Kehamilan

17 Mei 2020

7 Penyebab Sulit Hamil Yang Ditandai Menstruasi Tidak Teratur

Apa saja ya, Moms?
placeholder

Foto: menstruasi tidak teratur, penyebab sulit hamil

placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sulit hamil dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, termasuk beberapa diantaranya adalah kondisi medis yang ditandai dengan menstruasi tidak teratur.

Kondisi Medis yang Ditandai dengan Menstruasi Tidak Teratur

Berikut merupakan beberapa kondisi medis yang ditandai dengan menstruasi tidak teratur, penyebab sulit hamil.

1. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

7 Penyebab Sulit Hamil Yang Ditandai Menstruasi Tidak Teratur 1

Foto: dietdoctor.com

Menurut Medical News Today, periode menstruasi yang tidak teratur adalah tanda paling umum dari PCOS. Di mana kondisi medis yang satu ini diketahui sebagai penyebab umum sulit hamil dari banyak wanita.

Selain menstruasi yang tidak teratur, wanita dengan PCOS umumnya juga mengeluhkan perdarahan menstruasi yang berat. PCOS juga ditandai dengan gejala-gejala lain seperti tumbuhnya bulu-bulu berlebihan pada wajah dan tubuh, kelebihan berat badan atau obesitas, serta kebotakan.

Baca Juga: Benarkah Terlalu Kurus Jadi Sulit Hamil?

2. Masalah Tiroid

7 Penyebab Sulit Hamil Yang Ditandai Menstruasi Tidak Teratur 2

Foto: providencemedical.com.au

Kelenjar tiroid pada leher bertanggung jawab untuk mengatur metabolisme dan dapat memengaruhi siklus menstruasi. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau justru kurang aktif dapat menyebabkan menstruasi menjadi lebih jarang ataupun lebih sering, tidak menstruasi sama sekali, atau menyebabkan perdarahan berat.

“Ketika mencari penyebab menstruasi yang tidak teratur, pemeriksaan untuk masalah tiroid sering kali yang paling banyak disarankan,” kata Karen Carlson, MD, asisten profesor OB-GYN di University of Nebraska Medical Center.

3. Fibroid Rahim

7 Penyebab Sulit Hamil Yang Ditandai Menstruasi Tidak Teratur 3

Foto: drbozmd.com

Fibroid adalah tumor berotot yang berkembang di dinding rahim. Sebagian besar fibroid bersifat non-kanker dan memiliki ukuran yang bervariasi. Fibroid dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan terasa menyakitkan dengan perdarahan berat yang sering kali menyebabkan anemia.

Wanita yang memiliki fibroid biasanya juga mengalami nyeri panggul, nyeri punggung bawah, kaki terasa sakit, dan sakit saat berhubungan seksual.

“Sebagian besar fibroid tidak menyebabkan sulit hamil, tetapi beberapa diantaranya bisa menjadi penyebab. Tergantung pada ukuran dan lokasinya, fibroid dapat mengganggu sperma untuk sampai ke sel telur sehingga menghambat terjadinya pembuahan implantasi embrio,” jelas ahli kesuburan Julierut Tantibhedhyakul, MD, melalui Cleveland Clinic.

Baca Juga: Waspada Diabetes Sebabkan Sulit Hamil!

4. Infeksi Menular Seksual

7 Penyebab Sulit Hamil Yang Ditandai Menstruasi Tidak Teratur 4

Foto: walesonline.co.uk

Mengutip Insider, Mary Rosser, direktur divisi OB-GYN di Montefiore Health System, mengatakan bahwa infeksi menular seksual seperti klamidia dan gonore dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur.

Di mana kedua kondisi medis tersebut juga termasuk penyebab sulit hamil pada beberapa wanita.

5. Endometriosis

7 Penyebab Sulit Hamil Yang Ditandai Menstruasi Tidak Teratur 5

Foto: medicalnewstoday.com

Kebanyakan wanita dengan endometriosis memiliki keluhan seperti nyeri panggul, sakit saat berhubungan seksual, dan menstruasi dengan perdarahan berat atau tidak teratur. Namun, beberapa wanita cenderung tidak memiliki gejala.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Assisted Reproduction and Genetics, wanita dengan endometriosis cenderung memiliki fekundabilitas yang lebih rendah, yaitu sekitar 0,02-0,1 setiap bulannya.

Bahkan American Society for Reproductive Medicine menyebutkan bahwa wanita dengan endometriosis 30% hingga 50% lebih berisiko untuk mengalami infertilitas.

Baca Juga: Ternyata 3 Kelainan Rahim Ini Bikin Sulit Hamil

6. Primary Ovarian Insufficiency (POI)

7 Penyebab Sulit Hamil Yang Ditandai Menstruasi Tidak Teratur 6

Foto: modernfertility.com

POI terjadi ketika ovarium berhenti bekerja secara normal sebelum berusia 40 tahun atau saat masih berusia remaja.

Womens Health mengungkapkan bahwa POI tidak sama dengan menopause dini. Pasalnya, wanita dengan POI masih mungkin mengalami menstruasi, meskipun umumnya tidak teratur.

Wanita dengan POI juga masih bisa hamil, meskipun cenderung lebih sulit.

7. Penyakit Radang Panggul (PID)

7 Penyebab Sulit Hamil Yang Ditandai Menstruasi Tidak Teratur 7

Foto: nuawoman.com

Menstruasi yang tidak teratur juga dapat menjadi pertanda dari PID, infeksi organ reproduksi. PID paling sering disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS).

Menurut American College of Obstetricians and Gynaecologist (ACOG) menuliskan bahwa satu dari 10 wanita dengan PID berisiko tinggi mengalami sulit hamil hingga infertil.

Hal tersebut dikarenakan PID dapat menyebabkan jaringan parut pada tuba falopi. Jaringan parut inilah yang dapat menyumbat tuba falopi dan mencegah terjadinya pembuahan.

Baca Juga: Mengenal Penyebab dan Cara mengatasi PCOS, Masalah Hormon yang Membuat Sulit Hamil

Itulah beberapa kondisi medis dengan gejala menstruasi tidak teratur, penyebab sulit hamil. Segera konsultasikan dengan dokter jika Moms memiliki menstruasi yang tidak teratur. Terutama jika disertai dengan keluhan-keluhan seperti nyeri hingga perdarahan berat.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait