Kesehatan

KESEHATAN
13 Januari 2021

8+ Cara Alami Pengganti Obat Batuk Berdahak Anak

Coba khasiatnya untuk redakan batuk Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms, Si Kecil pasti kerap mengalami batuk berdahak bukan? Anak-anak memang cukup sering mengalami masalah batuk berdahak. Dahak atau lendir yang berlebihan di tenggorokan bisa disebabkan beberapa hal, misalnya flu, infeksi atau alergi.

Batuk berdahak atau yang biasa juga disebut batuk produktif sebenarnya merupakan cara alami tubuh untuk menjaga paru-paru dan saluran udara agar bersih dari lendir.

Food and Drug Administration Amerika Serikat mengingatkan, agar anak usia di bawah usia 2 tahun tidak diberikan obat batuk berdahak anak dengan kandungan dekongestan yang dijual bebas. Pasalnya, ada risiko efek samping dari obat jenis tersebut yang bisa dialami anak-anak.

Baca Juga : 4 Bahan Alami Ini Bisa Menjadi Obat Diare, Patut Dicoba!

Lalu, apakah obat batuk berdahak anak yang efektif? Nah, sebenarnya, ada beberapa obat alami yang efektif sebagai pengganti obat batuk berdahak anak yang bisa Moms lakukan di rumah.

Alternatif Obat Batuk Berdahak Anak

Obat batuk berdahak anak tentu banyak beredar di pasaran. Namun tak semua dapat Si Kecil konsumsi dan perlu pengawasan dari dokter.

Lantas apa saja alternatif obat batuk berdahak anak? Yuk simak daftarnya Moms!

1.Sup Ayam

Sup ayam sudah terbukti sebagai “obat tradisional” untuk menyembuhkan pilek dan obat batuk berdahak anak.

University of Nebraska Medical Center menyebut kandungan kimia yang terkandung dalam sup ayam memang membantu meringankan gejala-gejala flu.

Hal ini juga membantu meredakan batuk berdahak karena sekresi lendir jadi encer.

Selain itu, sajikan sup ayam dan teh panas secara bersamaan untuk meredakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Serta ini adalah cara untuk obat batuk berdahadak anak secara alami.

2. Bawang dan Gula

Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Meski tidak begitu menggugah selera makan, namun ternyata bawang dan gula merupakan bagian dari upaya alternatif sebagai obat batuk berdahak anak.

Caranya, Moms potong satu bawang dan taruh ke dalam mangkuk. Lalu, tambahkan 1/2 cangkir gula putih dan biarkan campuran tersebut dalam semalam. Bawang akan menyerap gula dan menjadi seperti sirup.

Kemudian didihkan campuran bawang dan gula itu dalam panci di atas api yang kecil selama sekitar setengah jam. Nah, berikan pada Si Kecil cukup satu sendok setiap dua jam.

Baca Juga : 7 Cara Alami untuk Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

3. Minyak Kayu Putih

Moms ternyata menghirup uap minyak esensial eucalyptus dapat mempercepat mengatasi batuk. Gunakan metode seperti inhalasi uap dengan cara memasukkan dua atau tiga tetes minyak ke dalam mangkuk berisi air panas.

Lalu, hirup uap dari air panas itu selama 10 hingga 15 menit. Namun, Moms gunakan minyak kayu putih ini dengan hati-hati ya. Karena bisa saja menyebabkan reaksi alergi jika menyentuh kulit.

Minyak kayu putih dapat melegakan pernapasan dan lendir di tenggorokan. Alternatif obat batuk berdahak anak ini bisa Moms coba di rumah ya.

4. Madu

obat batuk berdahak anak

Foto: Orami Photo Stock

Madu mengandung banyak antioksidan sebagai obat batuk berdahak anak. Caranya, berikan madu sebanyak 1/2 sendok teh untuk setiap 25 kg berat badan anak.

Menurut Mayo Clinic, anak-anak usia 1 hingga 5 tahun dengan infeksi saluran pernapasan bagian atas diberi hingga 2 sendok teh madu sebelum tidur.

Madu dapat mengurangi batuk di malam hari dan meningkatkan kualitas tidur.

Tapi, ingat Moms, anak di bawah usia 2 tahun tidak boleh makan madu. Pasalnya, mikroorganisme pada madu dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Selain itu, hindari memberi madu pada anak yang diketahui memiliki alergi madu.

5. Konsumsi Air

Air adalah salah satu dekongestan yang paling efektif untuk menghilangkan dahak. Selain itu, air mengatasi rasa tak nyaman akibat infeksi tenggorokan atau pilek.

Minta anak untuk minum air sebanyak 6 hingga 8 gelas setiap hari. Hindari anak mengonsumsi jus yang mengandung gula dan minuman bersoda. Ini adalah cara alami sebagai alternatif minum obat batuk berdahak anak, bukan?

Baca Juga: Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil, Ketahui Porsi yang Tepat!

6. Cabai Rawit

obat alami batuk berdahak anak

Foto: Orami Photo Stock

Percayakah bahwa cabai rawit digunakan untuk obat batuk berdahak anak? Coba tuangkan cabai sebanyak 1/8 sendok teh di tangan Si Kecil dan minta anak untuk menelannya.

Bila Si Kecil tak mau mengonsumsinya langsung, coba campurkan cabai rawit itu dengan madu.

Namun Moms jangan memberikan cabai ini untuk menangani batuk bila anak tak suka dengan makanan pedas. Cara ini memang idealnya untuk anak yang suka makanan pedas.

7. Jus Lemon

Jus lemon, seperti halnya cabai rawit, adalah obat batuk berdahak anak yang cukup efektif.

Jus lemon bekerja dengan baik untuk mengatasi flu, pilek dan laringitis. Namun, tidak efektif untuk mengatasi tonsilitis dan radang tenggorokan.

Coba beri anak satu sendok teh jus lemon setiap tiga jam. Perhatikan Moms, karena jus lemon dapat membuat anak dehidrasi, pastikan dia minum segelas penuh air putih, ya.

8. Obat Herbal

herbal3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Obat herbal cukup banyak digunakan untuk alternatif obat batuk berdahak anak.

Di antaranya yang mengandung Echinacea dan peppermint. Echinacea mengatasi infeksi virus dan bakteri. Obat ini dijual dalam bentuk tablet. Sedangkan, peppermint memiliki sifat mentol yang membantu menekan refleks batuk.

Namun perhatikan, anak yang memiliki gangguan autoimun harus menghindari Echinacea.

Selain itu, peppermint tidak boleh digunakan oleh orang dengan masalah kantong empedu. Karena itu, jika Si Kecil memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat herbal.

Baca Juga: Benarkah Teh Hijau Bisa Meningkatkan Gairah Seks?

9. Jahe

Jahe dapat digunakan sebagai obat batuk berdahak anak karena memiliki sifat anti-inflamasi. Ini juga dapat meredakan mual dan nyeri.

Penelitian menujukkan bahwa senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan membran di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk.

Seduh teh jahe dengan menambahkan 20–40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum.

Tambahkan madu atau jus lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih meredakan dahak.

10. Air Garam

air garam, ramuan obat batuk alami.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Air garam dapat sebagai alternatif obat batuk berdahak anak. Dalam American Journal of Preventive Medicine, berkumur air garam dapat melemahkan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas dan bahkan mencegah terjadinya infeksi.

Berkumur dengan air garam hangat (bersama dengan irigasi hidung) juga terbukti memiliki beberapa manfaat untuk memperbaiki gejala pilek dan mengurangi batuk berdahak pada anak.

11. Atur Posisi Bantal

Jika Si Kecil berusia di atas 1 tahun, obat batuk berdahak anak yang alami adalah dengan mengatur beberapa bantal di bawah punggung, bahu, dan kepalanya agar ia dapat tidur dengan posisi agak tegak, sehingga memudahkan pernapasan.

Untuk bayi, letakkan bantal di bawah kasur boksnya untuk meninggikan area tempat mereka mengistirahatkan kepala.

Cara alami ini adalah bagian dari mengobati batuk berdahak anak yang bisa Moms coba ya.

12. Minum Susu

Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang-2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Alternatif obat batuk berdahak anak lainnya adalah mengonsumsi susu untuk Si Kecil. Dalam upaya untuk membuat anak tetap terhidrasi ketika sedang sakit adalah minum lebih banyak seperti air atau jus.

Tapi minum susu juga diperbolehkan, jika Si Kecil lebih menyukainya, bisa membuat batuknya mereda.

Beberapa gelas susu tidak akan membuat batuk anak semakin parah, tetapi akan menjadi obat batuk berdahak anak yang membantu Si Kecil tetap terhidrasi dengan baik. Vitamin D pada susu adalah pendorong untuk sistem kekebalannya yang sedang terinfeksi.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Penularan Batuk Pilek dari Orang Tua ke Anak

Hal penting lainnya, hubungi dokter jika anak batuk berdarah atau batuk berlangsung lebih dari 10 hingga 14 hari, batuk disertai demam, terjadi penurunan berat badan atau bunyi mengi ketika anak menarik napas.

Jika tidak ada masalah medis yang lebih serius, obat batuk berdahak anak dengan cara tradisional yang alami ini dapat membantu mengencerkan dahak hingga Si kecil akhirnya sembuh kembali. Selamat mencoba Moms!

Artikel Terkait