Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Anak | Jan 18, 2018

7 Trik Membantu Anak Mengurangi Sifat Pemalunya

Bagikan



Apakah anak Moms termasuk anak yang bawel saat di rumah, tapi menjadi pendiam di keramaian? Atau memang ia anak yang pemalu dan selalu menempel pada Moms?

Menurut Benardo J. Carducci, Ph.D., professor psikologi sekaligus direktur Shyness Research Institute, sifat pemalu yang dimiliki anak merupakan sesuatu yang wajar.

Kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menyemangati Si Kecil untuk berani keluar dari ‘tempurung’nya.

Berikut tujuh cara yang bisa mengurangi sifat pemalu pada anak agar mereka lebih nyaman dan percaya diri:

Jangan Intervensi

mengatasi anak pemalu, agar anak pemberani

Saat melihat Si Kecil kesulitan mendapat teman di taman bermain, Moms pasti ingin menghampirinya dan mencairkan suasana agar ia bisa bergabung dengan anak lainnya.

Namun, menurut Benardo, hal itu tidak baik untuk dilakukan. Jika Moms mengintervensi, maka Si Kecil tidak akan bisa belajar dari pengalamannya. Bagaimana pun juga, kemampuan membuka diri diperlukan anak sampai mereka dewasa nanti.

Berada Di Dekatnya

anak pemalu, agar anak tidak pemalu, mengatasi anak pemalu

Meskipun Moms tidak boleh intervensi, namun pastikan selalu berada di dekat Si Kecil. Misalnya, ketika mengantar anak mengunjungi pesta ulang tahun temannya, Moms boleh berada di dekatnya hingga anak merasa nyaman dengan suasana di sana.

“Maksudnya sebagai ‘pemanasan’ agar anak terbiasa dengan suara berisik di pesta dan lingkungan baru. Temani dia sebentar, lalu ketika dia sudah mendapat teman, Anda boleh meninggalkannya,” ujar Benardo.

Siapkan Anak Menghadapi Suasana Baru

anak pemalu, cara mengatasi anak pemalu, cara agar anak pemberani

Datang ke tempat baru bisa menjadi hal yang menegangkan untuk anak. Oleh sebab itu, sebaiknya Moms mempersiapkan mental Si Kecil terlebih dahulu. Misalnya, saat di rumah, ceritakan sedikit mengenai tempat yang akan dikunjungi. Jelaskan bagaimana situasi dan kegiatan yang akan mereka hadapi di sana.

Baca Juga : Perceraian Membuat Anak Jadi Pemalu, Benarkah?

Beri Contoh

cara mengatasi anak pemalu

“Jangan pernah meminta anak melakukan hal yang tidak ingin Anda lakukan,” ujar Benardo. Moms harus bersikap hangat dan bersahabat saat bertemu dengan orang lain (anak belajar dari tingkah laku orangtuanya). Namun, jika Moms juga merasa tidak nyaman berbasa-basi dengan orang asing, maka jangan harap anak bisa menjadi supel.

Bertahap

cara mengatasi anak pemalu

Perkenalkan anak pada hal baru menggunakan ‘pendekatan faktorial’. Sebuah teknik di mana Moms mengubah satu atau dua hal pada waktu yang bersamaan. Sebagai contoh, undang tetangga dengan anaknya untuk main ke rumah Moms.

Saat bermain bersama, anak merasa nyaman satu sama lain dan sifat pemalunya jadi sedikit berkurang. Jika rencana itu berhasil, Moms bisa mulai mengundang lebih banyak anak. Namun, Moms harus memberikan anak waktu dan jangan terlalu memaksa. Biarkan anak mengurangi sifat pemalunya secara bertahap.

Minta Pengertian

cara mengatasi anak pemalu

Ajak anggota keluarga dan teman untuk membantu anak agar lebih terbuka. Katakan pada mereka jika anak Moms pemalu dan membutuhkan adaptasi yang sedikit lama. Minta waktu dan pengertian mereka saat anak mengobservasi situasi dan orang yang baru dikenalnya.

Bicara Tentang Kecemasan

cara mengatasi anak pemalu

Biarkan anak Moms tahu bahwa merasa gugup dan cemas merupakan sesuatu hal yang wajar. Agar lebih spesifik, ceritakan kisah di mana Moms juga pernah merasa gelisah (misalnya ketika harus berbicara di depan kelas) dan bagaimana cara mengatasinya.

Yuk, bantu anak kurangi sifat pemalunya. Namun, jangan terlalu memaksa, ya, Moms!

(GLW)
Foto: Shutterstock

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.