Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

8 Makanan Agar Kulit Bayi Baru Lahir Putih dan Cerah

Bagikan


8 Makanan Agar Kulit Bayi Baru Lahir Putih dan Cerah

Bayi yang baru lahir pada umumnya memiliki kulit berwarna merah. Beberapa hari setelahnya kulit bayi akan berubah warna, ada yang menjadi putih, ada pula yang memiliki kulit lebih gelap.

Warna kulit Si Kecil tentu tergantung pada ras dan gen Moms dan Dads.

Tapi jangan kaget jika Moms memiliki bayi dengan kulit putih, padahal Moms dan Dads memiliki kulit sawo matang. Para ahli gen pun tidak dapat memprediksi hal tersebut, karena  proses transfer gen yang cukup acak.

Warna atau pigmen kulit, atau disebut juga melanin, Si Kecil diturunkan dari Moms pada Si Kecil. Namun, jumlah dan tipe gen yang diturunkan sangat acak sehingga Si Kecil bisa memiliki warna kulit di antara warna kulit orang tuanya, atau terkadang di luar warna kulit orang tua.

Baca Juga : Jangan Kaget, Ini 10 Hal yang Perlu Diketahui tentang Bayi Baru Lahir

Terlepas dari apa warna kulit Si Kecil ketika baru lahir, warna tersebut masih bisa berubah-ubah lho, Moms. Dari sisi orang tua, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat kulit bayi lebih cerah.

  1. Banyak Makan Buah

Setelah Si Kecil masuk fase MPASI, berikan ia banyak buah. Buah, terutama buah yang langsung dikonsumsi adalah sumber antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan membuat kulitnya lebih cerah. Lanjutkan hal ini hingga Si Kecil masuk fase balita, ya, Moms. Agar ia tidak bosan, olah buah menjadi makanan lain yang menarik.

  1. Minum Banyak Air

Ternyata tidak sulit untuk membuat kulit Si Kecil lebih cerah, salah satunya dengan minum air putih. Tubuh dengan hidrasi yang cukup dapat mengeluarkan semua racun dari tubuh, termasuk kulit, sehingga kulit menjadi lebih bersih dan cerah.

  1. Jus Anggur, Apel, dan Jeruk

Selain mengonsumsi buah langsung, beberapa buah yang diolah menjadi jus juga dapat mencerahkan warna kulit secara signifikan lho, Moms.

Ekstrak buah anggur, jeruk, dan apel adalah beberapa yang terbaik. Untuk hasil maksimal, lebih baik buat langsung jusnya di rumah ya, Moms. Agar tidak ada tambahan gula atau bahan lain.

Baca Juga : Tips Efektif Merawat Kulit Bayi yang Sensitif

  1. Tomat

Kandungan antioksidan dan lycopene dalam tomat dapat membangun pertahanan alami kulit dari radiasi dan sinar matahari. Untuk mendapat lycopene maksimal, Moms dapat mengolah tomat menjadi sup atau saus untuk pasta.

  1. Wortel

Ternyata wortel tidak hanya baik untuk mata dan kekebalan tubuh, Moms.

Sayuran yang satu ini juga mengandung beta karoten yang berfungsi melindungi kulit dari radiasi dan sengatan matahari.

Untuk cara mengolahnya tentu Moms sudah tidak asing lagi bukan? Mulai dari sop hingga jus, kemudian berikan pada Si Kecil.

  1. Kale

Sayuran yang satu ini masih satu keluarga dengan kubis, tapi sedikit berbeda.

Sayuran hijau ini mengandung lutein, zeaxanthin, vitamin A, dan Vitamin C.

Kandungan tersebut menyerap dan menetralisir radikal bebas yang masuk dalam tubuh kita lewat lingkungan. Ini termasuk radikal bebas dari sinar UV yang tidak dapat dihalangi oleh tabir surya.  

Kale dapat dikonsumsi mentah sebagai salad, ditumis, atau diolah menjadi smoothie dengan campuran pisang.

Baca Juga : 3 Produk Pemicu Gangguan Kulit pada Balita yang Sering Digunakan Sehari-hari

  1. Walnut

Kacang yang satu ini mengandung omega 3 yang dapat mengatasi kulit kering, kulit mengelupas, dan eksim. Walnut dapat dikonsumsi langsung dan atau dicampur dengan yogurt.

  1. Cocoa

Ternyata bahan coklat ini baik untuk kulit, Moms. Cocoa dapat rehidrasi kulit karena mengandung antioksidan. Moms dapat mengolahnya menjadi minuman cokelat atau cake. Si kecil pasti suka!

(HIL)

Sumber: parentinghealthybabies.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.