Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kehamilan | Sep 20, 2018

7 Tips Tidur untuk Ibu Hamil Supaya Tetap Nyaman

Bagikan


Saat masa kehamilan, hal terpenting yang harus diperhatikan ibu hamil adalah pola istirahat. Ibu hamil sebaiknya tak melakukan pekerjaan berat serta memenuhi kebutuhan istirahat yang cukup, salah satunya dengan tidur.

Meskipun tidur adalah hal yang mudah, namun untuk ibu hamil tidur memiliki tipsnya tersendiri, lho. Inilah cara tidur untuk ibu hamil supaya tetap nyaman!

Kurangi Cairan Sebelum Tidur

Tubuh Moms membutuhkan asupan cairan yang cukup untuk membuat tubuh tetap terhidrasi. Minumlah banyak cairan sepanjang hari, namun menjelang tidur kurangi jumlah asupan cairan tersebut agar Moms tak melulu harus bersusah payah bangun dan pergi ke kamar kecil.

Hindari Makanan Pedas

Untuk mencegah mulas, jangan makan dalam jumlah besar, pedas dan asam seperti makanan yang mengandung tomat atau makanan yang digoreng. Jika Moms memiliki sakit maag maka tidurlah dengan kepala ditinggikan di atas bantal.

Tidur ke Arah Kiri

Pada trimester ketiga, tidurlah ke arah kiri untuk memungkinkan aliran darah terbaik mengalir ke janin dan ke rahim serta ginjal. Jangan lupa pula untuk menghindari berbaring telentang untuk jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Lihat Manfaatnya, Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Disarankan Tidur Miring ke Sisi Kiri

Mandi Air Hangat

Belajar untuk bersantai dengan teknik relaksasi dan pernapasan, dapat membantu ketika kontraksi tiba-tiba terasa. Selain itu, mandi dengan air hangat sebelum tidur juga dapat membantu.

Berolahraga

Moms akan mudah sekali merasakan kram kaki setelah bangun tidur, untuk menghindarinya berolahragalah dengan rutin untuk menghindari kram dan meningkatkan sirkulasi darah semakin lancar.

Konsumsi Camilan Hambar

Cobalah camilan sering hambar seperti biskuit untuk sepanjang hari. Camilan ini akan membantu menghindari rasa mual dengan menjaga perut Moms tetap kenyang pada malam hari.

Baca Juga: Kenali 6 Penyebab Gangguan Tidur Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Sempatkan Tidur Siang

Moms mungkin seorang wanita karir yang tak memiliki waktu tidur siang. Namun tahukah Moms bahwa penelitian menunjukan bahwa 51% wanita hamil atau yang baru hamil membutuhkan satu hari tidur siang pada hari kerja dan 60% lainnya setidaknya satu tidur siang akhir pada pekan.

Begitu bayi lahir, tidur Moms sering terganggu, terutama jika menyusui. Ibu yang menyusui dan yang memiliki bayi yang sering bangun di malam hari harus mencoba tidur siang ketika bayi juga sedang tidur.

Bagilah tugas dengan sang ayah, terutama pada malam hari. Hal ini sangat penting untuk kesehatan, keselamatan, aktivitas, dan vitalitas Moms.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.