Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Anak | Jul 6, 2018

8 Obat Alami untuk Atasi Batuk Berdahak pada Anak

Bagikan


8 Obat Alami untuk Atasi Batuk Berdahak pada Anak

Moms, Si Kecil sedang mengalami batuk berdahak? Ya, anak-anak memang cukup sering mengalami masalah batuk berdahak. Dahak atau lendir yang berlebihan di tenggorokan bisa disebabkan beberapa hal, misalnya flu, infeksi atau alergi.

Batuk berdahak atau yang biasa juga disebut batuk produktif sebenarnya suatu cara alami tubuh untuk menjaga paru-paru dan saluran udara agar bersih dari lendir. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi batuk berdahak pada anak?

Food and Drug Administration Amerika Serikat mengingatkan, agar anak usia di bawah usia 2 tahun tidak diberikan obat dekongestan yang dijual bebas. Pasalnya, ada risiko efek samping dari obat jenis tersebut yang bisa dialami anak-anak. 

Baca Juga : 4 Bahan Alami Ini Bisa Menjadi Obat Diare, Patut Dicoba!

Nah, sebenarnya, ada beberapa penanganan alami yang efektif yang bisa kita lakukan Moms untuk menyembuhkan batuk berdahak. 

1. Sup Ayam

Sup ayam sudah terbukti sebagai “obat tradisional” untuk menyembuhkan pilek.

Dalam edisi Oktober 2000 jurnal medis Chest, dipaparkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para dokter di University of Nebraska Medical Center.

Menurut riset tersebut, sifat-sifat kimia yang terkandung dalam sup ayam memang membantu meringankan gejala-gejala flu. Hal ini juga membantu meredakan batuk berdahak karena sekresi lendir jadi encer.

Baca Juga : 8 Obat Alami untuk Menyembuhkan Flu pada Anak

2. Bawang dan Gula

Meski tidak begitu menggugah selera makan, namun ternyata bawang dan gula merupakan bagian dari upaya penanganan gejala batuk.  Demikian ditulis dalam “The Doctor's Book of Home Remedies.”

Caranya, Moms potong satu bawang dan taruh ke dalam mangkuk. Lalu, tambahkan 1/2 cangkir gula putih dan biarkan campuran tersebut dalam semalam. Bawang akan  menyerap gula dan menjadi seperti sirup.

Kemudian, didihkan campuran bawang dan gula itu dalam panci di atas api yang kecil selama sekitar setengah jam. Nah, berikan pada Si Kecil cukup satu sendok setiap dua jam.

Baca Juga : 7 Cara Alami untuk Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

3. Minyak Kayu Putih

Moms ternyata menghirup uap minyak esensial eucalyptus dapat mempercepat mengatasi batuk. Gunakan metode seperti inhalasi uap dengan cara memasukkan dua atau tiga tetes minyak ke dalam mangkuk berisi air panas.

Lalu, hirup uap dari aiar panas itu selama 10 hingga 15 menit. Namun, Moms gunakan minyak kayu putih ini dengan hati-hati ya. Kenapa? Karena bisa saja menyebabkan reaksi alergi jika menyentuh kulit.

4. Madu

William Sears, seorang dokter anak yang juga penulis, menjelaskan bahwa madu lebih efektif untuk mengencerka dahak ketimbang dekongestan yang dijual bebas.

Madu juga mengandung lebih banyak antioksidan. Caranya, berikan madu sebanyak ½ sendok teh untuk setiap 25 kg berat badan anak. Berikan anak madu sebanyak 4-5 kali setiap hari dengan dosis yang tepat sesuai berat badannya.

Tapi, ingat Moms, anak di bawah usia 2 tahun tidak boleh makan madu. Pasalnya, mikroorganisme pada madu dapat menyebabkan masalah kesehatan. Selain itu, hindari memberi madu pada anak yang diketahui memiliki alergi madu.

Baca Juga : Tak Perlu Obat, Ini 6 Cara Alami Mengatasi Batuk dan Flu Saat Hamil

5. Air

Air adalah salah satu dekongestan yang paling efektif untuk menghilangkan dahak. Selain itu, air mengatasi rasa tak nyaman akibat infeksi tenggorokan atau pilek.

Minta anak untuk minum air sebanyak 6 hingga 8 gelas setiap hari. Hindari anak mengonsumsi jus yang mengandung gula dan minuman bersoda.

6. Cabe Rawit

Percayakah bahwa cabe rawit dapat mengatasi batuk berdahak? Coba tuangkan cabe sebanyak 1/8 sendok teh di tangan Si Kecil. Minta anak untuk menelannya.

Bila Si Kecil tak mau mengonsumsinya langsung, coba campurkan  cabe rawit itu dengan madu. Namun Moms jangan memberikan cabe ini untuk menangani batuk bila anak tak suka dengan makanan pedas. Cara ini memang idealnya untuk anak yang suka makanan pedas.

7. Jus Lemon

Jus lemon, seperti halnya cabe rawit, adalah “obat tradisional” yang populer dan direkomendasikan oleh "The Mayo Clinic Book of Home Remedies." Jus lemon bekerja dengan baik untuk mengatasi flu, pilek dan laringitis.

Namun, tidak efektif untuk mengatasi tonsilitis dan radang tenggorokan. Coba  beri anak satu sendok teh jus lemon setiap tiga jam. Perhatikan Moms, karena jus lemon dapat membuat anak dehidrasi, pastikan dia minum segelas penuh air putih, ya.

8. Obat Herbal

Obat herbal untuk batuk berdahak di antaranya yang mengandung Echinacea dan peppermint. Echinacea mengatasi infeksi virus dan bakteri. Obat ini dijual dalam bentuk tablet. Sedangkan, peppermint memiliki sifat mentol yang membantu menekan refleks batuk.

Namun perhatikan, anak yang memiliki gangguan autoimun harus menghindari Echinacea.

Selain itu, Peppermint tidak boleh digunakan oleh orang dengan masalah kantong empedu. Karena itu, jika Si Kecil memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat herbal.

Hal penting lainnya, hubungi dokter jika batuk berdarah atau batuk berlangsung lebih dari 10 hingga 14 hari, batuk disertai demam, terjadi penurunan berat badan atau bunyi mengi ketika anak menarik napas.

Jika tidak ada masalah medis yang lebih serius, pengobatan tradisional yang alami ini dapat membantu mengencerkan dahak hingga Si kecil akhirnya sembuh kembali.

Selamat mencoba Moms!

(HIL)

Sumber: livestrong.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.