Kesehatan Umum

8 Desember 2019

7 Makanan yang Mempercepat Penuaan Kulit, Hindari dari Sekarang!

Ada beberapa jenis makanan sehari-hari ternyata menyebabkan proses penuaan terlalu cepat.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, simak jenis-jenis makanan yang mempercepat penuaan kulit. Makanan yang sering Moms konsumsi tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, tetapi juga penuaan kulit wajah. Wah, apa ya makanan yang membuat cepat tua?

Moms mungkin pernah memperhatikan kulit terlihat keriput atau bergaris setelah kebiasaan mengonsumsi sesuatu, terutama makanan yang dibakar atau barbeque.

Menurut Ariel Ostad, MD, seorang dermatologis, makanan apapun dapat memengaruhi penampilan kulit baik maupun buruk. Pola makan buruk terus menerus dapat mempercepat proses penuaan kulit.

Dikutip dari The American Journal of Pathology, kerusakan pada kolagenase dapat mempercepat proses penuaan kulit. Kolagenase adalah proses memproduksi kolagen, yakni protein dalam tubuh yang membuat kulit lebih kencang dan bisa membuat kulit tampak lebih tua.

Pada dasarnya semua orang memang tidak bertambah muda. Tetapi, Moms bisa memperlambatnya dengan menghindari konsumsi makanan yang mempercepat penuaan kulit berikut ini:

1. Permen

7 Makanan yang Mempercepat Penuaan Kulit, Hindari dari Sekarang! 01.jpg

Foto: freepik.com

Jika Moms ingin tampilan kulit awet muda, mulailah dengan menghindari permen. Karena, gula termasuk makanan yang mempercepat penuaan.

Menurut. Ana Reisdorf, MS, RD, gula yang dicerna akan meninggalkan puing-puing yang dikenal sebagai produk akhir glikasi atau AGEs. Seiring waktu, AGEs membangun dan melekat pada kolagen yang menyebabkan keriput dan kendur.

Lebih baik pertimbangkan untuk mengonsumsi protein yang membuat kulit tampak segar dan awet muda. Karena protein membantu tubuh memproduksi kolagen dan elastin.

Baca Juga: Benarkah Menelan Permen Karet Membahayakan Tubuh? Begini Penjelasannya

2. Daging Panggang Gosong

7 Makanan yang Mempercepat Penuaan Kulit, Hindari dari Sekarang! 02.jpg

Foto: shutterstock.com

Moms mungkin salah satu pecinta makanan bakar, bahkan sampai terlihat gosong. Padahal konsumsi daging atau makanan bakar apapun yang sampai gosong bisa mempercepat penuaan kulit.

Karena daging gosong mengandung hidrokarbon proinflamasi, yang bisa memecah kolagen kulit. Lebih baik Moms menghindari konsumsi daging bakar di bagian gosongnya. Sebab, bagian ini merupakan makanan yang mempercepat penuaan juga.

3. Karbohidrat Olahan

7 Makanan yang Mempercepat Penuaan Kulit, Hindari dari Sekarang! 03.jpg

Foto: shutterstock.com

Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna menjadi gula murni. Proses itu akan meningkatkan AGEs, melemahkan integritas kolagen dan elastin kulit.

Tetapi, bukan berarti Moms harus menghindari karbohidrat untuk mencegahnya. Lebih baik, konsumsi biji-bijian utuh, buah-buahan, dan sayuran yang memberikan banyak manfaat pada kulit.

Sebaiknya Moms mulai menghindari konsumsi karbohidrat buatan seperti roti putih, kue-kue dan sereal sarapan.

Baca Juga: Yuk Berkreasi Membuat MPASI Sereal dan Buah Untuk Si Kecil!

4. Margarin

7 Makanan yang Mempercepat Penuaan Kulit, Hindari dari Sekarang! 04.jpg

Foto: shutterstock.com

Moms mungkin lebih senang menggunakan margarin untuk masak atau membuat kue sebagai pengganti mentega. Padahal margarin termasuk makanan yang mempercepat penuaan.

Satu studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa orang yang sering konsumsi margarin memiliki lebih banyak keriput daripada yang tidak.

Korelasinya kemungkinan karena ada jenis lemak spesifik dalam margarin yang dapat meningkatkan peradangan.

5. Makanan Asin

7 Makanan yang Mempercepat Penuaan Kulit, Hindari dari Sekarang! 05.jpg

Foto: shutterstock.com

Makanan apapun yang mengandung natrium dalam jumlah tinggi, seperti pikirkan daging, sup dan keripik kentang dapat mempercepat penuaan.

"Garam yang berlebih di dalam tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan dari sel-sel untuk membantu menetralkan garam dan menariknya keluar dari tubuh," kata Beth Warren, RD, kepada Bustle.

Sehingga, proses tersebut akan membuat kulit menjadi lebih kering karena kekurangan cairan. Pada akhirnya penampilan kulit Moms terlihat lebih tua karena keriput.

Baca Juga: Keripik Buah, Alternatif Camilan Sehat di Rumah

6. Makanan Pedas

7 Makanan yang Mempercepat Penuaan Kulit, Hindari dari Sekarang! 06.jpg

Foto: shutterstock.com

Seiring bertambahnya usia, Moms mungkin melihat rosacea menjadi lebih buruk ketika konsumsi makanan pedas.

Menurut Ava Shamban, asisten profesor klinis dermatologi di UCLA, rosacea adalah kondisi kulit yang paling sensitif terhadap makanan. Bahkan makanan pedas dapat memicu peradangan dan kemerahan.

Peradangan itulah nantinya juga bisa menyebabkan proses penuaan terlalu cepat. Karena itu, ada baiknya mengurangi makanan pedas agar awet muda.

7. Kopi

7 Makanan yang Mempercepat Penuaan Kulit, Hindari dari Sekarang! 07.jpg

Foto: freepik.com

Bagi Moms pecinta kopi, nampaknya perlu mengurangi dan menggantinya dengan air putih lebih banyak.

Karena kafein dalam kopi dapat mengeringkan kulit, yang akhirnya akan menonjolkan munculnya kerutan dan garis-garis halus.

Bahkan menambahkan krim dan gula juga semakin merusak pembentukan kolagen.

Wah, jika tak ingin cepat tua, sebaiknya kita hindari ya Moms dan beralih ke pola hidup sehat. Sebisa mungkin, hindari makanan-makanan yang mempercepat penuaan seperti di atas, ya, Moms.

(SA/DIN)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait