Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Sekolah Anak | Mar 1, 2019

8 Kiat Agar Homeschooling Balita Berjalan Lebih Efektif

Bagikan


kiat homeschooling

Moms, apa sudah mantap untuk mulai menjalankan homeschooling untuk Si Kecil?

Walaupun bersifat informal dan dilakukan di rumah, homeschooling tetap perlu dilakukan secara terstruktur agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Jangan khawatir kalau Moms baru memulai dan belum berpengalaman dalam sistem sekolah di rumah. Dikutip dari Teachingmama.org, ada beberapa kiat agar anak betah homeschooling sekaligus belajar secara efektif. Apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini Moms!

1. Buat Rutinitas Belajar

homeschooling balita

Deseretnews.com

Kiat agar anak betah homeschooling yang pertama adalah membangun kebiasaan belajar yang baik melalui rutinitas. Yang paling mudah adalah memasukkan waktu belajar kedalam rutinitas pagi Si Kecil, yaitu setelah mandi pagi dan sarapan.

Selanjutnya, Moms bisa menyusun rutinitas aktivitas belajar agar Si Kecil tahu apa yang akan dia lakukan setiap harinya.  Sebagai contoh, aktivitas belajar bisa dimulai dengan melingkari, lalu dilanjutkan dengan mewarnai atau melukis, dan diakhiri dengan aktivitas sensori.

2. Susun Kurikulum

homeschooling balita

Mercatornet.com

Memiliki kurikulum yang terstruktur akan membantu balita lebih mudah mencapai tujuan apapun dari homeschooling lho, Moms. Yang paling asyik, Moms bisa menyusun kurikulum secara tematik agar buah hati bisa belajar lebih mendalam tentang suatu topik.

Nah, maksud tematik disini adalah menggunakan satu topik untuk serangkaian aktivitas belajar. Contohnya, dalam kurikulum bertema Hari Kemerdekaan Moms bisa merencanakan aktivitas seperti:

  • Mewarnai peta Indonesia. (Seni dan pengetahuan alam)
  • Mencoba gerakan pencak silat seperti para pahlawan. (Pendidikan fisik)
  • Membuat atau mengelompokkan gambar bendera dengan jumlah dan ukuran tertentu. (Matematika)

3. Buat Rencana Belajar Sesuai Minat Anak

homeschooling balita

Parents.com

Nah, ini dia kiat agar anak betah homeschooling yang sudah diakui oleh banyak orang tua. Dengan membuat rencana aktivitas atau tema belajar yang sesuai dengan minatnya, Si Kecil pasti akan lebih semangat untuk belajar.

Kalau Si Kecil sedang tertarik dengan dinosaurus, Moms bisa mengajaknya membaca buku tentang dinosaurus, menggali tulang dinosaurus, membuat topi dinosaurus, dan sebagainya.

Baca Juga: 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Mencari Sekolah untuk Anak

4. Jangan Terlalu Fokus Pada Kemampuan Akademis

homeschooling balita

Livestrong.com

Wajar kalau Moms ingin mulai mengembangkan kemampuan akademis Si Kecil sejak dini, tapi di usianya yang masih balita sebaiknya fokuskan untuk membangun pondasi kebiasaan belajar yang baik.

Homeschooling untuk balita harus terasa santai, menarik, dan menyenangkan. Jadi tidak perlu terlalu memaksa balita untuk mengerjakan lembaran belajar menulis atau berhitung yang sudah Moms siapkan.

5. Perbanyak Belajar Keterampilan Hidup

homeschooling balita

Romper.com

Sekolah di rumah juga bisa dimanfaatkan untuk belajar berbagai hal yang tidak diajarkan di preschool umum, seperti keterampilan hidup, pola makan sehat, gaya hidup ramah lingkungan, manajemen waktu, dan sebagainya.

6. Prioritaskan Belajar Sambil Bermain

homeschooling balita

Safarikidslearningcenter.com

Kiat agar anak anak betah homeschooling yang selanjutnya adalah mengemas materi pelajaran dalam bentuk permainan menyenangkan.

Jadi, ketimbang meminta Si Kecil untuk duduk dan mengerjakan lembaran tugas, Moms bisa mengajaknya bernyanyi lagu alfabet, menghitung jumlah kelereng yang ada di toples, serta berbagai aktivitas edukatif lainnya.

Baca Juga: Sekolah Bayi, Apakah Perlu? Ini 5 Fakta yang Harus Kita Tahu

7. Manfaatkan Aktivitas Keseharian

homeschooling balita

Study.com

Yang paling luar biasa dari metode sekolah di rumah adalah membuat balita tahu bahwa proses belajar tidak hanya bisa dilakukan dengan duduk dan membuka buku, tapi justru dengan memperhatikan berbagai hal yang ada di sekelilingnya.

Bahkan aktivitas berkebun di halaman rumah atau membuat kue bisa dijadikan kesempatan untuk belajar bahasa, matematika, mengenal warna, dan ilmu pengetahuan alam.

8. Bergabung Dengan Komunitas Homeschooling

homeschooling balita

Bubeleapp.com

Saat ini, jaringan komunitas homeschooling sudah ada nyaris di semua kota, sebagai wadah untuk bertukar pikiran dan berbagi tips dengan orang tua lain yang menjalankan metode sekolah di rumah.

Dengan bergabung dengan komunitas homeschooling lokal, Moms juga akan mendapatkan banyak kesempatan untuk sesi belajar bersama sekaligus bersosialisasi, agar perkembangan sosial emosional Si Kecil tidak tertinggal.

Moms juga tidak perlu khawatir mencari inspirasi aktivitas atau kurikulum, karena sudah cukup banyak situs dan aplikasi yang bisa memberikannya secara gratis. Bagaimana menurut Moms, apa lagi yang bisa dilakukan agar Si Kecil betah homeschooling?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.