabkan fluktuasi cepat kadar gula dalam tubuh. Itulah mengapa penting untuk membatasi jumlah pati rendah serat dalam makanan. Hindari makanan seperti nasi instan, telur, dan mie.

2. Makanan Manis

sweets

Foto: Larkhallprimary.net

Hindari makanan manis dengan indeks glikemik tinggi karena makanan tersebut juga dapat menyebabkan kadar gula darah berfluktuasi. Katakan tidak pada makanan seperti permen dan minuman berkarbonasi.

3. Susu dan Daging Berlemak

gugur4

Setelah keguguran, penting untuk menghindari peradangan yang dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak nyaman. Lemak dalam daging dan produk susu dapat menyebabkan peradangan.

Jadi hindari daging berlemak dan produk susu setelah keguguran seperti domba, mentega, keju, dan susu.

Baca Juga: Makan Nanas Saat Hamil Bisa Bikin Keguguran, Mitos Atau Fakta?

4. Junk Food

junk food

Foto: Phys.com

Makanan siap saji memang sangat nikmat, dan sebenarnya tak masalah jika Moms mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak banyak. Namun jangan jadikan junk food menjadi makanan utama setelah keguguran.

Junk food hanya akan mengisi tubuh dengan kalori kosong dan mencegah tubuh mengonsumsi makanan kaya nutrisi yang dibutuhkan.

Meski begitu berat, namun jangan pernah biarkan diri Moms terus berlarut dalam kepedihan. Cobalah untuk segera bangkit dan sayangi tubuh agar kehamilan cepat kembali didapatkan. Selamat mencoba!

(MDP)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait